Microsoft adalah perusahaan teknologi yang saat ini bergerak di bidang Layanan dan produksi. Kali ini ada komentar negatif yang di sampai kan oleh Bos Microsoft regional India, yaitu Bashkar Pramanik yang mengkritik layanan Internet gratis dari Facebook.

Menurut Bashkar, Raksasa Media Sosial bernama Facebook itu tak semestinya membuat layanan Internet gratis dengan embel – embel Net Neutrality

Apa itu Net Neutrality yang di kemukakan Facebook?

Net Neutrality adalah prinsip yang di gunakan untuk meminta penyedia akses Internet dan pemerintah untuk memperlakukan dan menerapkan sema data secara Setara dan tanpa diskriminasi sedikitpun. Dan Layanan internet gratis dari Facebook adalah bagian dari Net Neutrality.

JANGAN LEWATKAN
Inovasi Terbaru Microsoft "Holoportation" Menampilkan Lawan Bicara 3D

Namun rasanya berbeda, seperti yang di sampaikan oleh barkshar:

“Saya pikir tindakan Facebook tidak berkaitan dengan net neutrality. Mereka cuma membantu first time user untuk mengenal internet dan mesti menyebutnya seperti itu,” terangnya.

Ya, Seharusnya Facebook bukannya mengatakan kalau mereka melakukan kampanye Internet Netral, melainkan memberikan akses mudah untuk pengguna pertama agar lebih dekat dengan Internet. Kesannya Facebook seperti membohongi Masyarakat dan Pemerintah yang ada di dalam sirkulasi Internet.

Dengan menggunakan aplikasi yang di sediakan Facebook, kamu bisa mengakses beberapa situs secara gratis selama masih dalam batas kewajaran dan berdasarkan ketentuan berlaku. Layanan internet gratis dari facebook ini bernama Free basics yang merupakan bagian dari Internet.org.

JANGAN LEWATKAN
Cara Menerobos Masuk Akun Facebook Orang Lain Serta Cara Mengatasinya

Selain itu, Sosial media raksasa itu juga bekerja sama dengan operartor lokal berbagai negara untuk memberikan akses internet dengan harga murah. Memang program ini sangat membantu, akan tetapi di takuti jika terlalu di beri kebebasan, Facebook bisa menguasai dan Mengendalikan layanan Free Basics.

Maka dari itulah saat ini Regulator telekomunikasi India memerintahkan semua operator untuk memblokir akses internet.org dan saat ini telah membahas persoalan batas harga yang boleh di bebankan kepada pengguna.

“Jika pengguna mesti membayar lebih karena memiliki sepaket aplikasi pilihan sendiri, lalu diarahkan ke paket tertentu karena operator mengatakan akan memberikan gratis, di bagian manakah net neutrality itu?” tanya Pramanik.

Bagaimana menurut kamu? apakah kamu setuju dengan apa yang di katakan big boss Microsoft India, atau bahkan tidak setuju denganya? Berikan pendapat kamu di komentar.