Cara untuk memblokir akses pengguna WiFi di Modem ZTE Indihome memang mudah, tapi banyak orang mempersulitkannya. Sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang menyediakan cara memblokir pengguna WiFi di Modem Indihome, namun pastinya sangat ribet harus download terlebih dahulu aplikasinya, dan harus membayar jika ingin menggunakan fitur secara lengkap.

Pada dasarnya di modem Indihome memang sudah disediakan fitur untuk melihat para penggunanya dan fitur untuk memblokir para pengguna WiFi Indihome. Untuk jenis modem lain seperti ZTE, Alcatel, Huawei, Tp-link atau jenis merek lain yang membedakan hanya pada tampilan dashboard. Intinya sama, tujuannya adalah fitur tersebut dapat melihat perangkat dan mengontrol akses internetnya.

JANGAN LEWATKAN
10 Negara Ini Memiliki Internet Tercepat, Apa Indonesia Juga Ikut Didalamnya?

Nah DafundaTekno kali ini akan memberikan cara bagaimana untuk memblokir dari akses pengguna WiFi di Modem ZTE F609 Indihome. Untuk jenis modem seri ZTE lain mungkin tidak jauh berbeda dengan seri modem ini. Kamu tinggal menyesuaikan saja melalui langkah dibawah ini.

Cara Memblokir Akses Pengguna WiFi di Modem ZTE Indihome

cara-memblokir-akses-wifi-ZTE-indihome

  • Langkah pertama, buka browser apa saja yang ada di komputer Kamu. kemudian masukkan IP modem default “192.168.1.1” lalu tekan enter.
  • Sekarang login dengan memasukkan Username dan Password dengan format berikut ini.

(Username default: admin)
(password default: admin)

cara-blokir-pengguna-wifi-zte

  • Jika sudah di login, Kamu akan menjumpai tampilan seperti halaman dibawah ini.
JANGAN LEWATKAN
Cara Melakukan Browsing Tanpa Menggunakan Koneksi Internet (Offline) di Semua Browser

cara-blokir-pengguna-wifi-zte

Kemudian lihat langkah berikut ini untuk melihat siapa saja pengguna WiFi yang sedang online dengan modem Indihome Kamu.

Cara Melihat Pengguna WiFi yang Aktif

  • Caranya dengan klik NetworkWLANAssociated Devices. Dibawah ini bisa Kamu lihat ada 2 pengguna WiFi yang sedang aktif menggunakan (pada bagian yang dilingkari). Sekarang coba cocokkan Mac Address setiap pengguna dengan Mac Address perangkat kita (perangkat laptop dan smartphone) yang sudah tersambung dengan WiFi.  Jika ada yang tidak cocok dengan perangkat kita, bisa jadi itu adalah penumpang gelap. Tenang bisa Kamu blok pengguna tersebut.

cara-blokir-pengguna-wifi-zte

Jika sudah mengetahui Mac Address yang cocok dengan perangkat kita dan selanjutnya Kamu bisa mencoba untuk memblok akses penumpang gelap tadi.

JANGAN LEWATKAN
Kecepatan Koneksi Internet Indonesia Naik Dua Kali Lipat

Cara Blokir Pengguna Wifi Gelap di Modem ZTE Indihome

Cara memblokir nya dengan mengandalkan MAC Address pengguna WiFi, berikut langkahnya.

  • Klik Network – WLAN – Access Control List
  • Pada bagian Choose SSID, pilih SSID1
  • Pada bagian Mode, pilih Block
  • Masukkan Mac Address penumpang gelap tadi yang sudah Kamu catat pada bagian MAC Address, kemudian klik Add.

cara-blokir-pengguna-wifi-zte

Jika sudah selesai, kamu bisa mengecek MAC Address yang sudah kita blokir tadi supaya tidak tersedia lagi di internet kita.

Untuk memastikan tidak ada pengguna lain yang menggunakan jaringan internet kita, DafundaTekno sarankan untuk mengubah password WiFi secara rutin minimal 20 hari sekali. Untuk mengontrol dan melihat MAC Address yang masuk ke jaringan WiFi Indihome Kamu. Itulah cara memblokir akses pengguna WiFi di modem ZTE Indihome rumahan. Semoga bermanfaat.

JANGAN LEWATKAN
Siaran Langsung Liga Champion dan Liga Eropa tersedia di Youtube
BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...