WiFi Kantor Sangat Rentan Dibobol Hacker, Begini Cara Mencegahnya!

in ,
Cara Mengatasi Hacker

Apakah kamu mengira selama ini WiFi Kantor sudah sepenuhnya aman? Bila iya, mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati lagi, karena WiFi kantor rentan di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut hasil riset yang pernah dilakukan Kaspersky Lab, mereka berhasil menemukan perusahaan yang menerapkan kata sandi yang unik dan kompleks di jaringan nirkabel mereka.

Jika kata sandi yang sederhana tentu hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk dibobol. Namun beda cerita jika menggunakan kata sandi yang rumit, tentu akan membutuhkan waktu lebih untuk membobolnya.

Di sini para peneliti dari Kaspersky menemukan banyak dari perusahaan tidak ada memasang patch di waktu yang tepat. Apalagi jika ada yang melibatkan reflashing firmware. Pada kondisi ini para pelaku hacker dengan mudah masuk ke jaringan WiFi.

Iklan Guardian Tales - Middle Post (336x280)

Ada juga banyak dari perusahaan yang menggunakan WiFi berbeda dengan para tamu serta karyawannya. Menurut Kaspersky ini adalah salah satu pencegahan yang masuk akal.

JANGAN LEWATKAN •
Survei Ini Membuktikan Ternyata WiFi Lebih Penting Dari Soal Seks, Apa Betul?

Membuat kata sandi untuk jaringan yang diperuntukkan bagi tamu adalah hal yang mudah. Namun ada beberapa kasus, bila jaringan tidak terkonfigurasi dengan benar, maka hal tersebut akan membuat tamu dapat juga masuk ke beberapa elemen infrastruktur perusahaan.

Cara Menegah WiFi Kantor Terkena Hacker

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Kaspersky memberikan beberapa saran yang bisa dilakukan diantaranya:

  1. Lakukan pembaruan firmware router WiFi serta titik akses.
  2. Terapkan kata sandi atau password yang unik, panjang, rumit. Dan karyawan hanya perlu memasukkan satu kali pada setiap perangkatnya. Kata sandi kuat membuat kerja hacker juga lebih rumit pula.
  3. Batasi jangkauan sinyal, supaya jaringan tidak digunakan di luar kantor
  4. Sembunyikan nama jaringan untuk sulit ditemukan
  5. Buat nama jaringan yang tidak biasa dan sulit untuk ditebak oleh pelaku kejahatan.

Itulah beberapa saran dari Kaspersky untuk mengatasi hacking. Sebaiknya tetap hati-hati menggunakan jaringan publik, sebelum semua hal yang tidak kita inginkan itu menimpa diri kita sendiri.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Mengetahui Password WiFi di Android Jenis Apa Saja

Bagikan jika kamu suka