Tawaran Internet Gratis 20 GB Selama 60 Hari di WhatsApp Hoaks

in ,
Promo Paket Internet Palsu Di Whatsapp
Promo Paket Internet Palsu Di Whatsapp | apuntmedia.es

Virus corona terus mewabah di Indonesia sehingga pemerintah mengimbau kepada pekerja untuk bekerja di rumah dan belajar pun di wajibkan di rumah.

Dalam menunjang aktivitas tersebut, koneksi internet adalah salah satu hal paling penting untuk bisa ‘work from home‘ atau ‘home learning‘.

Namun tetap saja ada pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan momen jahatnya. Hoaks terkait virus Covid-19 semakin marak tersebar. Salah satunya adalah promo kuota internet gratis.

Bahkan sudah banyak yang membagikan pesan yang berisi penawaran kuota internet gratis 20 gigabyte di WhatsApp dan media sosial lainnya.

Promo Kuota Internet Gratis Palsu di WhatsApp

“Koneksi Internet GRATIS 20 GB. Dapatkan 20 GB internet gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler. Saya baru saja mengaktifkan saya, [link ke sebuah sistu berdomain .club]. Begitulah isi dari pesan hoaks yang sudah beredar di WhatsApp dan media sosial lainnya.

Pesan dari informasi palsu seperti ini sebenarnya sudah pernah menyebar pada tahun 2018 lalu. Namun pesan tersebut kembali disebar lewat pesan berantai baik di grup atau chat pribadi.

Lalu di bagian bawah pesan terdapat sebuah tautan yang jika diklik bakal diarahkan ke web. Web tersebut jika dilihat tampilannya tampak meyakinkan siap saja yang mengunjungi pertama kalinya.

Di halaman tersebut terlihat tulisan ‘koneksi internet gratis 20 GB selama 60 hari’. Lalu di bagian bawah kamu diharuskan mengisi kuesioner supaya dapat menikmati kuota internet gratis untuk semua operator seluler.

Lalu melalui laman yang menyakinkan itu, pengguna mulai diminta segala data pribadi yang dapat disalahgunakan.

Abaikan Pesan WhatsApp Iming-Iming Promo Internet Gratis

Promo Kouta Internet Gratis Hoaks Atau Palsu
Tampilan situs pesan promo internet gratis 20 GB selama 60 hari palsu atau hoaks |hands-out

Ingat! jangan pernah sesekali untuk mengklik link dalam pesan berantai tersebut. Ini merupakan salah satu cara atau trik penipu berkedok kuota internet gratis untuk mencuri data pengguna.

Dari kuesioner data pengguna seperti email, nomor ponsel, bahkan izin untuk terhubung ke media sosial bakal dicuri peretas untuk melakukan aksi kejahatannya.

Modus seperti ini sebenar merupakan trik lama yang digunakan oleh peretas dalam mengincar korbannya. Modus seperti ini kebiasaan mengincar pada pelanggan dari perusahaan besar atau mengatasnamakan perusahaan besar untuk menarik perhatian pengguna supaya bisa tertipu.

Operator Telkomsel dan XL Axiata sudah jauh-jauh hari mengatakan jika kuota internet gratis 20 GB itu adalah hoaks.

Pihak Telkomsel juga menyebutkan dalam keterangannya segala promosi yang berhubungan degan produk serta layanan operator selalu dibagikan melalui kanal resmi perusahaan.

“Telkomsel menekankan kepada seluruh pelanggan selalu waspada dengan segala promosi yang berhubungan dengan produk serta layanan Telkomsel,” Begitulah lebih kurang pernyataan dari Telkomsel.

Serupa dengan Telkomsel, pihak XL Axiata juga mengatakan hal yang sama. Bahkan perusahaan menyarankan jika ketemu dengan pesan promo internet gratis palsu. Silahkan abaikan saja pesannya.

Trik modus penipuan phising ini dapat dihentikan jika pengguna tidak menyebar luaskan link atau tautan kepada pengguna lain. Jika kamu pernah mendapatkan pesan semacam ini, cek terlebih dahulu apakah pesan tersebut benar ada atau tidak.

Jika isi pesan terdapat link yang mencurigakan, sebaiknya tidak mengklik dan menyebarkan kepada orang lain supaya tidak ada banyak korban.