iOS adalah sistem operasi beken yang di andalkan sebagai sistem utama Smartphone iPhone besutan Apple. Namun siapa sangka ada bug yang “Sangat” kritikal dan horor yang dapat membuat iPhone mati seketika.

Mau tau caranya? cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengubah tanggal di iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS itu. Lebih tepatnya adalah coba kamu ubah (tidak di rekomendasikan) tanggal dan tahun menjadi di 1 Januari 1970.

Apa yang bakal terjadi? Setelah mengubah tanggal dan tahun secara otomatis Smartphone dari Apple itu akan melakukan restart atau booting ulang. Lalu akan muncul logo Apple seperti Booting biasanya. Namun jangan anggap enteng dulu, karena setelah itu kamu tidak akan menjumpai lagi dengan yang namanya antar muka sederhana yang di hadirkan iOS. melainkan Logo Apple yang di tampilkan terus menerus atau istilah lainnya yaitu Stuck atau freeze.

JANGAN LEWATKAN
Pemerintah Minta Apple dan Google Hapus Uber Taiwan dari Toko Aplikasi, Mengapa?

Mungkin bagi pengguna expert bisa berkilah, pernyataan seperti “mudah saja, tinggal di reset!” atau “kalau enggak bisa tinggal di install ulang! kan mudah.” tidak akan bekerja bagi beberapa kasus. karena dari laporan Sydney Morning Herald, kondisi Stuck di Logo apple ini tidak akan mengubah apapun walau kamu reset atau mengganti Firmware sekalipun. Tapi jangan khawatir, kemungkinan hal ini terjadi masih 25% saja.

Dari Mana Bug yang sungguh kritis ini berasal? dari yang di telusuri, tentu saja pada sistem penentuan tanggal di iOS lah yang bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi ini. Hanya perangkat yang menggunakan chipset 64-bit yang mengalami hal ini, selain itu kamu bisa bernafas lega karena tidak ada bug serupa.

JANGAN LEWATKAN
Super Mario Run Bakal Rilis Bulan Desember Ini!!

Perangkat apa saja yang terpengaruh Bug tanggal ini? jawabannya adalah Smartphone yang punya chipset 64-bit seperti iPhone 5S, iPad Air, iPad Mini, iPod Touch 2015, dan smartphone lain yang lebih baru.

Bug tanggal yang kita bahas ini menimbulkan pertanyaan lain, Kenapa harus Tahun 1970 yang membuat bug signifikan di iOS? dari berbagai spekulasi menyebutkan karena hal mendasar. Seperti yang kita ketahui, iOS Menggunakan Platform Unix dalam pengembangannya. Tahun 1970 merupakan hitungan pertama detik, menit, Jam, hari, minggu, bulan, serta tahun dalam tanggal sistem Unix di mulai dari tahun yang jadi masalah saat ini. Maka dari itu kemungkinan besar patokan tanggal inilah yang menjadi masalah bagi Gadget buatan apple.

JANGAN LEWATKAN
Pengguna iPhone Kena Tagihan Rp 28 Juta Karena Aplikasi Ini

Bagi kamu yang memakai iPhone atau iPad haru mengantisipasi hal ini. Siapa tahu akan ada teman atau sanak saudara yang jahil dan mengubah tanggal di gadget kamu.

Lalu Bagaimana tanggapan Apple selaku sang penguasa? tenang saja, mereka sudah merilis Patch untuk masalah ini dan problem Solved. tapi, pasti banyak yang tidak tahu dengan keberadaaan patch ini. Karena kebiasaan pengguna yang malas untuk melakukan pembaharuan.

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.