Baru-baru ini Microsoft melakukan sebuah kebijakan yang diberikan kepada pemerintah Cina. Kebijakan tersebut diberikan berupa versi Khusus dari Windows 10 yaitu Zhuangongban. Windows 10 Zhuangongban ini diberikan khusus oleh Microsoft kepada Pemerintah Cina dengan design khusus dan hanya dapat dipergunakan oleh pemerintah Cina.

Windows 10 Zhuangongban berhasil dibuat bukan tanpa landasan apapun, hal ini terwujud dikarenakan kerjasama yang erat antara Microsoft dengan sebuah perusahaan teknologi Cina yang bernama China Electronics Technology Group Corporation(CETC) yang berlokasi di kota Beijing, demikianlah yang dikatakan oleh CEO Microsoft Cina Ralph Haupter. Tentunya hal ini akan membuat ikat kerjasama antara Microsoft dan Perusahaan CETC semakin erat dalam hal teknologi.

JANGAN LEWATKAN
Mulai 29 Juli Upgrade Windows 10 Tidak Gratis Lagi, Berapa Tarif Nya ?

windows 10

Tetapi yang menjadi pertanyaan yaitu, apa perbedaan antara Windows 10 yang biasa digunakan orang banyak dengan Windows 10 Zhuangongban ini? Pertanyaan tersebut telah dijawab oleh Haupter dalam sebuah wawancara dengan majalah Caixin, dalam wawancaranya Haupter mengungkapkan bahwa perbedaan antara Windows 10 biasa dengan Windows 10 Zhuangongban yaitu Windows 10 Zhuangongban didesign lebih sederhana serta lebih sedikit aplikasi yang diberikan didalamnya.

Yang menjadi keunggulannya yaitu tingkat kualitas keamanannya yang lebih ditinggi dari yang biasa, serta dilengkapi dengan kontrol manajemen yang merupakan permintaan tambahan dari pemerintah Cina, walaupun sedikit berbeda dari Windows 10 biasanya, Zhuangongban tentu saja masih bisa digunakan untuk menjalankan progrma-program lainnya yang dijalankan di Windows 10 biasa. Tentang penjelasaan lebih rincinya tidak diungkapkan oleh Haupter seperti mengenai tampilan, apakah masih sama seperti Windows 10 biasanya atau bisa lebih waw dan bahkan lebih menurun? Itu masih menjadi sebuah pertanyaan yang belum terjawab sampai saat ini.