Cara Cek Kosmetik Asli atau Palsu Lewat Website dan Aplikasi dengan Mudah

in ,
Cara Cek Kosmetik Asli Atau Palsu
Cara Cek Kosmetik Asli Atau Palsu | all4women.co.za

Karena semakin banyaknya jenis kosmetik saat ini baik dari lokal maupun import tentu membuat para kaum hawa semakin bersemangat untuk menjadi cantik. Namanya juga wanita, memang sulit untuk tidak tergoda dengan hal kayak gini. Apalagi jika porduk kosmetik yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Gimana enggak seneng, kalau bisa beli kosmetik itu murah meriah, ditambah lagi popok anak jadi tidak ada yang terbengkalai kan?

Namun yang menjadi masalah saat ini adalah, kamu beli kosmetik itu ori atau fake? Bagi yang ingin cantik harus pinter juga ya. Karena jaman sekarang sudah banyak sekali seller nakal yang cuma mau untung saja tanpa peduli dampak buruk bagi konsumennya.

Cara Cek Kosmetik Original atau Fake Lewat Website dan Aplikasi dengan Mudah

Kalau seller jual kosmetik secara lusinan, kiloan sudah pasti itu seller gak betul lagi. Mana ada yang jual MAC selusin harganya 120 ribu gitu. Terus krim-krim pemutih instan 10 ribuan, body lotion jumbo hanya 15 ribuan. Kan langsung pusing duluan tuh, bahan dari apa coba kosmetiknya.

Paling berbahaya itu adalah seller yang menjual kosmetik palsu mirip dengan produk aslinya, beda 10-20 ribu. Produk kosmetik palsu dengan kualitas KW1 itu mirip banget. Bahkan ada seller jual kosmetik palsu yang suka ngasih kosmetik harga coret karena ada promo dari marketplace-nya. Jadi seolah-olah produk ori yang sedang diskon.

Bagi yang ingin tahu tips cara cek kosmetik asli atau palsu, mungkin kamu harus melihat tutorial di bawah ini.

Cek Izin Edar BPOM

Sekarang produk yang kamu beli jika asli itu sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baik itu produk lokal atau import. Kalau sudah terdaftar kan rasanya udah amanlah satu level, setidaknya produk yang dibeli itu sudah layak untuk dikonsumsi.

Cara Cek Produk di BPOM dengan Mudah

Waktu yang dibutuhkan: 4 menit.

Jadi kamu tidak perlu takut lagi kalau produk kosmetik itu sudah mengantongi izin dari BPOM karena sudah pasti lolos dari ambang batas normal. Aman deh untuk digunakan, Bagi yang ingin cek kosmetik asli atau palsu, kamu bisa langsung melihat tutorial yang Dafunda Tekno bagikan berikut ini.

  1. Buka situs BPOM di laptop atau di smartphone

    Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah bukan browser (Google chrome, opera mini atau lainnya di smartphone atau di laptop kamu. kemudian ketikkan https://cekbpom.pom.go.id/
    Cara Cek Produk Kosmetik Di Bpom (2)

  2. Masukkan kata kunci pada kolom yang tersedia

    Nah di sini Dafunda Tekno mencoba memasukkan kata kunci ‘Etude House’. Hasilnya sudah didaftarkan oleh PT. Interkos Jaya Bhakti.
    Cara Cek Produk Kosmetik Di Bpom (1)

  3. Daftar produk selanjutnya

    Pada produk selanjutnya, Dafunda Tekno memasukkan kata kunci ‘cosrx’. Hasilnya juga sudah terdaftar oleh PT. Social Bella Indonesia atau dikenal Sociolla.
    Cara Cek Produk Kosmetik Di Bpom (4)

  4. Cara Cek Kosmetik asli atau palsu dengan Barcode

    Kini kamu juga sudah bisa cek produk kosmetik dengan barcode atau yang disebut kode batang.

    Cara cek produk asli atau palsu dengan barcode itu mudah, kamu tinggal masukkan barcode di situs upcitembd.com. Setelah itu kamu langsung bisa melihat informasi produk mulai dari asal negara, tanggal scan barcode hingga warna shadenya.
    Cara Cek Produk Kosmetik Di Bpom (2)

  5. Cara cek kosmetik dengan aplikasi Quick Response (QR) Scanner

    Jika di atas itu cara ceknya menggunakan barcode, sekarang kamu bisa cek melalui QR Code. Beberapa produk kini sudah menggunakan QR Code, jadi kamu bisa langsung scan produk tersebut.

    Biasanya kode ini terdapat di luar kemasan atau di luar box produk. Kamu harus install dulu aplikasinya.

    Aplikasinya bisa kamu download melalui tautan atau link ini.
    Cara Cek Produk Kosmetik Di Bpom (1)

Itulah cara cek kosmetik asli atau palsu dengan mudah. Jika kamu punya cara cek kosmetik ori atau fake lainnya, kamu bisa bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Bagikan jika kamu suka