Banyak yang masih bingung dan bertanya-tanya, apa pengertian dan fungsi VGA card disebuah komputer atau laptop? Untuk para gamers selalu memperhatikan salah satu komponen ini di komputer atau laptop. Didalam artikel ini DafundaTekno akan membahas apa itu pengertian dan fungsi VGA sampai dengan jenis-jenis VGA.

Pengertian, Fungsi dan Jenis VGA Card

Apa Itu VGA ?

pengertian-vga

Jika Kamu masih bingung dan bertanya apa itu VGA? Secara singkatnya pengertian VGA adalah sebuah hardware yang bertugas untuk melakukan rendering atau disebut pemrosesan output berupa visual yang biasanya ditampilkan di layar monitor.

Banyak nama sebutan untuk komponen satu ini seperti Visual Graphic Array atau video adapter, graphic card, graphic board, display adapter, dan graphics adapter. VGA yang sering digunakan untuk komputer adalah yang beresolusi 640×480, namun sekarang sudah jarang digunakan.

VGA jaman sekarang sudah menggunakan Graphic Accekerator chip yang mampu melakukan rendering tingkatan 3D dan ditampilkan di layar monitor. VGA memiliki processor yang sering disebut dengan GPU kemudian ditambah lagu dengan memori. VGA disini juga membutuhkan pendingin untuk mengurangi panas. Jika terlalu panas dan terjadi overheat maka VGA card bisa saja rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

JANGAN LEWATKAN
Laptop Gaming Kualitas Terbaik Seharga 4 Jutaan

Apa Fungsi Dari VGA Card?

Nah setelah Kamu mengetahui pengertian VGA card, sekarang DafundaTekno akan memberitahu Kamu apa fungsi dari VGA card itu sendiri. Fungsi VGA card atau sering disebut dengan Graphic Card, Video Card. Berfungsi sebagai pengubah dan menerjemahkan sinyal digital dari sebuah komputer menuju layar monitor untuk menampilkan grafis. Seperti yang Kamu tahu VGA ini berperan menciptakan output ke layar monitor. Disaat Kamu menggambar, mendesain dan bermain game, VGA memiliki peran penting disini.

Sudah banyak perusahaan yang mengembangkan VGA, dan mungkin Kamu juga pernah mendengar atau sering. Diantaranya ada NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Number Nine (#9), Cirrus Logic, Tseng, Trident, 3D Labs, OTi, STB, dan sebagainya.

JANGAN LEWATKAN
13 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop Gaming

Jenis-Jenis VGA Card

Nah jenis-jenis VGA card disini dibedakan berdasarkan memori yang disematkan. Berikut ini ada 5 jenis VGA card yang perlu Kamu ketahui:

1. DRAM (Dynamic RAM)

pengertian-vga

Untuk VGA card yang menggunakan Memori DRAM (Dynamic RAM) sudah mengusung kecepatan 80ons atau 70 ns. Selain itu ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang memiliki DRAM (Dynamic RAM) berlapis. DRAM ini banyak digunakan untuk VGA card 8, 16 atau 32 bit. Penggunaan DRAM (Dynamic RAM) biasa ditujukan untuk komputer entry level yang tidak sama sekali memerlukan warna dan kecepatan yang tinggi dalam merendering grafis.

2. EDO RAM

Untuk VGA card yang menyematkan memori EDO RAM ini memiliki kecepatan 6 ns sampai 35 ns. VGA EDO RAM ini banyak ditemukan pada VGA card 64-bit.

JANGAN LEWATKAN
10 Daftar Laptop Gaming Terbaik dengan Harga Murah Meriah, Hanya 2 Jutaan

3. VRAM (Video RAM)

Bagi VGA yang menggunakan memori VRAM (Video RAM) mengusung kecepatan 20 atau 10 ns. Dilihat dari harga VRAM lebih mahal dibandingkan DRAM karena kecepatan saat proses rendering. Penggunaan VRAM (Video RAM) pada VGA biasa digunakan pada komputer high level atau bagi yang membutuhkan desain grafis.

4. SGRAM (Synchronous Graphic RAM)pengerti-vga

Nah VGA card yang menggunakan memori SGRAM (Synchronous Graphic RAM) mengandalkan kecepatan kurang dari 10 ns. Pada umumnya SGRAM dikembangkan berdasarkan SDRAM pada memori komputer. SGRAM ini banyak digunakan di VGA card kelas tinggi. Artinya sudah berkemampuan 3D accelerator.

5. RAMBUS

VGA card satu ini menggunakan memori RAMBUS. Penggunaan juga sangat sedikit, biasanya VGA card jenis RAMBUS digunakan oleh konsol-konsol game seperti Nitendo dan Sega.

JANGAN LEWATKAN
14+ Laptop Gaming Kualitas Terbaik Seharga 6 Jutaan

Itulah pengerti dan fungsi VGA card serta lengkap dengan jenis VGA yang dapat DafundaTekno berikan gambaran kepada Kamu yang masih bingung dengan pengertian VGA. Jika Kamu masih bingung juga, atau ingin bertanya mengenai hal lain. Silahkan isi pertanyaan Kamu melalui kolom komentar dibawah ini.

Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya

BAGIKAN
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...