IntermezzoTekno

7 Kegiatan Yang Paling Sering Kita Lakukan di Internet Pada Dekade 90an

Berikut adalah 7 kegiatan yang paling kita sering lakukan di internet pada dekade 90an.

Seperti kita ketahui, kemunculan dan kepopuleran awal internet adalah pada dekade 90an. Dan walau kala itu teknologi serta fitur-fiturnya gak secanggih sekarang. Namun internet kala itu dianggap sebagai penemuan yang paling revolusioner.

Mau itu mencari informasi, bertukar pesan, mendapatkan teman baru, dan bahkan main game, kini semuanya bisa dilakukan dari kursi nyaman kita saja. Sekali lagi pada dekade awal ini, fitur serta kapabilitas internet masih cukup terbatas.

Walau demikian, bukan berarti kala itu kita gak bisa melakukan aktivitas asyik melalui internetnya. Nah sekarang marilah kita mengingat dan bernostalgia kembali terhadap masa kejayaan tersebut melalui pembahasan 7 kegiatan yang paling sering kita lakukan di internet pada dekade 90an berikut ini.

1. Surfing & Browsing

kegiatan sering dilakukan internet dekade 90an
Surfing dan Browsing | The Baffler

Kegiatan yang paling kita sering lakukan di internet pada dekade 90an tentunya adalah kegiatan yang juga konsep dasar dari internet: surfing & browsing.

Bagi kamu yang mungkin bukan kelahiran atau besar pada dekade ini, pasti kamu agak bingung dengan kedua istilah ini. Oke jadi browsing adalah dari kata dasar browse yang artinya menelusuri, menjelajah, atau melihat-lihat.

Jadi kalau kita kaitkan dengan dunia internet. Maka browsing memiliki makna kita membuka situs dan melihat-melihat isi internetnya. Surfing kalau dalam istilah sehari-hari maka bisa kita terjemahkan sebagai berselancar.

Namun dalam keterkaitannya dengan internet, surfing tentunya memiliki makna yang jauh berbeda. Melansir Techopedia, surfing memiliki makna perpindahan dari satu halaman web ke halaman web lain. Contoh misalkan dari halaman home lalu pindah ke halaman profile.

Nah perpindahan ini umumnya dilakukan oleh penggunanya dengan sengaja. Nah berdasarkan definisi-definisi ini, maka gak heran jika browsing dan surfing gak bisa kita pisahkan satu sama lainnya.

Karena logikanya ketika kita masuk situs semisal Yahoo, pastinya kita akan mengklik menu atau berita menarik lain yang tersedia. Memang hal ini secara teknis masih kita lakukan hingga sekarang.

Namun perlu kamu ingat sekali lagi. Ini adalah dekade awal kepopuleran internet. Jadi gak heran jika kita kala itu menghabiskan waktu berjam-jam dengan hanya melakukan aktivitas internet yang super dasar ini.

2. E-Mail

Kegiatan yang paling kita sering lakukan di internet pada dekade 90an selanjutnya adalah e-mail. Salah satu aspek internet yang dianggap paling canggih nan gokil pada era awal internet ini adalah surat elektronik aka e-mail.

Ya bagaimana tidak? Aspek atau fitur ini memungkinkan kita untuk bisa berkirim kabar baik dengan kerabat atau keluarga hanya melalui depan layar komputer saja. Kita gak perlu lagi cape-cape menulis surat dengan tangan kita dan juga bolak-balik ke kantor pos.

Selain berkirim surat, e-mail pada era ini juga digunakan untuk saling berkirim file. Baik itu file berformat dokumen, foto, maupun video. Ya kalau kita bandingkan dengan sekarang ini, hal ini sudah sangat biasa.

Apalagi jika berkirim dokumen video yang sekarang bisa kita minta link download videonya saja. Tapi ya itu tadi. Namanya juga masih awal-awal internet. Nah gak memungkiri kala itu banyak dari kita yang selalu sibuk sendiri untuk memeriksa e-mail setiap harinya.

Mau itu hanya e-mail spam, promosi, atau bahkan e-mail yang memang ditujukan ke kita, Pokoknya sekali lagi, men-cek e-mail serasa seperti main game atau menjadi artis yang dikirimi surat oleh fans kita saja.

Fenomena sekaligus kepopuleran e-mail ini kala itu bahkan sampai menginspirasi film rom-com 90an hit, You’ve Got Mail (1998).

3. Memilih-Milih Search Engine

kegiatan sering dilakukan internet dekade 90an
Memilih-Milih Search Engine | SociableBlog

Ya mungkin kamu merasa lumayan terkejut dengan poin ini. Tapi sama halnya dengan sekarang ini, faktanya search engine (situs pencaharian) juga sudah banyak jumlahnya pada dekade awal internet ini.

Ada Yahoo, Google, WebCrawler, Excite, HotBot, AskJeeves, Lycos, AOL, dan yang paling populer di zamannya, AltaVista. Dengan jumlahnya tersebut, maka gak heran jika kala itu, kita merasa bingung gak karuan untuk memilih atau men-set default search engine preferensi kita.

4. Chatting & Webcam

M Img 29252 Removebg Preview

Faktanya tren chatting dan webcam sudah ada pada dekade ini. Walau memang formatnya masih sederhana dan desain webcam-nya masih berkepala bulat itu (kalau kamu anak 90an pasti tahu dan paham deh dengan desain yang gue maksud itu).

Mau itu dari layanan seperti PowWOw, ICQ, AOL, dan tentunya MSN Messenger serta Yahoo Messenger pada akhir 90an. Pokoknya kala itu, kita yang memang hobi chatting, pasti menghabiskan banyak waktu untuk ngobrol dengan pengguna asing lainnya.

Belum lagi kita sekalian menampakkan diri melalui webcam. Wah benar-benar gokil deh kala itu. Oh ya satu lagi jangan lupakan juga dengan fitur chat rooms. Chat Rooms pada dasarnya adalah ruang chat khusus untuk membahas satu topik spesifik.

Misalkan kita ingin membicarakan musik, maka ada banyak chat rooms musiknya. Begitupun juga jika kita ingin ngobrolin politik, film, game, atau lainnya. Kini chat rooms mungkin bisa kita samakan dengan grup-grup media sosial seperti Kaskus, Facebook, dan juga aplikasi sosial top, WhatsApp.

5. Menggonta-Ganti Username/ScreenName Messenger Kita

Enhanced 24102 1435780450 14
Menggonta-Ganti Username/ScreenName Messenger Kita| BuzzFeed

Masih berkaitan erat dengan poin di atas. Seperti kita ketahui dalam aplikasi chat messenger seperti Yahoo Messenger, MSN, dan AIM Messenger. Pada dasarnya kita bisa secara bebas merubah-rubah nama pengguna (username) kita.

Memang mungkin banyak dari kita yang masih melakukan ini namun bedanya kini, melalui media sosial atau aplikasi sosial seperti WhatsApp. Tapi bagi kita-kita yang remaja 90an, mengganti username ini merupakan aktivitas yang asyik bahkan “intens.”

Selain seru, juga menggonta-ganti username messenger ini kala itu juga untuk alasan keamanan. Pasalnya seperti kita ketahui layanan chatting kala itu rata-rata penggunannya juga menggunakan nama samaran dan juga foto palsu.

Sehingga mereka bisa saja mengincar kita dengan sangat gampang. Jadi ya satu-satunya cara adalah dengan bergonta-ganti username yang kita miliki.

6. Download Apapun

Thingseveryoneusinginternetinthe90sremembers2 1417439029
Download Apapun | Gets Girlfriend

Siapa bilang tren download file baru ada pada dekade 2000? Justru pada dekade 90an inilah puncak “hobi” para pengguna internet akan hal ini.

Kala itu sih yang paling banyak kita download adalah foto-foto. Mau itu foto pemandangan, lokasi, selebriti, atau foto yang “aneh-aneh” sekalipun kita download. Bahkan kala itu kita juga sudah mulai download game, klip video, dan juga tentunya lagu favorit.

Waktu download yang istilahnya dari “pagi ke pagi lagi” bukanlah masalah. Pokoknya kita harus mendapatkan file yang kita inginkan tersebut.

7. Geocities

Nah inilah kegiatan yang paling kita sering lakukan di internet pada dekade 90an yang pastinya, sebagian besar dari kita lakukan kala itu.

Geocities seperti yang telah kalian sebelumnya baca dalam artikel 7 Hal Yang Kita Kangenin Dari Internet 90an sekitar 8 bulan yang lalu, merupakan situs sekaligus web hosting gratisan.

Sehingga, dengan Geocities, kita bisa membuat situs sendiri/pribadi. Pokoknya kita gak perlu pusing mikirin biaya apapun. Langsung saja buka situs, bikin akunnya, dan silahkan bebas berkreasi ria dalam mendesain situsnya.

Dan faktanya, sudah ada ratusan bahkan ribuan situs pribadi yang tercipta dari situs ini semenjak peluncurnannya pada tahun 1994. Sayang setelah akhirnya dibeli oleh Yahoo, layanan Geocities tutup untuk selama-lamanya pada bulan Maret 2019.

Nah apakah kamu adalah salah satu yang dulu memiliki situs pribadi di Geocities? Silahkan sharing cerita asyiknya guys!

Oke itulah tadi 7 kegiatan yang paling kita sering lakukan di internet pada dekade 90an. Dari ketujuh ini, kegiatan manakah yang dulu sering kalian lakukan?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment