Berita TeknologiBerita TVHardwareTeknoTipsTV

4 Tips Memilih Set Top Box TV Digital Yang Bagus, Dijamin Awet Tawan Lama

Sebelum kalian memutuskan membeli sebuah Set Top Box (STB) untuk menonton siaran TV Digital. Pastikan terlebih dahulu kalian mengetahui empat hal yang kami rangkum di tulisan berikut ini.

Per 2 November kemarin, Pemerintah telah resmi memulai kebijakan Analog Switch Off (ASO). Dengan kebijakan tersebut, masyarakat kini sudah tidak bisa lagi menyaksikan siaran televisi dengan sinyal analog dan harus segera beralih ke sinyal maupun TV Digital. Walaupun kebijakan tersebut baru berlaku di wilayah Jabodetabek saja.

Beberapa bulan belakangan, isu mengenai produk Set Top Box (STB) tengah menjadi perbincangan hangat. Karena agar tetap bisa menyaksikan siaran TV Digital menggunakan TV analog. Masyarakat perlu alat tersebut dan tentu saja akan mencari produk Set Top Box terbaik.

Bagi kalian yang berada di wilayah non ASO saat ini dan akan segera beralih menuju siaran TV Digital. Kalian mengunjungi situs yang tepat. Karena pada artikel ini, kami akan memberikan 4 tips memilih Set Top Box (STB) yang bagus. Penasaran apa saja? Langsung saja ini dia pembahasannya.


7 Tips Memilih STB (Set Top Box) Bagus dan Tahan Lama

1. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Pikiran Rakyat Set Top Box
STB (Set Top Box) | Pikiran Rakyat

Saat ini, sudah banyak sekali produk Set Top Box (STB) TV digital terbaik yang ada di pasaran. Mulai dari harga paling murah hingga yang termahal. Dengan variasi harga tersebut, pastinya berbagai produk STB akan menawarkan fitur-fitur yang berbeda.

Salah satu fitur paling menarik dari sebuah STB dengan harga tertentu yakni bisa menghubungkan TV dengan Internet. Tapi jika kalian tidak begitu membutuhkan koneksi ke internet. Saran dari kami, sih. Sebaiknya beli set top box TV digital yang tidak memiliki fitur tersebut. Kembali lagi ke kebutuhan kalian selama menggunakan televisi dan STB tersebut.

2. Perhatikan Dua Penanda Utama Ini

Bisnis Com Modi Maskot Tv Digital Indonesia
MODI, maskot TV Digital Indonesia | Bisnis.com

Setelah mengetahui STB apa yang kalian butuhkan. Langkah selanjutnya adalah coba perhatikan label khusus yang tertera di STB. Melansir laman Indonesiabaik.id, situs tersebut merekomendasikan STB dengan tulisan DVB-T2 yang tertera di kemasan perangkat.

Selain menandai tulisan DVB-T2. Pengguna juga disarankan untuk membeli STB dengan label “Siap Digital”, atau yang memiliki gambar ikon “MODI”, yakni maskot siaran TV digital di Indonesia. Adapun maskot MODI seperti gambar yang kami lampirkan di atas.

3. Sudah Tersertifikasi Kominfo

Setelah mengetahui tanda DVB-T2 dan label “Siap Digital”. Tips selanjutnya adalah membeli STB yang sudah mengantongi sertifikasi dari Kominfo. Kominfo telah melakukan sertifikasi terhadap STB yang diperdagangkan di Indonesia. Sertifikasi ini dilakukan bersama dengan Kementrian Perdagangan (Kemendag).

Untuk info lebih lanjut. Masyarakat bisa mengecek sertifikasi STB di situs resmi Kominfo di alamat siarandigital.kominfo.go.id. Mengutip data dari Kompas per 4 Maret 2022, setidaknya ada 25 tipe STB yang sudah disertifikasi. Situs tersebut akan memperbarui informasi daftar STB yang telah tersertifikasi secara berkala.

4. Perhatikan Review Pengguna Sebelum Membeli

Tips terakhir memilih STB TV Digital yaitu mencari tahu informasi tentang tipe STB sebanyak mungkin sebelum membeli. Seperti spesifikasi, harga, kompatibilitas, dan sebagainya. Jadi, kalian bisa memahami dan membandingkan setiap kekurangan serta kelebihan yang masing-masing STB punya.

Banyak cara agar kalian bisa mencari tahu informasi-informasi di atas. Baik dengan menonton, atau membaca review atau ulasan yang bisa kalian cari dengan mudah. Yakni ECommerce maupun YouTube. Bisa juga dengan bertanya langsung pada sanak saudara yang kebetulan sudah menggunakan STB incaran.


Demikianlah informasi yang bisa kami rangkum mengenai tips memilih STB TV Digital yang bagus sehingga bisa awet dan tahan lama. Semoga tips-tips di atas berguna bagi kalian yang ingin mencari dan menggunakan barang tersebut demi kenyamanan menikmati tontonan yang ada di televisi.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment
Continue in browser
To install tap Add to Home Screen
Add to Home Screen
See this post in...
Dafunda.com
Chrome
Add Dafunda.com to Home Screen
Close

For an optimized experience on mobile, add Dafunda.com shortcut to your mobile device's home screen

1) Press the share button on your browser's menu bar
2) Press 'Add to Home Screen'.