Tutorial ini adalah beberapa cara melakukan unroot Android dengan mudah dan praktis, dianjurkan bagi kamu yang ingin mengembalikan ke settingan awal di smartphone Android.

Jika dilihat dari keunggulan root memang sangat banyak keuntungannya. Kamu sebagai pengguna Android sudah bisa mengakses ponselnya secara leluasa dan performa lebih mantab. Namun ada sebagian orang melakukan root Android menjadi rumit. Belum lagi perangkat yang sudah kamu lakukan root dapat menghilangkan garansi tablet atau smartphone Android kamu, ini sangat merugikan bukan?

Bagi Kamu yang sudah melakukan root Android dan ingin kembali seperti semula. DafundaTekno akan membagikan cara unroot Android dengan beberapa cara dibawah ini. Cara melakukan root Android memang banyak diluar sana bisa Kamu gunakan, namun untuk melakukan unroot tidak banyak yang tersedia untuk Android. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan cara unroot Android dibawah ini dengan aman dan mudah.

JANGAN LEWATKAN
Facebook merupakan Aplikasi Android yang Paling Rakus Memori?

5 Cara Melakukan Unroot Android Dengan Mudah di Smartphone Dan Tablet Terbaru

1Cara Unroot Android Dengan Mengandalkan SuperSU

SuperSU – Android DOWNLOAD
Aplikasi ini aman dan bisa kamu unduh dengan mudah, jika terjadi kerusakan pada file segera laporkan melalui kolom komentar dibawah ini.
Update SuperSU – Android DOWNLOAD
Aplikasi ini aman dan bisa kamu unduh dengan mudah, jika terjadi kerusakan pada file segera laporkan melalui kolom komentar dibawah ini.

Kamu mungkin pernah mendengar yang namanya SuperSU. Aplikasi tersebut memang dikenal dan populer untuk me-menage di perangkat yang sudah di root. Sudah banyak fitur yang sudah disediakan di aplikasi ini dan termasuk untuk unroot Android.

Caranya gampang, pertama buka aplikasi SuperSU, kemudian Setting. Scroll kebawah lalu pilih Full Unroot. ikuti saja prosedurnya dan tablet atau smartphonee akan di restart sendiri. Nah ponsel Android akan menjadi seperti semula kembali.

JANGAN LEWATKAN
Jadikan Tulisan Tangan Sendiri Menjadi Font di HP Android Kamu

2Cara Unroot Android Dengan Menggunakan Aplikasi Lain (Aman)

Jika sudah menggunakan SuperSU untuk unroot Android namun gagal, tenang kamu masih bisa menggunakan cara satu ini. Tapi yang disayangkan adalah aplikasi ini tidak bisa bekerja di semua perangkat Android. Universal Unroot adalah aplikasi pilihan dan populer.

Aplikasi ini bisa Kamu gunakan untuk menghapus hak akses root Android di smartphone atau tablet mu. Kekurangan yang tidak bisa ditambal adalah aplikasi ini tidak bisa bekerja pada perangkat Samsung akibat adanya kompilkasi dengan KNOX. Untuk perangkat LG bisa dilakukan unroot namun statusnya masih rooted. Karena adanya LG’s eFuse, masih ada juga kurangnya, pasalnya kamu harus membayar sekitar 13.000 rupiah.

3Cara Unroot Android Dengan Mengandalkan File Manager

Jika sudah menggunakan dua cara diatas masih juga tidak work, Kamu masih punya cara lain kok. Cara satu ini adalah dengan mengandalkan file manager yang ada diperangkat Android Kamu. Caranya gampang Kamu akan menggunakan ES File Explorer (aktifkan akses root pada pengaturannya). Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akses Main Drive di perangkat, kemudian cari System. lalu pilih bin, jika sudah hapus busybox dan su. Nah apabila tidak ketemu, kau bisa pindah ke langkah selanjutnya.
  • Balik ke sistem folder kemudian pilih xbin. jika filenya tersedia disana, hapus saja busybox dan su.
  • Balik ke sistem folder kemudian pilih app.
  • Sekarang hapus superuser.apk
  • langkah terakhir restart perangkat Android Kamu.
JANGAN LEWATKAN
Inilah Daftar Perangkat Smartphone Yang Kebagian Android Nougat 7.0

4Cara Unroot Android dengan Melakukan Install OTA Update

Jadi jika memang kamu melakukan install update via OTA (Over The Air), maka root Android akan hilang. Namun jika smartphone kamu ingin kembali ter-root, maka kamu harus melakukan root kembali perangkat Android nya. Sebelum menggunakan cara ini, kamu harus uninstall SuperSU atau aplikasi sejenisnya yang berhubungan dengan root.

5Cara Unroot Android dengan Meng-Install Stock Firmware

Cara yang paling mudah untuk melakukan unroot Android adalah dengan cara mengembalikan firmware asli. Cara satu ini sangat baik, karena firmware sudah ada aplikasi yang dibutuhkan perangkat Android. Namun tutorial kali ini tidak membahas detail bagaimana cara nya, karena setiap perangkat Android berbeda-beda caranya. Jadi kamu perlu sedikit untuk mencarinya di Google.

JANGAN LEWATKAN
20 Wallpaper HD Bergaya Flat Terbaik untuk PC Maupun Android

Nah begitulah beberapa cara diatas yang bisa Kamu lakukan untuk unroot Android di smartphone atau tablet mu. Apa kamu sudah mencoba salah satu cara diatas, jangan lupa komentar kalian ya guys.

BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
  • http://dafunda.com Kautsar Juhari

    Sulit amat :v

  • https://dafunda.com/ Muhammad Hanif

    Makanya, jangan suka root HP nya Mas kalau tau sulit … 😀