Pitching ke Investor? Jangan Pernah Tinggalkan Co-Foundermu!

in ,
Pitching Investor Min

Pertemuan dengan investor merupakan hal yang paling mendebarkan oleh para founder startup. Hanya ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yaitu berhasil mendapatkan pendanaan atau investor hilang begitu saja.

Namun, ada hal menarik yang perlu diperhatikan ketika bertemu investor. Yup, jangan pernah tinggalkan co-foundermu ketika bertemu investor. Jangan pernah pitching ke investor tanpa membawa co-foundermu. Karena, hal itu akan mengurangi peluang keberhasilan hingga mencapai 70 persen loh, Kok bisa ya?

Jangan Pernah Pitching Sendirian Karena …

Dalam sebuah pertemuan dengan investor akan menghasilkan dua hal yaitu :

1. Investasi
2. Relationship

Namun, nyatanya akan sulit jika seorang founder melakukan dua hal tersebut sekaligus tanpa didampingi oleh co-founder. Lebih baik, jika seorang founder untuk mengajak co-foundernya untuk mebantunya.

Founder pertama bertugas sebagai seorang yang mengatur strategi, perencana (planner), pemberi keputusan dan berkonstentrasi pada hal mengenai yang berbau logika dalam pitching. Sementara, founder kedua bertugas sebagai memikat investor.

Perlu diingat bahwa investor tidak akan memberikan uangnya kepada sesuatu yang ia tidak cintai. Meskipun, secara teknis investor datang untuk membuat melakukan investasi dengan segala logika yang mereka miliki. Namun, kombinasi antara cinta dan logika akan memberikan hal yang berbeda pada keputusan akhir.

JANGAN LEWATKAN •
Grab Siap Kembangkan Platform O2O Setelah Terima Investasi 14 Triliun Dari Toyota

Lalu Bagaimana Kedua Founder Tersebut Melakukan Tugasnya Masing – Masing?


1 . Basa – Basi

Goal : Membuat investor jatuh cinta pada pandangan pertama  | Durasi : maksimal 5 menit

Langkah pertama adalah mencoba untuk menarik perhatian investor terlebh dahulu. Buatlah mereka jatuh cinta pada pandangan pertama. Coba googling terlebih dahulu mengenai calon investor anda. Tugas ini dilakukan oleh founder kedua.

Sementara, founder pertama fokus untuk menyiapkan laptop dan demo produk serta waktu.


2. Presentasi Ide Startup

Goal : Investor tertarik melakukan perjanjian investasi | Durasi : maksimal 20 menit

Kini, saatnya founder pertama untuk melakukan tugas utamanya. Menjelaskan mengenai startup mereka melalui pitch deck yang sudah dibuat, mulai dari problem, solution, market opportunity, bisnis model, struktur tim, analisis kompetitor sampai dengan demo produk.

Sementara, founder kedua bertugas untuk meyakinkan investor dengan anggukan dan gaya tubuhnya.


3. Penutup

Goal : investor akan menemuinya di kemudian hari untuk memberikan pendanaan | Durasi : dibawah 5 menit

Kini, saatnya founder kedua kembali beraksi untuk menutup pertemuan dengan sebuah hal yang berkesan. Ia bertugas untuk memberi kesimpulan dan menutupnya dengan kata – kata indah.

Sementara, founder pertama bertugas untuk memikirkan hal apa yang akan timnya lakukan kedepannya. Dan kemudian, investor akan membuat perjanjian untuk menemuinya di kemudian hari

JANGAN LEWATKAN •
Google Gelar Demo Day Asia, Peluang Startup Indonesia Gaet Investor Global

Sumber : Techinasia