Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama di Indonesia

in ,
Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama Di Indonesia Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Sebagai manusia yang menjalani hidup dengan beragama, pasti bertanya-tanya bagaimana akhir dari kehidupan. Ada agama yang menerangkan bahwa akhir hidup kita adalah di surga atau neraka, ada juga yang tidak ada surga dan tidak ada neraka.

Bagi yang agamanya menjelaskan akan masuk surga, pasti membayangkan bagaimana bentuk surga atau gambaran surga maupun neraka kelak, padahal pasti akan jauh berbeda atau lebih indah daripada yang bisa kita bayangkan atau gambarkan.

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama Di Indonesia Dafunda Gokil

Jika misalnya kita beragama islam, pasti juga ingin mencari tahu bagaimana gambaran surga dalam islam itu sendiri, surga dalam agama kristen, surga dalam agama yahudi, surga dalam agama hindu maupun surga dalam agama budha.

Kelima agama ini ternyata punya definisi arti surga yang berbeda-beda. Nah, berikut ini Perbedaan Surga Menurut 5 Agama di Indonesia, mohon maaf untuk agama konghucu belum bisa dicantumkan. Karena kami tidak menemukan arti definisi surga itu sendiri. Penasaran? Cek di bawah ini.

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama di Indonesia

1. Heaven – Kristen

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama Di Indonesia Heaven Kristen

Tujuan akhir kehidupan menurut agama Kristen hampir sama dengan tujuan akhir hidup menurut agama Yahudi, yaitu adanya kerajaan Allah di Bumi ini. Yesus Kristus adalah kepala kerajaan itu. Heaven (Kerajaan Surga) adalah kehidupan kekal yang dijanjikan Yesus kepada orang-orang yang percaya kepadanya.

Istilah surga dipakai penulis al-kitab merujuk kepada tempat yang qudus, di mana Allah berada saat ini. Kehidupan kekal, ciptaan yang sempurna, tempat di mana Allah menghendaki untuk tinggal secara permanen dengan ummatnya.

Tidak ada lagi perpisahan antara Allah dan manusia. Orang-orang beriman sendiri akan hidup dengan kemuliaan, dibangkitkan dengan tubuh yang baru, tidak ada penyakit, tidak ada kematian dan tidak ada air mata.


2. Gan Eden – Yahudi

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama Di Indonesia Gan Eden Yahudi

Sebenarnya bagi Orang Yahudi itu, tidak ada yang namanya surga atau neraka. Dan tempat kembalinya hanya kepada Tuhannya.

Tujuan akhir kehidupan menurut agama Yahudi adalah pembaharuan pemerintahan Yahweh atas kerajaan duniawi dengan seorang mesies duniawi atau utusan Tuhan yang akan datang ke bumi sebagai kepala kerajaan.

Barang siapa di dunia memelihara Torrah, akan masuk surga ke taman eden. Dan barang siapa tidak memelihara Torrah, ia menuju tempat hukuman yang disebut Gehinom.

Gan Eden adalah bahasa Ibrani yang berarti Taman Eden, adalah tempat spiritual terakhir yang diyakini umat Yahudi. Tempat di mana jiwa dari orang-orang benar-benar hidup abadi bersama Tuhan.

Penggunaan istilah Eden sebagai tempat yang sangat menyenangkan mungkin berhubungan dengan istilah yang sama dalam bahasa Ibrani untuk kata kesenangan atau kemewahan.

Dijelaskan bahwa Eden merupakan tempat tumbuhnya pohon kehidupan, merupakan tempat yang berlawanan dengan Gehinom(tempat penghukuman terakhir), yakni tempat di mana para pendosa akan mensucikan diri dari dosa-dosa yang mereka lakukan.

Yang disebutkan, bahwa kebanyakan pendosa tinggal di sini selama 12 bulan. Namun para pendosa besar, tidak akan pernah keluar.


3. Swarga – Hindu

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama Di Indonesia Swarga Hindu

Menurut agama Hindu, surga berasal dari kata Svar (cahaya) dan Ga (pergi). Dengan demikian, swarga diartikan dengan pergi menuju cahaya.

Mengutip dari wededen upanishad, dijelaskan bahwa surga adalah dunia ke-3 yang penuh cahaya, di mana cahaya matahari, bulan dan bintang tidak ada artinya apa-apa dibandingkan cahaya yang dipancarkan swarga.

Surga dalam agama Hindu merupakan suatu tempat sementara bagi jiwa yang penuh dengan pahala namun belum cukup suci untuk mencapai Moksha.

Setelah menikmati surga sesuai pahala yang dimilikinya, jiwa tersebut akan kembali mengalami proses reinkarnasi untuk mencapai kesucian jiwa dan mencapai moksha.

Kesimpulannya, surga adalah kesenangan sementara. Sedangkan kebahagiaan yang sejati adalah Moksha, yakni bersatunya Atman (jiwa) dan Brahman (yang bersifat kekal).


4. Alam Bahagia – Buddha

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama Di Indonesia Alam Bahagia Buddha

Menurut agama Buddha, alam surga atau alam bahagia juga ada di dunia ini, bukan suatu tempat yang ada di luar dunia. Disebutkan ada 6 tingkat alam surga dan 16 tingkat alam brahma serta 4 tingkat alam arupa.

Kesemuanya itu adalah merupakan alam yang dapat dicapai seseorang dengan bekal perbuatan baiknya selama menjadi manusia terlepas dari agama apapun yang diikutinya.

Sedangkan alam brahma dan arupa bukan hanya dicapai hanya dengan melakukan kebajikan, melainkan juga dengan latihan meditasi.

Seseorang yang bermeditasi sehingga ia mampu menjadi Rupa Jhana dan Arupa Jhana, maka setelah meninggal dunia, ia akan terlahir di alam brahma tersebut.

Tujuan akhir manusia menurut agama Budha adalah Nirwana yang berasal dari bahasa Sansekerta Nirvanaji/Nibbana.

Kata ini sebenarnya berarti padang, bukan tidak ada. Namun dalam pengertian yang lebih dalam, Nibbana adalah kebahagiaan tertinggi atau suatu keadaan kebahagiaan abadi yang luar biasa.

Kebahagiaan Nibbana tidak dapat dialami dengan memanjakan indra, melainkan dengan menenangkannya. Nibbana bukanlah suatu tempat, bukanlah suatu keadaan atau ketiadaan dan Nibbana bukanlah suatu surga.

Tidak ada kata yang cocok untuk menjelaskan Nibbana ini. Ibarat Nibbana ini api, yakni api itu ada, namun api itu tidak dapat disimpan di suatu tempat tertentu.


5. Al – Jannah – Islam

Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Surga Menurut 5 Agama Di Indonesia Alam Bahagia Al Jannah Islam

Al jannah sendiri banyak dijelaskan di Al-Qur’an dan hadits Rasulullah SAW. Di antaranya yaitu al-Qur’an surat Ali Imran ayat 133, al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 25.

Rasulullah juga pernah mengutip firman Allah dalam hadits qudsiy yang artinya “Aku telah menyiapkan bagi hambaKu yang shaleh sesuatu yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga dan tidak pernah terbesit dalam benak seseorang.

Hal ini berarti gambaran visual tentang surga akan jauh lebih indah dari bayangan atau ilustrasi yang kita pikirkan selama ini walaupun banyak keterangan yang menyebutkan bahwa penghuni surga akan mendapat kesenangan yang luar biasa.

Seperti misalnya rumah atau istana yang terbuat dari emas, bidadari, aneka makanan-minuman, dan apapun yang diinginkannya, seperti yang dijelaskan al-Qur’an surat az-Zukhruf ayat 71.

Dalam agama Islam, terdapat tingkatan dan nama surga itu sendiri. Masing-masing akan diberikan sesuai tingkat ketaqwaannya.

Namun bagi mereka yang mempunyai anak-anak yang sholeh dan dido’akan oleh anak-anaknya, mereka akan dipertemukan dan dikumpulkan oleh Allah walaupun tidak sama derajatnya sebagaimana tertulis dalam al-Qur’an surat at-Thur ayat 21.


Nah itulah perbedaan Surga menurut 5 agama di Indonesia. Tentu setiap agama mengajarkan kebaikan dan ketaq’waan. Jika ada surga, tentu pasti ada neraka yang dibuat khusus untuk orang – orang yang tak beriman semasa hidupnya.

Dan orang – orang yang sangat beriman akan hidup kekal di Surga nanti. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan tentang agama kita masing – masing.

Source: Youtube Crash Official Channel

Ayo mulai berdiksusi