Samsung baru – baru ini mematenkan cincin pintar yang berguna untuk berbagai fungsi. Kabarnya, hanya dengan menggeser cincin ke kiri dan ke kanan kamu bisa mengontrol beragam perangkat seperti Smartphone, TV, dan alat elektronik lainnya.

Ide inilah yang di patenkan oleh samsung agar memperoleh kuasa penuh dan hak cipta dari cincin yang mereka kembangkan.

Intinya, Cincin Pintar (Smart Ring) Samsung ini berfungsi sebagai pengontrol alat elektronik seperti Smartphone, Tablet, SmartTV, dan perangkat pendukung aktivitas Rumah pintar (Smarthome) yang dapat di kendalikan melalui cincin ini.

Cara pengoperasian nya sederhana, cincin pintar ini mengandalkan rotasi. Pengguna dapat memutar cincin ke kanan dan ke kiri untuk memicu berbagai fungsi tertentu.

JANGAN LEWATKAN
Inilah 10 Smartphone Paling Laku Saat Ini di Indonesia

Fungsi mudah seperti mengganti saluran Televisi, menyalakan dan menghentikan saluran air, mematikan atau menyalakan lampu dapat di lakukan hanya dengan mengandalkan cincin ini.

 

Mungkin kamu berfikir kalau hanya seperti itu terkesan biasa saja. Ternyata Cincin pintar ini juga bisa menjalankan fungsi navigadi Peramban yang kompleks. misalnya saja menavigasi jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan lain – lain.

 

Selain samsung, masih ada beberapa raksasa teknologi yang ikut mematenkan teknologi cincin pintar. Namun penggunaan atau fungsi nya saja berbeda.

Microsoft Mematenkan cincin dengan fungsi yang sama, akan tetapi mengandalkan gestur (Gesture) ketimbang Rotasi ala samsung. Google ingin membuat cincin yang dapat mengontrol kacamata pintar buatan mereka. dan Apple ingin membuat cincin yang dapat menjadi SmartWatch versi mini.