Cara Menghapus Akun Zoom Secara Permanen

in ,
Cara Menghapus Akun Zoom Permanen
Cara Menghapus Akun Zoom Permanen | flipboard.com

Aplikasi Zoom Cloud Meeting saat bisa dibilang sebagai aplikasi telekonfrerensi andalan untuk melakukan aktivitas jarak jauh selama masa pandemi COVID-19. Baru-baru ini aplikasi diketahui memilliki celah keamanan yang cukup memprihatinkan penggunanya.

Kamu sudah tahukan kalau belakangan ini ada ribuan video rekaman Zoom yang bocor di internet. Padahal dalam video tersebut banyak sekali informasi sensitif. Seperti wajah anak-anak yang sedang melakukan telekonferensi. Ada juga pendapatan perushaan hingga konten asusila.

Bahkan CEO Zoom, Eric sendiri mengakui jika aplikasi miliknya itu sepenuhnya tidak aman. Ia telah berjanji untuk memperbaiki masalah privasi serta keamanan Zoom untuk beberapa bulan ke depan.

Beberapa negara bagian AS, aplikasi Zoom sudah mulai dilarang untuk dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Cara Menghapus Akun Zoom Cloud Meetings Secara Permanen

Salah satunya Departemen Pendidikan New York yang sudah mulai melarang untuk menggunakan Zoom untuk telekonferensi dengan para murid yang belajar dari rumah.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah Fitur Premium Google Meet Gratis yang Bisa Dinikmati Sampai September

Mereka kini disuruh untuk menggunakan aplikasi sejenis yang dinilai lebih aman. Seperti Microsoft Teams dan bakal diajarkan cara menggunakannya.

Jika kamu salah satu orang yang merasa khawatir akan privasi di Zoom, maka menghapus aplikasi Zoom menjadi pertimbangan. Jika kamu tidak tahu cara menghapus akun Zoom, kamu bisa lihat tutorial di bawah ini.

Tutorial cara menghapus akun Zoom Cloud Meetings

Buka aplikasi zoom yang terpasang di perangkatmu atau bisa mengunjungi situs zoom.us ini. Lalu log in ke akun Zoom. Masuk ke menu Admin yang berada di sebelah kiri. Klik di opsi Account Management dan pilih Account Profile.

Sebelah kanan ada opsi Terminate my account, klik di opsi tersebut dan pilih Yes untuk menghapus akun.

Cara Menghapus Aplikasi Zoom Cloud Meetings
Cara Menghapus Aplikasi Zoom Cloud Meetings | Kompas.com

Lalu akun Zoom sudah terhapus. Namun jika kamu ingin menggunakan aplikasi Zoom lagi, kamu bisa membuat akun baru Zoom.

JANGAN LEWATKAN •
Pemerintah singapura Larang Sekolah Menggunakan Zoom Setelah Ada Kasus Cukup Fatal

Aplikasi Zoom banyak digunakan karena mudah untuk dioperasikan dibandingkan platform sejenisnya. Lalu Zoom kini lagi tersandung masalah keamanan.

Para peneiliti keamanan mengatakan jika aplikasi Zoom ini memiliki celah yang cukup mudah untuk diretas oleh hacker.

Bahkan seperti yang telah disampaikan oleh juru bicara Zoom. Ia mengatakan sistem keamanan Zoom hanya mengandalkan protoko Transport Layar Security (TSL).

TSL itu adalah protokol yang sering digunakan untuk memperkuat keamanan di website dengan protokol komunikasi berupa HTTPS.

Itulah cara menghapus akun Zoom Cloud Meetings secara permanen yang dapat kamu lakukan demi menjaga privasi sebelum tersebar.