Huawei Siapkan Sistem Operasi Sendiri untuk Gantikan Android Tahun Ini

in ,
Sistem Operasi Huawei

Dalam beberapa waktu belakangan ini, Huawei sempat menyatakan rencana dalam mengembangkan sistem operasi sendiri jika pihaknya tidak bisa lagi menggunakan sistem operasi milik Google di smartphone atau di Microsoft di PC. Hal tersebut lantaran adanya pembatasan yang dilakukan Amerika Serikat, melarang bekerja sama dengan Huawei.

Dengan begitu, Huawei kini menyatakan bahwa sistem operasi milik Huawei siap pada tahun ini. Hal tersebut langsung disampaikan oleh Riachard Yu, CEO of Consumer Business Group Huawei.

Ia mengungkapkan bahwa sistem operasi Huawei ini akan siap di kuartal IV 2019 di China. Sedangkan untuk dipasarkan, sistem operasi tersebut akan tersedia pada kuartal I atau kuartal II 2020.

Huawei Siap Membuat Sistem Operasi Sendiri

Yu menyebutkan hingga saat ini kita masih berkomitmen untuk menggunakan Windows dari Microsoft dan Android dari Google. Ini merupakan rencana B jika benar mereka tidak memberikan akses untuk sistem operasi tersebut.

Dirinya juga menegaskan akan benar-benar melakukan rencana B jika pihaknya secara permanen diblokir pada setiap penggunaan produk dari Google dan Microsoft. Kami sebenarnya tidak ingin melakukan ini, tetapi kami terpaksa untuk mengambil keputusan ini karena ulah dari Amerika Serikat, cetusnya.

Selain itu keputusan yang diambil oleh Amerika Serikat dengan memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam tidak hanya berdampak buruk di perusahaan berpusat di Shenzen. Keputusan ini juga akan berpengaruh negatif untuk perusahaan asal negeri Paman Sam tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome, Huawei dan Modem Lain