5 Benda Bernilai Fantastis Yang Dihasilkan Oleh Hewan

in , , ,
Hewan Penghasil Benda Bernilai Mahal 6

Hewan adalah makhluk hidup yang memiliki manfaat bagi manusia dan tentu saja mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dunia. Beberapa hewan ada yang merugikan manusia, tapi tak sedikit pula yang begitu menguntungkan bagi manusia.

Ada beberapa hewan di dunia ini yang mempunyai kemampuan menghasilkan sesuatu yang sangat berharga bagi manusia dan bernilai jual tinggi. Karena dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi, maka banyak orang yang membudidayakannya untuk mendapatkan pundi-pundi pendapatan.

Apa saja hewan yang mampu menghasilkan benda yang bernilai jual tinggi? Dilansir dari anehdidunia.com, Yuk simak ulasannya berikut ini!

Hewan Penghasil Barang Mahal di Dunia

1. Sarang Walet

Hewan Penghasil Benda Bernilai Mahal

Saat ini, Burung Walet menjadi primadona penangkaran masyarakat Indonesia. Pasalnya sarang Walet yang dihasilkan dari liur tersebut berharga jual cukup tinggi. Karena mempunyai gizi yang tinggi, tak ayal sarang Walet menjadi mahal. Biasanya Burung Walet akan membuat sarang di tempat-tempat yang gelap dan di langit-langit sebuah bangunan.

2. Kopi Luwak

Hewan Penghasil Benda Bernilai Mahal 1

Dulu, luwak dianggap sebagai hama di perkebunan kopi karena sering kali memakan buah-buah kopi yang siap untuk dipanen. Luwak hanya memakan buah kopi yang benar-benar sudah matang. Akhirnya biji kopi yang tidak dapat dicernanya keluar secara utuh bersama dengan kotoran-kotorannya.

Namun kini, pandangan tentang luwak sebagai hama di perkebunan kopi berubah 180 derajat. Biji kopi yang masih utuh yang telah dimakan luwah bernilai cukup tinggi. Kopi yang berasal dari kotoran luwak ini walau sedikit menjijikan, tapi setelah diolah, kopi tersebut memiliki rasa dan aroma yang begitu nikmat.

3. Caviar

Hewan Penghasil Benda Bernilai Mahal 2

Caviar adalah telur dari ikan sturgeon. Sturgeon sendiri adalah salah satu hewan yang hampir punah, hal inilah yang menyebabkan telur ikan ini menjadi komoditas yang langka dan mahal. Hanya orang yang sudah kelebihan uang dan bosan dengan makanan biasa saja yang rela mengeluarkan uang untuk mengkonsumsi makanan ini.

Satu porsi dari telur ikan ini bernilai hingga jutaan rupiah dan sebenarnya tidak membuat kenyang perut yang mengkonsumsinya. Hanya saja, tingkat kelangkaan ikan yang menghasilkannya sangat tinggi sehingga bernilai jual fantastis.

4. Mutiara

Hewan Penghasil Benda Bernilai Mahal 3

Sudah bukan rahasia lagi jika mutiara adalah perhiasan idaman kaum hawa dengan harga selangit. Bentuknya yang anggun mengkilap sangat menarik perhatian. 

Mutiara berasal dari hewan bernama kerang. Kerang merupakan moluska bercangkang yang mampu menghasilkan mutiara secara alami. Kerang juga tergolong ke dalam famili Pteriidae, kelompok moluska yang memang berkemampuan menghasilkan mutiara.

5. Sutra

Hewan Penghasil Benda Bernilai Mahal 4

Pernahkah kalian mengenakan baju yang terbuat dari sutra? Rasanya pasti lebih nyaman daripada kain biasa pada umumnya. Kain sutra yang dihasilkan dari serat protein alami larva murbei memang memiliki tekstur lembut, mulus, dan tidak licin.

Selain kain yang dihasilkan bagus, proses pembuatan dari pemanenan kepompong larva murbei hingga menjadi baju yang bagus membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit pula.


Nah, itulah sederet benda dengan nilai fantastis yang mampu dihasilkan oleh hewan. Apakah Kalian mau mencoba untuk membudidayakannya?

Ayo mulai berdiksusi