4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja di Depan Layar

in , ,
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Layar merupakan komponen hardware yang sering dituju oleh mata. Banyak sekali orang yang terpaku terlalu lama dengan cahaya layar, atau mungkin kamu salah satunya? Lalu, apakah kamu sadar radiasi yang dihasilkan dari perangkat tersebut akan mempengaruhi kesehatan mata?

Bukannya gak boleh nih menggunakan smartphone, laptop atau sejenisnya, tapi kamu juga perlu memperhatikan kesehatan mata. Salah satu caranya adalah memulai kebiasaan sehat dengan beberapa tips menjaga mata berikut ini.

Cara Mata Tatap Sehat Meski Bekerja di Depan Layar

Batasi atau Kurangi Waktu di Depan Layar

Jika kamu seorang pekerja yang tidak bisa lepas dari layar, maka sebaiknya menghidnar dari paparan sinar benda elektronik lainnya. Misalnya sudah lama berada di depan PC atau laptop, bisa dong buat mengurungkan niat untuk nonton televisi atau main hp.

JANGAN LEWATKAN •
Hanya Butuh Waktu 3 Detik, Alat Ini Bersihkan Gigi Secara Otomatis

Melakukan Tes Tosan

Jika kamu ingin menjaga kesehatan mata, sebaiknya atur jarak mata dari layar cukup jauh. Kamu bisa memberi jarak kira-kira satu lengan ke layar. Metode ini dikenal dengan sebutan high five test. Jika belum terbiasa, bisa kok mengurangi brightness atau kecerahan layar agar mata tidak sakit.


Latih Mata dengan Berkedip

Penyebab mata kering saat menatap layar adalah kurangnya frekuensi kamu berkedip dari biasanya. Jadi, pastikan kamu tetap berkedip agar mata tetap lembab. Gunakan obat tetes mata atau artificial tears sesekali juga tidak ada salahnya.


Istirahat Sejenak

Sebaiknya atur istirahat sejenak atau yang biasa dikenal dengan sebutan ’20-20-20 break’. Jadi setiap 20 menit luangkan waktu untuk melihat ke arah benda lain selama 20 detik dengan jarak 20 kaki atau 6 meter dari kamu.


Itulah 4 tips menjaga kesehatan mata yang bisa kamu terapkan sedini mungkin. Supaya mata kamu tetap sehat selalu dan kamu bisa bekerja dengan normal.