China Keluarkan Aturan Baru Soal Sensor Internet

in ,
Aturan Internet Di China
Aturan Baru Sensor Internet China | feednoticias.com

China tampaknya ingin memperketat terkait sensor internet di negaranya itu, termasuk dengan aktivitas warganya dalam hal penggunaan internet.

Peraturan baru ini dibuat oleh Cyberspace Administration China (CAC) ini akan mengawasi bagi para produsen konten online. Di dalamnya termasuk juga individu, operator aplikasi dan platform lainnya.

Bagi pembuat konten diharapkan untuk membuat atau membagikan konten yang mempromosikan terkait sosialis, hingga konten yang dapat meningkatkan pengaruh dari budaya China.

China Terapkan Aturan Baru Sensor Internet di Negaranya

Selain itu bagi para pembuat konten dilarang untuk menyebarkan konten ilegal yang dapat membocorkan rahasia negara, merusak kebijakan agama bangsa. Hingga konten yang nilai buruk dan dapat membuat anak di bawah umur untuk melakukan tindakan yang berbahaya.

Adanya tekanan yang semakin meningkat ini langsung dirasakan oleh beberapa perusahaan teknologi, termasuk juga bagi produsen konten online di China beberapa tahun terakhir.

Menggunakan Algoritma Pemantau

Jika pembuat aplikasi saat ini cenderung menggunakan algoritma untuk memantau konten, baik itu ilegal atau tidak baik di platform mereka. Nah peraturan baru ini, diharapkan kepada operator untuk memastikan bahwa algoritma yang dikembangkan terkait promosi konten dianggap layak.

“Hal terpenting dari aturan ini adalah era regulasi algoritma secara resmi bakal datang” ungkap Zhue Wei, merupakan seorang profesor di Universitas Ilmu Politik dan Hukum di Tiongkok.

Zhu juga menyebutkan jika dirinya telah yakin algoritma ini adalah bagian dari teknologi yang lebih netral. “Namun algoritma di sini harus memiliki nilai yang besar. Pada waktu yang sama, algorimta harus patuh dengan hukum” cetus Zhu Wei.

Sebelumnya beberapa aturan terkait pedoman ini serta undang-undang keamanan cyber telah dikeluarkan pada tahun 2017 lalu.

Tepat pada Januari 2019 lalu, China meluncurkan paduan untuk platform video online. Dimana para pembuat konten diharuskan untuk meningkatkan sensor dan memeriksa segala postingan sebelum dibagikan.

Kemudian pada November lalu, pemerintah China menerbitkan aturan dalam hal melarang operator platform video online untuk membuat berita hoax.

Tinggalkan Balasan