Hologram adalah suatu proyeksi dari benda nyata, dan Teknologi ini baru di kembangkan dan menjadi nyata oleh Microsoft dan penggunaannya secara nyata baru kita lihat di film – film. Akan tetapi, Apa jadinya jika suatu Hologram bisa kamu sentuh? Hal inilah yang berhasil di lakukan oleh Peneliti Asal University of Tokyo, Jepang. Dia Melakukan Eksperimen dengan Hologram yang membuahkan hasil Bisa di sentuh.

Penelitian ini bertajuk “Haptopclone“, Peneliti ini ingin membuat hologram tampak lebih nyata dengan bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengannya. Bagaimana bisa? Mereka menyebutkan kalau Teknologi sistem interaktif bernama “telehaptic“. Sistem yang dapat membuat pengguna mengirimkan gambar multi-dimensi dari sebuah objek, bahkan tangan dan wajah manusia juga mampu di proyeksi kan dan di sentuh dengan teknologi ini.

JANGAN LEWATKAN
Fitur Terbaru Windows 10 Dapat Menampilkan Notifikasi Dari Perangkat Android

Namun, Pengguna hanya dapat merasakan sentuhan tadi jika perangkat mereka mendukung ekosistem Telehaptic yang mereka kembangkan. Menurut peniliti, haptaclone akan sempurna jika di sandingkan dengan Proyek Virtual Reality (VR). karena dapat membuat Teknologi VR dapat terasa lebih nyata dengan dapat menyentuh dunia virtual menggunakan Teknologi ini.

Video Teknologi Menyentuh Benda Hologram

Di dalam Video tersebut, kamu dapat melihat bagaimana hebatnya teknologi ini membuat benda tidak nyata (hologram) dapat tersentuh dengan sempurna.

“Bayangkan kau ada di kebun binatang. Ada singa di sisi lain dari penglihatanmu. Dengan kacamata VR kau bisa merasakan sensasi menyentuh singa,” kata perwakilan peneliti.

Selain itu, di ungkapkan pula kalau haptoclone ini menggunakan sensori kinetik untuk memindai gerakan secara real-time. Sensor ini di dukung oleh empat tampilan ultrasound yang menghantarkan radiasi Ultrasonic.

JANGAN LEWATKAN
5 Perusahaan Teknologi Ini Menawarkan Gaji Hingga Milyaran Rupiah

Padahal pengguna tidak benar – benar menyentuh hologram, akan tetapi dengan bantuan teknologi ini pengguna di buat percaya kalau dirinya sedang menyentuh seseorang atau benda secara nyata. “Kami akan terus melanjutkan fungsi haptic untuk memperkaya komunikasi manusia,” kata peneliti.

Bagaimana menurut kamu? apakah hal yang di lakukan peneliti ini dapat membuat impian kamu merasakan dunia dalam film menjadi lebih nyata? apa lagi saat ini Microsoft juga sedang membuat teknologi Hololens yang mampu menampilkan hologram dan berinteraksi dengannya.

Jika perkembangan Teknologi terus pesat seperti ini, Maka Kemungkinan kamu dapat merasakan dunia layaknya film Star Wars semakin nyata.

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.