FaktaViral

Hewan Surga, Inilah 4 Fakta Mengejutkan Kambing Ganti Ismail Ketika Disembelih oleh Nabi Ibrahim!

Dafunda Gokil– Nah sekarang rakyat di Indonesia sedang merayakan hari raya eid Adha. Nah, pada hari raya ini, banyak banget hal spesial yang ditunggu – tunggu oleh umat Muslim di dunia ini. Seperti halnya pemotongan hewan kurban. Hal ini dilakukan pasalnya untuk mengenang peristiwa nabi Ibrahim A.s menyemblih anaknya yaitu nabi Ismail A.s. Nah dihari yang spesial ini umat Muslim yang mampu dianjurkan untuk berkurban kambing ataupun sapi.

Nah berbicara mengenai hal itu, apakah kalian tahu tentang fakta seekor kambing yang mengantikan nabi Ismail saat disembelih oleh nabi Ibrahim A.s. Ternyata kambing itu bukanlah hanya binatang biasa – biasa loh. Seperti halnya kambing ini pernah yang dikurbankan oleh anak nabi Adam, Habil.  Tidak hanya itu, beriktu fakta – fakta menariknya. Di bawah ini.

Hewan Surga, Inilah 4 Fakta Mengejutkan Kambing Ganti Ismail Ketika Disembelih oleh Nabi Ibrahim!


1. Hewan sama seperti yang dikorbankan Habil

Hewan Surga, Inilah 5 Fakta Mengejutkan Kambing Ganti Ismail Ketika Disembelih Oleh Nabi Ibrahim! Habil Dan Qabil

Apakah kalian tahu cerita tentang anak nabi Adam yang bernama Qabil dan Habil. Meski keduanya merupakan putra Nabi, mereka punya pribadi yang berlawanan. Habil adalah pria baik-baik, sedangkan Qabil punya sifat yang buruk. Ketika keduanya memperebutkan saudara perempuan yang akan mereka nikahi bernama Labuda. Karena pertikaian tak kunjung usai, Nabi Adam menyuruh keduanya berkurban.

Nah karena sifatnya, Habil sebagai orang baik mempersembahkan kambing yang gemuk dan layak, sedangkan Qabil hanya menyiapkan bahan pangan (gandum) dengan kualitas kurang bagus. Dari pengurbanan ini, Allah menerima hewan yang dipersembahkan Habil, untuk kemudian dibawa ke surga oleh Jibril AS dengan cara disambar api.


2. Bentuk fisik Kambing yang spesial!

Hewan Surga, Inilah 5 Fakta Mengejutkan Kambing Ganti Ismail Ketika Disembelih Oleh Nabi Ibrahim! Kambing Spesial

Banyak sekali para ulama menyebut bentuk fisik dari kambing penganti nabi Ismail ini. Sang kambing diceritakan berfisik besar, seperti yang dikisahkan pada surat Ash Shaffat ayat 107 tadi. Dalam ayat tersebut hanya dijelaskan dengan sembelihan yang besar, kalimat ini bisa ditafsirkan sebagai hewan besar, ada juga yang menyebutnya sebagai kambing kibasy. Meskipun disebut kambing besar, tapi tentu tidak diketahui secara pasti seberapa ukurannya.


3. Hewan kurban yang dibawa dari surga oleh Malaikat Jibril

Hewan Surga, Inilah 5 Fakta Mengejutkan Kambing Ganti Ismail Ketika Disembelih Oleh Nabi Ibrahim! Hewan Surga

Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, hewan kurban yang menggantikan nabi Ismail adalah binatang kurban Habil yang berasal dari surga. Ia sendiri dibawa oleh malaikat jibril, sesuai dengan tugasnya sebagai penyampai wahyu kepada para nabi dan rosul. Penjelasan mengenai Ismail yang digantikan dengan hewan kurban ini dijelaskan oleh Al-quran (Ash-Shaffat: 107).


4. Salah satu hewan Surga

Hewan Surga, Inilah 4 Fakta Mengejutkan Kambing Ganti Ismail Ketika Disembelih Oleh Nabi Ibrahim! Kambing Surga

Yang terakhir adalah fakta tentang bahwa kambing adalah salah satu hewan yang akan masuk surga nantinya. Seperti yang diriwayatkan, kambing akan masuk surga dan banyak sekali mendapatkan kenikmatan, tapi dimana tempat pastinya? Hanya Allah lah yang tahu. beberapa hewan dalam cerita nabi juga dikatakan akan masuk surga. Misalnya seperti anjingnya Ashabul Kahfi, unta nabi Soleh dan banyak lagi. Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua amin.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment