Begini Tanda WiFi yang Bisa Sadap Ponsel dan Cara Mengatasinya

in ,
Cara Mencegah Hacker Wifi

Tidak sedikit dari kita yang sering bingung saat kouta internet sudah habis dan alternatif lainnya adalah dengan menggunakan WiFi gratis. Namun sebelum menggunakan WiFi gratis, perlu kamu ketahui bagaimana kriteria WiFi yang aman? Jangan sampai kamu menggunakan WiFi yang sudah disusupi penyadap.

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan itu, sebaiknya kamu harus ketahui tanda WiFi yang bisa menyadap ponsel. Lalu jika memang sudah terlanjur, Dafunda Tekno juga bakal kasih tau cara mengatasinya.

Tanda WiFi Bisa Sadap Ponsel dan Cara Mengatasinya

Apa-apa saja tanda WiFi itu bisa menyadap ponsel kita? Yuk simak berikut tanda-tandanya dan cara mengatasinya.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Memblokir Akses Pengguna WiFi Modem Huawei

1. Tidak tersedia laman ‘Terms of Service’

Jika menggunakan WiFi publik atau gratis, umumnya kamu akan diarahkan ke laman ‘terms of service’ di mana kamu harus menyetujui dulu kesepakatan dari layanan. Jika tidak ada laman tersebut kamu harus pikir-pikir lagi apakah WiFi ini benar-benar aman.

2. Tidak Menggunakan Password

Saat mengakses WiFi di tempat-tempat umum seperti kedai kopi, kamu pastinya akan diminta untuk memasukkan password untuk dapat mengakses jaringan WiFi. Jika menemukan WiFi tidak membutuhkan password untuk lebih meyakinkan tanyakan langsung kepada pegawainya apakah WiFi ini memang tidak membutuhkan password untuk akses.

3. Internet Lelet

Jika kamu menggunakan WiFi yang koneksinya super lambat, ini bisa saja disebabkan oleh pengalihan rute ke peretas. Jadi hati-hati menggunakan WiFi lelet.

4. Browser atau aplikasi berhenti sendirinya

Jika aplikasi kamu secara misterius berhenti atau browser terlihat pesan error secara random. Mungkin saja kamu sedang berada di jaringan WiFi publik palsu.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Memblokir Pengguna WiFi dan LAN Orang Lain Menggunakan Komputer

Cara Untuk Mengatasinya

Buka pengaturan jaringan di perangkat kamu dan hapus semua jaringan publik yang tersimpan. Selain itu, upayakan saat kamu tidak menggunakan perangkat, matikan WiFi. Pastikan juga program antivirus selalu update. Lakukan pemindai sistem secara teratur untuk mencari masalah yang ada di perangkat.