Hallo sahabat tekno, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang sesuatu yang sangat tidak asing bagi kita, tapi kebanyakan orang hanya sekedar menggunakan. dan kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang di anggap kecil, yaitu kursor. sudah tidak asing bukan? siapa yang tidak mengetahui kursor? terlebih bagi pecinta tekno. kursor pada umumnya berbentuk panah miring, tapi kamu juga bisa mengubah bentuk kursor menjadi berbagai macam bentuk yang menurut kamu adalah kursor yang kamu suka. misalnya saja bentuk bola, tangan dan sebagainya. tapi kita tidak membahas bentuk-bentuk apa saja yang bisa di ubah pada kursor. kita akan membahas alasan mengapa kursor pada monitor di ciptakan miring.

Menurut situs Stack Echange, mouse dan kursor pertama kali di ciptakan pada tahun 1968 oleh Douglas Englebart. Dan pada saat itu kursor masih berbentuk lurus tegak ke atas. lalu kursor di ciptakan miring pada tahun 1970. Nah, berarti kursor sudah sejak lama mengalami perombakan menjadi miring sejak awal diciptakannya kursor.

Lalu, apa alasan kursor di buat menjadi miring?

seperti yang sudah saya ulas di atas, kursor pada awalnya memang memiliki bentuk lurus tegak ke atas, bukan tanpa alasan kursor di ciptakan miring hingga sekarang. Dulu pada saat komputer Xerox PARC di rilis, kursor mulai mengalami peombakan, yaitu dengan mengubah bentuk lurus tegak ke atas menjadi sedikit miring. Alasannya, komputer yang di ciptakan pada saat itu masih menggunakan layar monitor monokrom. layar ini asih memiliki resolusi yang sangat rendah hingga kursor sangat sulit di temukan pada layar monitor karena samar-samar dengan objek lain yang berada pada layar monitor. maka dari itu pada tahun 1970, kursor mulai di miringkan, tujuannya agar memudahkan pengguna komputer menemukan kursor pada layar monitor yang pada saat itu memang memiliki piksel yang sangat rendah.

dan dari awal itulah kursor ciptaan Douglas Englebart menjadi miring sekitar 45 derajat ke kiri, dan di adopsi hingga sekarang.