HypeNewsViral

Gempa 7,4 SR, Inilah Kronologi Lengkap Tsunami yang Melanda Donggala, Palu dan Mamuju!

Dafunda Gokil –  Kemarin, tepatnya pada hari Jumat tepat pada tanggal 28 September 2018. Bencana alam Gempa bumi kembali melanda wilayah Indonesia tepatnya di kota Palu. Tidak hanya itu, gempa berkekuatan 7,4 skala Richer itu disusul oleh Tsunami yang sangat mengerikan.

Perkiraanya, Tsunami tersebut bisa mencapai tinggi 3 meter. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, tsunami yang muncul akibat gempa tersebut masuk level siaga dengan ketinggian setengah meter hingga maksimum 3 meter.

“Gempa bumi tersebut menimbulkan tsunami dengan level siaga yakni ketinggian lebih dari setengah meter maksimum 3 meter, waktu (air) tiba 17.22 WIB, sehingga waktu mengumumkan gempa BMKG juga mengumumkan peringatan dini tsunami,” katanya dalam jumpa pers di kantor BMKG”

Ia juga mengatakan selain peringatan dini tsunami, BMKG juga melakukan pemantauan naiknya muka air laut. Dari hasil pengamatan, terlihat adanya kenaikan muka air laut setinggi 6 cm, pada pukul 17.13 WIB. Setelah terjadi beberapa lama, pihaknya terus memantau.

Dan dengan surutnya air tersebut, peringatan dini Tsunami diakhiri pada pukul 17.36 Wib. Memang benar adanya Tsunami, seperti video yang tersebar di media sosial. Dan Indonesia belum lama ini dilanda bencana alam yang sangat banyak. Semoga Allah selalu melindungi kita dan dimanapun kita berada.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment