Inilah 4 Daftar Team Esports CS:GO dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 2019

in ,
Daftar Team Esports CS GO Dengan Pendapatan Terbesar Di Tahun 2019

Tidak bisa dipungkiri, jika perkembangan industri Esports saat ini bisa dibilang sudah sangat berkembang. Saat ini sudah banyak organisasi Esports yang muncul dan menghasilkan uang yang bisa dibilang cukup besar.

Esports yang kini menjadi fenomena global, ternyata bermula dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh suatu komunitas, dan hanya berhadiahkan sebuah majalah.

Sama halnya dengan email yang merupakan singkatan dari electronic mail. Esports sendiri adalah singkatan dari electronic sports, yaitu olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh profesional.

Beberapa waktu lalu, esports sama sekali tidak dikenal. Akan tetapi, sekarang ini fenomena esports terus berkembang dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan. Mulai dari gamers, media, hingga perusahaan-perusahaan besar yang sama sekali tidak bergerak di bidang esports.

Counter-Strike: Global Offensive atau biasa kita kenal CS:GO menjadi salah satu game dengan perkembangan Esports yang cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya turnamen CS:GO yang telah diselenggarakan selama tahun 2019 ini.

Dari sekian banyak organisasi Esports dan tim CS:GO yang ada saat ini, berikut adalah 4 organisasi Esports CS:GO dengan pendapatan yang paling banyak dari turnamen di tahun 2019 ini:

Berikut Daftar Team Esports CS:GO dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 2019

1. Astralis

Astralis
csgomajor.starladder.com

Organisasi Esports CS:GO dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 2019 yang pertama adalah Astralis. Astralis adalah salah satu organisasi Esports CS:GO yang bisa dibilang sangat kuat, hingga saat ini Astralis sendiri berada di peringkat pertama sebagai tim CS:GO terbaik versi HLTV dan ESL.

Di tahun 2018, Astralis dapat meraih total 52,5 miliar rupiah. Dan untuk pemain mereka, apa yang mereka dapat dari kemenangan ini belum termasuk gaji pokok, bonus, tunjangan, dan pendapatan dari sticker, dan sebagainya.

Untuk tahun 2019 sendiri, tim yang beranggotakan Xyp9x, dupreeh, gla1ve, device, dan Magisk tersebut saat ini sudah memiliki pendapatan sebesar USD8.067.634 atau setara dengan Rp112 miliar

2. Fnatic

Fnatic
win.gg

Organisasi Esports CS:GO dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 2019 yang kedua adalah Fnatic. Meskipun tidak termasuk tim CS:GO yang memiliki kemampuan sehebat Astralis, Fnatic saat ini menjadi salah satu organisasi Esports CS:GO dengan jumlah pendapatan yang cukup besar.

Tim yang beranggotan flusha, JW, KRIMZ, Golden, dan juga Brollan ini diketahui telah mencatatkan pendapatan sebesar USD5.064.614 atau setara dengan Rp70 miliar di sepanjang 2019.

3. Team Liquid

Team Liquid
esportsinsider.com

Organisasi Esports CS:GO dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 2019 yang ketiga adalah Team Liquid. Team Liquid sendiri sebenarnya sudah lama terbentuk. Organisasi ini berdiri pada tahun 2000 di Belanda dan berfokus pada StarCraft. Barulah divisi Dota 2 masuk pada tahun 2012, dan waktu itu masih berpusat di Amerika Serikat.

Seperti yang kita ketahui, Team Liquid adalah sebuah nama organisasi esports yang sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan prestasi-prestasinya.

Team Liquid mempunyai tim di League of LegendsCS:GO, Dota 2, StarCraft2, Fortnite, Rainbow Six Siege, Clash Royale, PUBG, Apex, Hearthstone, Smash Melee, Smash Ultimate, Street Fighter V, Tekken, Quake, dan Team Fight Tactics.

Namun untuk tim CS:GO, Team Liquid yang beranggotakan ELIGE, NAF, nitr0, Stewie2k, dan Twistzz tersebut meraih pendapatan sebesar USD4.360.812 atau setara dengan Rp61 miliar di tahun 2019 ini.

4. FaZe Clan

FaZe Clan
dexerto.com

Organisasi Esports CS:GO dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 2019 yang terakhir adalah FaZe Clan. Organisasi Esports asal Amerika Serikat ini awalnya hanyalah sebuah gaming clan di YouTube yang saat ini berkembang menjadi sebuah organisasi.

Meskipun saat ini FaZe Clan bisa dibilang sudah tidak terlalu bersinar seperti dulu, organisasi Esports CS:GO ini masih bisa bertahan dengan melakukan perombakan pemain beberapa kali.

Untuk tahun 2019 sendiri, tim yang beranggotakan olofmeister, NiKo, rain, coldzera, dan broky ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar USD3.427.347 atau setara dengan Rp47 miliar.

Sekilas Sejarah CS:GO

Counter Strike menjadi salah satu fenomena global yang menyentuh banyak negara bersamaan dengan “Internet Boom” di awal 2000-an. CS adalah salah satu game yang menjangkau semua khalayak.

Sebuah game yang mengandalkan kerjasama tim namun juga tetap membuka ruang untuk skill individu bersinar, berbeda dengan game-game lain pada masanya yang cenderung tidak team-oriented.

Pada tahun 2003, Valve merilis CS 1.6 melalui Steam dan 1.6 menjadi versi Counter-Strike paling populer hingga 8 tahun. 1.6 dirilis di Steam beta 2.0, pada saat itu Interface steam masih berwarna hijau.

Meskipun Steam menjadi media update paling efektif, banyak pemain justru tetap bermain tanpa Steam untuk Counter-Strike dan membangun berbagai server-server baru.

Jika ada game yang pantas disebut sebagai game paling populer di dunia, Counter-Strike 1.6 adalah kandidat paling kuat. Mungkin popularitas CS mengalahkan game-game console.

Posisi CS 1.6 sebagai salah satu game favorit di kancah kompetisi game internasional tak tergoyahkan hingga awal rilis Global Offensive. Dominasi ini membuat Valve menjadi salah satu developer paling sukses di kancah esports meskipun tidak terlibat secara langsung turun tangan sebelum tahun 2011.

Nah itulah tadi beberapa Organisasi Esports CS:GO dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 2019 serta sejarah singkat mengenai CS:GO. Kira-kira apakah team eSports di atas merupakan team favorit kalian? Skuy berikan tanggapan kalian di kolom komentar ya gais.

Tinggalkan Balasan