IntermezzoTekno

7 Kegiatan Yang Paling Sering Kita Lakukan di PC Pada Dekade 90an

Berikut adalah 7 kegiatan yang paling sering kita lakukan di PC pada dekade 90an.

Dekade 90an merupakan awal kian berkembang atau canggihnya prosesor komputer. Tidak ada lagi kita melihat program yang hanya berbasis kata-kata dan tampilan yang hanya berwarna hijau atau hitam putih.

Memasuki dekade ini, prosesor komputer sudah menampilkan grafis canggih dan suara. Memang sih belum secanggih dekade 2000 apalagi sekarang. Tapi tetap saja untuk ukuran zamannya, PC dekade ini sudah dianggap revolusioner banget.

keguiatan PC dekade 90an
Ilustrasi Main PC | Reddit

Pasalnya kita sebagai pengguna sudah bisa melakukan banyak aktivitas. Mau itu aktivitas yang sifatnya dalam bekerja atau hanya sekedar santai-santai atau main-main.

Nah bagi yag lahir pada dekade 80an atau yang sudah berusia 6-9 tahun pada dekade 90an, masih ingat gak dengan aktivitas yang sering kita lakukan di PC kita pada dekade 90an tersebut?

Well, sebagai refresher dan hitung-hitung bernostalgia asyik, yuk langsung saja simak pembahasan daftarnya berikut ini.

INGAT! Masing-masing dari kita pastinya memiliki perbedaan terkait aktivitas yang kita lakukan di PC-nya pada saat itu. Jadi ya bisa kita katakan daftar ini bersifat semi subyektif oke.

1. Internetan

Kegiatan yang paling sering kita lakukan di PC pada dekade 90an yang pertama adalah internetan seperti era sekarang ini. TAPI perlu kamu ingat nih. Pada dekade ini mungkin hanya beberapa dari kita saja yang kala itu memiliki akses internetnya.

Karena selain belum populer dan meluas banget seperti sekarang. Kala itu seperti halnya ponsel dan video game, internet masih dianggap mewah. Pasalnya harga untuk mengaksesnya sendiri kala itu sangat mahal.

Makanya dulu kalau ada orang yang sudah memiliki akses internet, pasti dijamin adalah anak “sultan.” Tapi bagi kita yang kala itu memang sudah bisa mengakses internet dari rumah, gak memungkiri kita seperti anak zaman sekarang, banyak menghabiskan waktu untuk online berjam-jam.

Terlepas sekali lagi internet kala itu masih sangat sederhana dan terbatas dengan apa yang bisa kita lakukan. Namun hal itu gak masalah. Karena kala itu fitur internet dan berbagai macam situs-situsnya, merupakan hal yang sangat revolusioner.

2. Browsing dan Edit Foto

Kegiatan yang paling sering kita lakukan di PC pada dekade 90an selanjutnya masih ada sedikit kaitannya dengan poin pembuka.

Bagi kita yang kala itu bisa mengakses internet. Tak memungkiri salah satu kegiatan online yang sering kita lakukan adalah membuka situs-situs (apalagi situs search engine seperti Yahoo atau Google) untuk browsing foto-foto keren atau yang manis-manis atau yang “panas-panas.”

Lalu setelah tertarik dengan satu fotonya kitapun langsung mengunduhnya atau bahkan kita save dalam disket kita. Kalaupun kita kala itu tidak memiliki akses internet, well, kita masih bisa browsing foto-foto default program Windowsnya. Atau mengambil dari salah satu CD musik atau game kita. Lalu setelahnya apabila kita mau melakukan edit, well kala itu sudah ada aplikasi Adobe Photoshop-nya.

Memang, kala itu aplikasi Photoshop belum segokil dan selengkap seperti sekarang. Tapi hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Intinya sekali lagi pada dekade ini, melihat-lihat dan melakukan edit foto adalah salah satu kegiatan PC yang sama adiktifnya dengan internetan.

3. MS Office

Kalau sekarang kita seringkali menggunakan aplikasi ini untuk bekerja. Dan memang sesuai nama dan fungsinya, MS Office memang aplikasi untuk demikian. Tapi pada dekade ini, WOW! Menggunakan aplikasi ini jauh lebih fun.

Gue ingat banget kala itu masih SD, gue menghabiskan waktu untuk menulis-nulis hal apapun. Karena jujur kala itu bagi gue menulis melalui sebuah mesin komputer, adalah hal yang luar biasa. Maklumlah di sekolah bahkan hingga SMP, semua tulisan masih dilakukan dengan kedua tangan.

Lalu selain itu dengan adanya menu Clip Art, gue berjam-jam melihat-lihat dan memain-mainkan seluruh desing tulisannya.

4. Menonton Film Dari VCD

kegiatan PC dekade 90an
Nonton film dari VCD di PC Pentium II aja bisa loh! | Reddit

Walau pada dekade ini kita belum bisa melakukan download film baik secara legal atau ilegal. Tapi bukan berarti kita gak bisa nonton film dari PC kita.

Yang ada, kita hanya tinggal memasukkan keeping Video Compact Disc (VCD) atau Digital Video Disc (DVD) kita ke tray disc (tempat memasukkan VCD dan DVD di PC) dan langsung deh kita bisa nonton film.

Namun kalau yang gue perhatikan dulu. Nonton VCD dari PC ini masih sangat jarang. Pasalnya dulu rata-rata orang memiliki VCD Player. Jadi ya mereka nonton dari player-nya itu. Terlebih kala itu VCD player harganya lumayan terjangkau.

5. Mendengar, Rip, Burn CD Musik

4lukgwcxp7t22huridudbq4eldurqleoe2qhqwn3m8c
CD | Reddit

Wah kalau kamu yang hobi mendengar lagu, pastinya masih ingat dengan salah satu kegiatan yang paling sering kita lakukan di PC pada dekade 90an ini.

Jauh sebelum serba download seperti sekarang. Kita mendengarkan musiknya adalah dengan membeli CD atau MP3 fisiknya. Khusus untuk CD, setelah kita memasukkan dan mendengarkan melalui tray disc, kitapun bisa langsung menyimpan lagunya dalam hard disk PC.

Prosesnya kala itu adalah dengan masuk melalui aplikasi Windows Media Player. Nah seluruh prosesnya ini disebut dengan ripping .

Selain melakukan hal itu, kitapun berkeinginan untuk membuat CD kompilasi kita sendiri. Hal ini sama seperti yang kita lakukan dengan cassette tape atau yang juga kita kenal dengan istilah mixtape. Namun untuk yang CD, istilahnya adalah Burning.

Dan kala itu kita sudah bisa banget melakukan burning CD dengan menggunakan aplikasi legendaris, Nero. Terlepas download sekali lagi jauh lebih praktis, namun tetap saja adalah seluruh aktivitas inilah yang jauh lebih asyik bahkan, hingga dekade 2020 ini.

6. Paint

Sudahlah tidak usah malu-malu. Kamu pastinyasering juga bukan corat-coret gak jelas atau bahkan benar-benar menggambar keren melalui aplikasi gambar bawaan Windows ini?

Ya gak memungkiri kala itu aplikasi Paint sangatlah hit. Ya sekali lagi, siapa sih yang gak suka dengan gambar-gambar? Apalagi dengan menggunakan komputer. Pokoknya bagi kita yang anak 90an dulu, Paint adalah salah satu aplikasi yang sama menyenangkannya seperti main game.

7. Main Game Offline

Nah inilah aktivitas PC pada dekade 90an yang sering banget bahkan tiap hari kita lakukan. Oke, memang pada dekade ini internet sudah ada. Sehingga, beberapa game online pun sudah bermunculan.

Tapi mari kita pukul rata saja. Maksudnya anggap saja yang memiliki internet dan main game online-nya hanya mungkin sekitar 20-30%. Jadi dengan demikian bisa kita katakan sekali lagi bahwa banyak dari kita kala itu yang menghabiskan waktu dengan main game offline.

Nah game ini bisa dari membeli CD games-nya yang mana, harus kita install lagi dalam PC, atau game bawaan milik Windows.

Ya guys. Pada dekade ini, game milik Windows seperti: Solitaire, Spider Solitaire, Pinball, dan juga favorit frustasi sejuta umat, Minesweeper menjadi game PC yang sering kita mainkan. Dan kerennya walau offline dan sederhana, kita tetap merasa fun dan enjoy. Alias, gak kalah asyiknya dengan main game PC online sekarang ini.

Nah itulah tadi 7 kegiatan yang paling sering kita lakukan di PC pada dekade 90an. Dari ketujuhnya, yang manakah yang dulu sering kamu lakukan?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment