Berita TeknologiTekno

Apa Maksud dan Fungsi Fitur YouTube Handles?

Apa maksud dan fungsi fitur YouTube Handles? Well, langsung deh kamu simak pembahasannya berikut ini.

Tak memungkiri bahwa situs unggah, unduh, dan nonton video top, YouTube. Kini sudah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Pasalnya hampir mungkin (MUNGKIN YA!) 90% orang saat ini pasti mengakses situs ini setiap harinya.

Mau itu untuk membantu mereka menamatkan game, tutorial, nonton video, dan bahkan mendengarkan musik saja, kini semua dilakukan di YouTube. Bahkan lebih jauhnya situs ini kini menjadi salah satu wadah bagi kita untuk bisa menjadi seorang kreator konten.

Nah berdasrkan fakta tersebut. Maka gak heran jika mulai pada tanggal 10 Oktober, 2022 lalu. YouTube secara resmi memperkenalkan fitur terbaru mereka, YouTube Handles. Lalu apa maksud dan fungsi dari fitus YouTube Handles ini? Langsung simak nih guys pembahasannya.

Makna dan Fungsi YouTube Handles

fungsi fitur youtube handles
YouTube Handles | YouTubeBlog

Jadi makna dan fungsi YouTube Handles seperti yang situs ini sampaikan dan berdasarkan pernyataan di paragraf sebelumnya.

Adalah pada dasarnya, merupakan fitur terbaru yang memungkinkan kita untuk akhirnya memiliki URL YouTube pribadi. Dan alamat URL pribadi inilah yang nantinya akan membuat kreator atau user YouTube lainnya lebih gampang untuk menemukan kanal kita.

Bahkan nih. Orang lain yang gak memiliki akun YouTube sama sekali pun, bisa banget untuk melakukan hal tersebut.

Tidak Seribet Dulu

fungsi fitur youtube handles
Mashable

“Loh bukannya dulu kita juga bisa menemukan kanal YouTube seseorang dengan mudah?” Well, pernyataan ini memang gak salah. Faktanya kita tinggal tanya ke individu yang memiliki kanalnya terkait alamat URL YouTube-nya.

Atau tentunya kita tinggal ketikkan username yang digunakan di kolom pencaharian (search)-nya. TAPI pada saat yang sama, terkadang walau sudah diberitahu username atau alamat URL-nya kita kadang masih agak sulit menemukannya.

Hal ini karena kanal YouTube-nya memang baru buat, bukan selebriti, atau jumlah followers, video, dan likes-nya masih sedikit. Alhasil kitapun harus men-scroll-scroll lagi untuk mencari kanalnya.

Lalu setelah menemukannya, sebelum kita melakukan proses subscribe. Kita kembali menghubungi individu yang kita ingin subscribe tersebut untuk mengkonfirmasi kanalnya. Intinya sekali lagi, hal ini ribet dan makan waktu banget bukan?

Langsung Klik Alamat URL-nya

Nah berdasarkan fakta tersebut. Maka sekali lagi inilah alasannya mengapa YouTube akhirnya membuat fitur YouTube Handles. Jadi melalui fitur ini. Kini, kamu sudah langsung memiliki alamat URL YouTube pribadi. Contohnya adalah seperti kamu bisa lihat sendiri berikut ini.

Screenshot 4
Contoh data URL channel pengguna | Mashable

Ya jadi seperti yang kamu lihat sendiri. Gue mengambil contoh screenshot dari data alamat URL kanal YouTube gue sendiri (by the way subscribe ya guys he..he..). Nah alamat URL tersebut bertuliskan: youtube.com/@marvciputra.

Nah coba sekarang kamu (mau yang memiliki kanal YouTube atau tidak sama sekali) copy-paste link URL tersebut. Nah, kamu langsung masuk ke halaman muka home kanal gue bukan?

Alhasil, kamu gak perlu lagi mengetik dan mencari-cari lagi kanal YouTube-nya. Tinggal copas, sudah deh langsung masuk ke halaman YouTube yang ingin kita subscribe.

Sangat Praktis Untuk HRD

Screenshot 5
Begitu klik URL YouTube Handles-nya langsung auto masuk halaman YouTube penggunanya | YouTube/marvciputra

Nah kemudahan yang ditawarkan oleh fitur YouTube Handles ini. Faktanya tak hanya memberikan kemudahan bagi kita atau teman yang ingin langsung menuju halaman kanal YouTube kita.

HRD atau bos dari perusahaan yang kita ingin masuki pun, juga akan merasakan kemudahan yang sama. Intinya mereka akan jauh lebih praktis ketika ingin melihat kanal YouTube kita. Ya pernyataan ini khusus bagi kalian yang seperti gue. Juga kerap menyertakan username YouTube di dalam CV.

Ya pokoknya sekali lagi. Maksud, tujuan, dan juga fungsi fitur YouTube Handles ini. Sangatlah asyik dan super duper berguna bagi kita-kita yang memiliki kanal YouTube. Terlebih lagi jika kita memang kreator konten alias YouTuber.

Oke deh guys. Semoga pembahasannya ini bermanfaat.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment