Tutorial Cara Download Video di Smartphone Android dan iOS Tanpa Aplikasi Tambahan

in ,
Cara Download Video Youtube Di Smartphone
Cara Download Video Youtube Di Smartphone | youtube.com

YouTube adalah salah satu platform streaming video yang dibuat oleh Google cukup populer saat ini. Karena di YouTube sudah tersedia berbagai macam kategori video.

Tahu nggak kalau sejumlah video di YouTube itu bisa diunduh dan ditonton secara offline di smartphone?

Video YouTube didownload tersebut tanpa membutuhkan aplikasi tambahan. Artinya kamu cukup dengan aplikasi YouTube saja, kamu sudah bisa download video YouTube di smartphone Android atau iOS.

Cara Download Video YouTube di Smartphone Android dan iOS

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Cara download video YouTube di smartphone Android dan iOS ini cukup gampang. Namun bagi yang belum tahu caranya, yuk langsung saja simak berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi YouTube

    Jika aplikasi YouTube di smartphone kamu sudah terbuka. Selanjutnya putar video YouTube yang ingin kamu download. Jika sudah berada di dalam video, tap pada tombol Download yang berada di bawah video antar tombol ‘Share’ dan ‘ Save’.
    Cara Download Video Youtube Si Smartphone (1)

  2. Pilih kualitas video yang ingin kamu download

    Beberapa saat, kamu bakal melihat tampilan beberapa pilihan kualitas video unduhan mulai dari Low (144p), Medium (360p) dan High (720p). Pilih saja sesuai keinginan kamu.
    Cara Download Video Youtube Si Smartphone (3)

  3. Proses download video YouTube di smartphone

    Setelah memilih kualitas video yang diinginkan, tap pada tombol ‘OK’. Kamu juga bisa mencentang pada kotak ‘Remember my settings’ supaya jendela tidak muncul lagi.
    Cara Download Video Youtube Si Smartphone (2)

Cara melihat video YouTube yang sudah didownload

Semua video yang sudah kamu download bakal muncul di jendela Library. Jadi untuk melihatnya kamu harus mengakses ke tab ‘Library’ yang berada di bagian ujung sebelah kanan bawah seperti gambar di bawah ini.

Cara Akses Video Di Youtube Yang Sudah Di Download
Cara Akses Video Di Youtube Yang Sudah Di Download

Pada halaman ‘Downloads’ kamu bisa menghentikan proses unduhan dengan cara tap di tombol ‘Pause’. Atau kamu juga bisa menghapus video yang sudah diunduh dengan cara memilih ‘Delete from downloads’.

Kedua pilihan tersebut sudah bisa kamu temukan dengan cara tap pada ikon ‘tiga titik’ yang berada di sebelah kanan video.

Selain itu kamu juga bisa mengubah segala pengaturan terkait fitur download di YouTube tersebut dengan mengakses ikon ‘titik tiga’ yang berada di sebelah kanan tombol ‘Search’.

Beberapa pengaturan yang bisa kamu ubah seperti kualitas unduhan, pengunduhan video menggunakan jaringan WiFi. Lalu menyimpan video yang sudah diunduh di kartu SD supaya tidak penuh di memori internal dan lainnya.

Namun yang perlu kamu catat, kamu harus tetap terhubung dengan YouTube (secara online) setidaknya 29 hari setelah mengunduh video.

Karena jika tidak, maka video yang kamu unduh di YouTube secara otomatis akan terhapus di halaman ‘Downloads’. Dan kamu harus mengunduhnya kembali.

Selain itu, tidak semua video YouTube bisa kamu download dan dinonton secara offline. Sebagian besar dari video musik, misalkan tidak dapat diunduh karena adanya hak cipta.

Sehingga video yang dapat diunduh itu tergantung dari sang pemilik akun apakah menyediakan videonya untuk diunduh pengguna lain atau tidak.

Bagikan jika kamu suka