Inilah 7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan dari Seluruh Dunia, Kamu Termasuk yang Mana?

in , , ,
7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan Dari Seluruh Dunia Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Jika membahas topik tentang Hacker, pasti yang terlintas di kepala kalian itu hal-hal mengerikan dan yang mungkin kalian anggap keren tentang seseorang atau kelompok yang bisa membobol Rekening siapapun untuk mendapatkan Uang, membobol Website atau bahkan berpikir bahwa Hacker itu pandai dalam mengambil alih akun Sosial Media seperti Facebook atau Instagram.

Dan sebenarnya! semua itu berkaitan tetapi tidak sepenuhnya benar atau bahkan tidak semudah yang kalian bayangkan, karena jika berani memasuki dunia seperti orang-orang yang dikategorikan Hacker, berarti berani mengambil resiko untuk berurusan dengan pihak kepolisian hingga FBI.

Maka dari itu, biar Wawasan kalian-kalian semua tentang Hacker terbuka lebih lebar, berikut adalah 7 tingkatan Hacker paling mengerikan dari seluruh Dunia, termasuk Indonesia. Pahami dengan betul-betul ya.

7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan dari Seluruh Dunia

1. Script Kiddies

7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan Dari Seluruh Dunia Dafunda Gokil

Ha, Script Kiddies? apa itu Script Kiddies? Golongan atau kategori ini adalah seseorang dengan golongan yang katakanlah seorang pemula (Newbie) yang bisa meretas Website atau sistem lain dengan menggunakan Program, skrip ataupun Tools yang sudah dibuat oleh para Hacker terdahulu dan berpengalaman sebelumnya. Biasanya sih, kategori ini biasa Show-of atau katakanlah suka pamer di Sosial Media.

2. Hacking Group

Apa Itu Deface Dafunda Gokil

Jika di nomor pertama tadi dilakukan oleh personal atau hanya tunggal, kategori kedua adalah kumpulan orang-orang yang juga adalah para Script Kiddies yang bersatu untuk mewujudkan sebuah tujuan tertentu. Dan ada 3 jenis kategori Hacking Group, masing-masing adalah:

  • Defacer. Apa itu Defacer? mereka adalah kelompok yang memiliki kemampuan meretas untuk mengubah tampilan Website dengan sebuah tujuan tertentu, misalnya untuk menunjukkan eksistensi kelompok atau bentuk untuk menyuarakan Aspirasi.
  • Cracker. Apa itu Cracker? mereka-mereka ini biasanya melakukan keahlian mereka untuk menguji seberapa kuat keamanan semua sistem. golongan ini adalah kelompok yang tidak fokus untuk melakukan penyerangan ke suatu Website, melainkan hanya bertujuan untuk mencari celah dan kelemahan suatu Software berbayar agar dapat digunakan secara bebas dan gratis. Saya yakin kamu pernah atau sering melakukan tindakan Crack untuk mendapatkan akses full terhadap sebuah Software penting.
  • Carder. Apa itu Carder? tingkatan ini adalah kelompok yang sudah termasuk peretas yang melakukan tingkat Kriminal tinggi. Mereka yang dikategorikan sebagai Carder, adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk melakukan peretasan toko-toko Online bahkan Bank. Contoh kasus paling umum saja adalah para Carder yang meretas toko online atau bank, lalu mereka mendapatkan informasi Kartu Kredit pelanggan tempat tersebut agar dapat digunakan untuk berbelanja barang lain yang mereka butuhkan, jika kamu punya teman yang bisa melakukan Carding! jangan ikut-ikutan yah, karena itu suatu tindakan Kriminal tingkat tinggi.

3. Hacktivist

7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan Dari Seluruh Dunia Dafunda Gokil

Apa itu Hacktivist? mereka-mereka yang termasuk golongan ini adalah sekumpulan orang dengan kemampuan yang mempunyai Visi dan Misi yang sama. Rata-rata orang-orang seperti mereka mempunyai keahlian, kemampuan dan pengalaman yang sangat tinggi. Dan yang mengerikan dari kelompok ini adalah, bahwa mereka biasa menggelar aksinya dengan tujuan menyerang Politis dan Sosial.

4. Black Hat Professionals

Woah! ini sudah masuk ke golongan yang super mengerikan sob, orang-orang yang masuk golongan Black Hat Professionals ini adalah kelompok yang mahir dalam hal Coding, yaitu mempunyai Skill Pemrograman tinggi. Mereka yang termasuk kategori ini, benar benar bertindak secara Anonim. Sangat sulit dimusnahkan atau juga ditemui dengan mudah. Golongan seperti mereka akan terus tumbuh dan berkembang setiap waktu.

5. Organized Criminal Gangs

7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan Dari Seluruh Dunia Dafunda Gokil

Naik 1 tingkat dari Black Hat Professionals, golongan dengan nama Organized Criminal Gangs adalah kelompok yang sangat Berbahaya! karena orang-orang seperti mereka ini bertindak secara langsung dan berkaitan langsung dengan Gang Kriminal. Selain jago dalam Coding, mereka juga pintar dalam menyamarkan Identitas dan bisa saja, orang-orang yang dikategorikan ini ada di sekitar kamu sekarang.

6. Nation States

7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan Dari Seluruh Dunia Dafunda Gokil

Naik setingkat lagi Organized Criminal Gangs. Kali ini yang lebih mengerikan lagi disebut Nation States, Hacker dengan kategori ini berasal dari kelompok yang lebih Terorganisasi dan terselubung. Orang-orang yang masuk dalam kategori Hacker tingkat Nation States, memiliki kemampuan yang dalam aksinya, mereka mengincar Infrastruktur penting dari suatu Negara seperti Database dan informasi milik Pemerintah, Publik, Finansial dan bahkan Militer.

7. The Automated Tool

7 Tingkatan Hacker Paling Mengerikan Dari Seluruh Dunia Dafunda Gokil

Katakanlah Hacker level dewa! orang-orang yang mempunyai kemampuan dan disebut The Automated Tool. adalah mereka-mereka yang bisa membuat sebuah Virus berbahaya yang dapat menginfeksi sebuah Website atau bahkan juga program untuk perangkat Elektronik tertentu. Dan beberapa waktu lalu, sebuah serangan Virus mengerikan telah terjadi yang mungkin tidak asing bagi kamu yaitu WannaCry Ransomware Attack.

Itulah bahasan dari topik terkait apa itu Script Kiddies, apa itu Hacking Group, apa itu Defacer, apa itu Cracker, apa itu Carder, atau bahkan mengenal sendiri apa itu Hacker. Oh iya, sebenarnya sendiri penjelasan singkat untuk menjelaskan apa itu Hacker adalah mereka itu para Peretas (awalnya orang biasa) yang berani mempelajari, menganalisis, memodifikasi, dan bahkan menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau hanya motivasi sebagai sebuah tantangan.

Itulah ke-7 tingkatan Hacker paling mengerikan dari seluruh Dunia, yang juga ada di Indonesia. Jika kamu punya sebuah pendapat atau sesuatu yang ingin disampaikan ke-Dafunda Gokil terkait topik ini, langsung tulislah lewat kolom komentar, berikan React suka terhadap artikel ini jika kamu senang dengan bahasan ini.

Ayo mulai berdiksusi