Bak Film The Lion King, Inilah 4 Wisata Savana yang Ada di Indonesia

in , ,
Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Menjelajahi alam liar mungkin bukanlah suatu agenda wisata yang banyak digandrungi oleh sebagian orang. Namun bukan berarti berlibur menghabiskan waktu dengan berkunjung ke tempat wisata alam liar, khususnya savana tidak menarik untuk dilakukan.

Wisata alam liar memang identik dengan hutan-hutan yang berbahaya dan padang savana yang dikelilingi hewan buas atau predator. Hal ini tentunya menjadi pilihan yang sangat sulit. Namun, bagi kalian yang penasaran dengan wisata alam liar, ternyata Indonesia memiliki beberapa destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi.

Tidak hanya menikmati keindahan alam yang memikat dengan mengunjungi tempat wisata alam liar, kalian juga akan menemukan hewan-hewan langka yang keberadaannya menuju punah. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengunjungi tempat wisata alam liar ini untuk memberikan pengalaman dalam hidup kalian.

Nah, kali ini Dafunda Viral akan menjabarkan beberapa wisata alam savana yang ada di Indonesia. Kalau ketemu, pasti serasa sedang berada dalam film live action “The Lion King”.

4 Wisata Savana Terbaik yang Ada di Indonesia

Savana Puru Kambera

Wisata di Sumba ini seolah-olah akan membawa kalian ke Afrika atau bahkan masuk ke scene “The Lion King”. Alasan sebagian wisatawan yang datang ke destinasi ini adalah hunting foto atau melihat tingkah kuda liar. Apalagi jika sedang musim kemarau, kamu pasti bakal ketemu deh sama kuda liar Sumba.

Letak savana ini sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Waingapu. Untuk bisa sampai ke sini, kalian perlu membawa kendaraan pribadi atau sewa. Soalnya nggak ada angkutan umum yang menuju ke sini.

Perlu diingat, meski bukan di Afrika asli, suhu di Savana Puru Kambera saat musim kemarau bisa super panas loh. Jadi, jangan lupa bawa minum dan perlengkapan lain untuk melindungi kalian dari terik matahari ya!

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran Yanuar
Taman Nasional Baluran Yanuar

Kamu kepingin banget ke Afrika tapi budget belum mencukupi? Tenang saja karena Taman Nasional Baluran tak kalah indahnya. Destinasi wisata ini memang dijuluki “Africa Van Java” karena memiliki berapa satwa liar seperti banteng, rusa, ular kerbau, monyet ekor panjang, dan burung merak.

Pengelolaan wisata savana ini pun dilakukan sealami mungkin. Selain objek wisata, juga banyak penelitian hingga budidaya yang dilakukan di tempat ini.

Baobab Safari Resort

Destinasi yang satu ini berupa penginapan yang ada di dalam kompleks Taman Safari Prigen, Pasuruan. Konsepnya memang beda dari beberapa wisata Indonesia di atas, tapi saat berada di sini, kalian tetap serasa ada di Afrika kok.

Dari kamar penginapan, kalian bisa langsung melihat tingkah hewan-hewan seperti kuda nil, banteng Afrika, jerapah, pelikan, burung unta, kerbau Afrika, sampai rusa. Bahkan mereka yang menginap bisa juga memberi makan langsung satwa tersebut dan di bawah pengawasan petugas.

Savana Tianyar

Savana Tianyar
Savana Tianyar

Nama Savana Tianyar bagi sebagian besar orang mungkin masih asing. Meski begitu, tempat wisata di Bali ini penuh pesona. Apalagi saat musim kemarau, karena pemandangan yang bakal tersaji mirip seperti di Afrika.

Ajaibnya, kamu akan merasakan hal yang berbeda dari Savana Tianyar saat musim penghujan. Bukan seperti Afrika, tapi panorama yang bakal kamu saksikan seperti New Zealand. Wah, bisa ngerasain dua tempat dalam satu kali jalan nih.


Nah, itulah 4 wisata savana di Indonesia yang bikin serasa di scene film “The Lion King”. Dengan menjelajah wisata alam liar, kalian bisa semakin mencintai lingkungan dan alam Indonesia yang indah. Sebelum menjelajah luar negeri, kalian bisa mampir ke tempat wisata yang ada di Indonesia terlebih dahulu.