RIP Musical.ly, Bytedance Technology Co Resmi Tutup Aplikasi itu Demi Tiktok

in , , ,
Musical.ly Ditutup Dafunda Gokil (Muhammad Solihin)

Dafunda Gokil – Sebelum pesatnya kepopuleran Tiktok, tentu kalian akan tahu bahwa Aplikasi yang mempunyai fitur sama dengan Tiktok sudah ada terlebih dahulu dengan pengguna yang lebih banyak sebelumnya, yaitu Musical.ly. Dan entah kabar buruk atau baik, pada tanggal 1 Agustus kemarin Perusahaan China pemilik aplikasi TikTok yaitu Bytedance Technology Co resmi menutup aplikasi yang mereka akusisi beberapa waktu lalu yaitu Musical.ly.

Musical.ly sendiri adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat sebuah Video pendek berisi kegiatan bernyanyi atau menari dengan diiringi lagu-lagu terkenal juga banyak fitur yang memberikan efek khusus lalu diunggah ke akun aplikasi Musical.ly dan bisa ditonton banyak orang.

Bytedance Technology Co Resmi Tutup Aplikasi Musical.ly Demi Tiktok

Alasan utama Bytedance Technology Co menutup Musical.ly sendiri adalah bahwa mereka ingin memindahkan para pengguna Musical.ly agar menjadi 1 alias Migrasi ke aplikasi Tiktok yang kualitas Konten dan fitur-nya jauh lebih lengkap. Tahukah kamu? Musical.ly sendiri senilai US$1 Miliar atau setara dengan 14,4 Triliun rupiah terhitung dari bulan Desember 2017 lalu.

  • Yang harus kalian tahu! Bytedance Technology Co bukanlah pemilik pertama, melainkan pihak pengakusisi.

https://www.youtube.com/watch?v=yaKOGRAmw_w

https://www.youtube.com/watch?v=iF24yjw2d-4

Tiktok sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, 2 tahun setelah Musical.ly yang dirilis tahun 2014 silam. Dari data yang terkumpul sebelum resmi digulungkan, dilansir oleh Bytedance Technology Co sendiri mereka mengatakan bahwa Musical.ly lebih populer dan mempunyai banyak pengguna di kalangan remaja Amerika dan Eropa, sementara TikTok terkenal di kalangan pemuda Asia, termasuk Indonesia.

Bytedance Technology Co – “Tiktok lebih mencerminkan luasnya konten yang dibuat di Platform kami yang lebih dari sekadar musik untuk Komedi, Seni Pertunjukan, dan banyak lagi.”

Mereka mengumumkan dengan jelas bahwa Musical.ly benar-benar ditutup dan akan ditiadakan secara Permanen. TikTok sendiri sempat diblokir untuk sementara beberapa waktu lalu di Indonesia karena dianggap berisi banyak konten yang tidak pantas.

Alex Zhu (Co-founder Musical.ly) & Wakil Presiden senior TikTok – “Menggabungkan Musical.ly dan TikTok adalah hal yang seharusnya dilakukan, mengingat misi bersama dari kedua platform itu, yaitu untuk menciptakan sebuah komunitas di mana setiap orang dapat menjadi seorang pencipta.”

Bytedance Technology Co juga telah mengumumkan bahwa mulai bulan November nanti, mereka akan membantu para pengguna dan Pengiklan memasuki pasar baru. Mereka juga mengatakan bahwa semua akun dan konten pengguna dari Musical.ly akan dipindahkan ke aplikasi TikTok saat meng-Update aplikasi versi terbaru nanti. Musical-ly Ditutup secara resmi.