Cara Memblokir Nomor, Panggilan, Pesan Serta Kontak yang Mengganggu di HP Oppo

in ,
Cara Memblokir Panggilan Dan Kontak Di Hp Oppo
Cara Memblokir Panggilan Dan Kontak Di Hp Oppo | 4gnews.pt

Mungkin ada saatnya kita perlu memblokir beberapa nomor telepon yang sering mengganggu supaya tidak ada lagi akses seperti mengirim pesan atau menelpon. Karena nomor yang mengganggu itu sudah pasti tidak seperti kita harapkan. Nah kali ini Dafunda Tekno bakal kasih tahu tutorial cara memblokir nomor, panggilan, pesan serta kontak yang mengganggu di HP Oppo.

Saat ini beberapa ponsel pintar sudah dilengkapi fitur keamanan khusus yang dapat digunakan untuk memblokir nomor. Termasuk ponsel buatan perusahaan Oppo.

Dengan antarmuka khusus buatan mereka, ColorOS Oppo sudah menyediakan fitur memblokir nomor, panggilan atau pesan di setiap perangkatnya. Fitur ini berguna sekali bagi yang ingin memblokir siapa saja yang ada maksud mengganggu seperti nomor masuk yang tidak diketahui. Atau nomor yang disembunyikan.

Cara Memblokir Nomor, Panggilan, Pesan Serta Kontak di HP Oppo

Time needed: 3 minutes.

Bagi yang ingin memblokir nomor, panggilan serta pesan di Hp Oppo, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan/Settings

    Jika menu pengaturan/Settings sudah terbuka di Hp Oppo kamu, selanjutnya pilih pada opsi Keamanan.
    Cara Memblokir Panggilan Dan Kontak Di Hp Oppo (3)

  2. Menu Anti-Gangguan

    Pada menu Keamanan pilih opsi Anti-Gangguan.
    Cara Memblokir Panggilan Dan Kontak Di Hp Oppo (2)

  3. Menu Blokir Panggilan

    Pada menu Anti-Gangguan pilih opsi menu Blokir Panggilan atau Blokir Pesan dengan apa yang ingin diatur.
    Cara Memblokir Panggilan Dan Kontak Di Hp Oppo (1)

Nah langkah selanjutnya pada menu Blokir Panggilan, kamu dapat memilih beberapa menu pemblokiran seperti memblokir semua panggilan masuk. Lalu memblokir untuk panggilan tidak dikenal. Atau memblokir untuk nomor yang disembunyikan.

Sedangkan di menu Blokir Pesan, kamu juga dapat menambahkan kata kunci sebagai filter kotak masuk. Atau kamu juga bisa mengaktifkan pemblokiran untuk semua pesan yang berasal dari nomor-nomor tidak dikenal.

Namun saat ini nomor yang suka mengganggu tidak selalu berasal dari nomor yang tidak dikenal. Ada juga beberapa nomor yang tersimpan di kontak ikut mengirim pesan atau pernah menelpon yang bisa cukup mengganggu.

Namun kasus seperti ini tidak luput dari Oppo. Vendor smartphone satu ini juga sudah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk memblokir nomor yang ada di dalam kontak.

Cara Memblokir Kontak di Hp Oppo

Kamu bisa memasukkan nomor tersebut ke dalam daftar hitam yang telah tersedia di Hp Oppo. Bagi yang belum tahu cara memasukkan nomor kontak ke dalam daftar hitam langsung dari kontak. Yuk ikuti beberapa langkah berikut di bawah ini.

  • Buka aplikasi kontak di ponsel Oppo.
  • Lalu cari nomor yang ingin kamu blokir, jika sudah ketemu tap pada nomor tersebut dan pilih Tambah Ke Daftar Hitam.
  • Selanjutnya konfirmasi dengan opsi yang telah disesuaikan.
Cara Memblokir Kontak Di Hp Oppo
Cara Memblokir Kontak Di Hp Oppo |oppo.com

Jika sudah masuk ke dalam daftar hitam, nomor yang kamu blokir tadi tidak dapat lagi mengirim pesan atau menelpon kamu. Dengan begitu, kamu harus menghapus nomor tersebut dalam daftar hitam jika ingin mengembalikan nomor tersebut seperti sebelumnya.

Nah cara mengembalikan nomor yang telah diblokir tidak jauh beda saat menambahkan kontak ke dalam daftar hitam. Kamu hanya perlu membuka Kontak, cari nomor yang pernah kamu blokir tersebut. Lalu ketuk pada pilihan Hapus Dari Daftar Hitam yang tersedia.

Itulah cara memblokir nomor, panggilan, pesan serta kontak di HP Oppo dengan mudah. Cara di atas itu dapat kamu gunakan di ColorOS 6 ke atas, namun untuk versi sebelumnya. Kamu cukup menyesuaikan beberapa langkahnya.