FaktaNewsViral

7 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun juga dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi.

Ternyata di dunia ini ada air terjun yang terbentuk secara alami dengan keindahan yang menakjubkan. Namun berbeda dengan air terjun pada umumnya, beberapa air terjun di berbagai belahan dunia ini memiliki ketinggian yang terbilang sangat luar biasa. Nah, Dafunda Viral telah merangkum beberapa air terjun yang paling tinggi, yuk cek di bawah ini.

Berikut 7 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Air Terjun Angel (Angel Falls)

air terjun tertinggi dunia angel falls
Ketinggian: 979 meter (3.212 feet)
Sungai: Rio Caroni
Lokasi: Taman nasional Canaima
Negara: Venezuela
Benua: Amerika Selatan

Air Terjun tertinggi di dunia yang pertama adalah Air Terjun Angel atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Angel Falls. Air Terjun Angel yang berada di Venezuela, Amerika Selatan ini memiliki ketinggian 979 meter dengan air jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter.

Ketinggian ini secara resmi ditetapkan oleh National Geography Society pada tahun 1949. Air Terjun ini menjadi salah satu spot tujuan wisata yang terpopuler di Venezuela.


Air Terjun Tugela (Tugela Falls)

air terjun tertinggi dunia tugela
Ketinggian: 948 meter (3.110 feet)
Sungai: Tugela
Lokas: Taman Nasional Natal
Negara: Afrika Selatan
Benua: Afrika

Tugela Falls terletak di Taman Nasional Royal Natal di Natal, Afrika Selatan. Air terjun ini memiliki tinggi 948 dan menjadi air terjun tertinggi di dunia. Tapi beberapa peneliti memiliki pendapat yang berbeda, karena Tugela Falls memiliki 5 lompatan yang membuat air tak langsung jatuh.

Jika dihitung tanpa lompatan tersebut Tugela Falls memiliki tinggi 983, jika memang benar begitu maka air terjun ini yang akan menjadi paling tinggi di dunia guys.


Air Terjun Cataratas las Tres Hermanas (Three Sisters Falls)

air terjun tertinggi dunia three sister
Ketinggian: 914 meter (3.000 feet)
Sungai: –
Lokasi: Ayacucho
Negara: Peru
Benua: Amerika Selatan

Kalian yang ingin melihat air terjun ini secara langsung mungkin harus kecewa nih, karena Tres Hermanas Falls ini terletak di Taman Hutan Nasional Parque Nacional Otishi yang menjadi taman hutan yang dilindungi pemerintah.

Tres Hermanas Falls memiliki tinggi 914 meter, dan jika diartikan ke bahasa indonesia air terjun ini berarti Air Terjun Tiga Saudara karena memiliki 3 tingkatan sebelum air jatuh ke bawah.


Air Terjun Olo’upena (Olo’upena Falls)

Ketinggian: 900 meter (2.953 feet)
Sungai: –
Lokasi: Molokai, Hawaii
Negara: Amerika Serikat
Benua: Ocenia

Menjadi tempat favorit bagi para turis dari seluruh penjuru dunia, Hawaii ternyata juga memiliki air terjun tertinggi di dunia. Olo’upena Falls memiliki tinggi 900 meter dan berada di area hutan yang lebat, dan waktu paling pas mengunjungi air terjun ini adalah ketika musim hujan antara bulan November sampai Maret.


Air Terjun Yumbilla (Yumbilla Falls)

Ketinggian: 896 meter (2.938 feet)
Sungai: –
Lokasi: Daerah Amazon
Negara: Peru
Benua: Amerika Selatan

Air Terjun Yumbilla terdapat di Cuispes Peru, Wilayah Amazon. Air terjun ini merupakan tertinggi kelima di dunia terletak di kedalaman hutan yang luar biasa. Air terjun berjenjang ini memiliki 4 sampai 5 tetesan, ini berarti bahwa jumlah penurunannya dibagi menjadi empat langkah yang berbeda.

Selain sangat indah, air terjun Yumbilla ini juga sangat tinggi yang mencapai 896 meter. Uniknya, air terjun ini terbilang baru karena ditemukan pada tahun 2007 silam dan sempat menggegerkan media internasional.


Air Terjun Vinnufossen (Vinnufossen Falls)

Ketinggian: 860 meter (2.822 feet)
Sunga: Vinnu
Lokasi : Sunndal, More Og Romsdal
Negara  : Norwegia
Benua: Eropa

Air Terjun Vinnufossen merupakan air terjun tertinggi pertama di Norwegia, dan menjadi air terjun tertinggi nomor 6 di dunia. Air Terjun Vinnufossen ini memiliki tinggi hingga 860 meter, dan berada di Desa Sunndalsora, Romsdal.


Air Terjun Balaifossen (Balaifossen Falls)

Ketinggian: 850 meter (2.788 feet)
Sungai: Balai
Lokasi : Ulvik, Hordaland
Negara: Norwegia
Benua: Eropa

Masih di Norwegia, Air Terjun Balaifossen merupakan air terjun tertinggi kedua di Norwegia dan air terjun tertinggi nomor 7 di dunia. Aliran air yang ada di Air Terjun Balaifossen ini juga tergantung dari musim, jika iklim berganti maka rata-rata salju yang mencair akan membuat volume air jadi lebih besar. Diketahui jika air terjun Balaifossen ini memiliki ketikian sekitar 850 meter.


Sangat disayangkan tidak ada air terjun di Indonesia yang masuk dalam air terjun tertinggi di dunia, meksipun banyak sekali air terjun di tanah air kita. Menurut kalian mana air terjun yang paling indah dan ingin kalian kunjungi nih guys?

What's your reaction?

Related Posts

No Content Available
Leave Comment