Inilah 10 Daftar Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia

in ,
Game Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia

Memiliki predikat sebagai salah satu negara yang penuh dengan kekayaan lokal, Indonesia selalu menjadi perhatian negara-negara di seluruh dunia. Maka wajar jika Indonesia selalu banyak menarik wisatawan untuk berkunjung menikmati kekayaan budaya dan alamnya secara langsung.

Selain itu, banyak unsur-unsur bangsa ini yang turut diaplikasikan ke dalam karya-karya yang mereka buat, salah satunya adalah video game. Sejak kemerdekaannya di tahun 1945, bangsa kita tercinta ini sudah banyak melakukan gebrakan yang menggemparkan dunia.

Mulai dari menjadi tuan rumah dalam Konferensi Asia Afrika dan masih banyak lagi. Negara kita ini sudah banyak menjadi sorotan mata dunia melalui berbagai media, mulai dari media cetak yang sudah ada sejak dulu, hingga media elektronik seperti internet yang kita kenal saat ini.

Namun, apakah kalian tahu kalau game-game dari luar negeri juga sering memasukkan unsur budaya Indonesia di dalamnya?. Sehingga saat dimainkan oleh banyak orang, game-game ini bisa sekaligus mengenalkan budaya Indonesia yang keren.

Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah memainkannya sebab game tersebut termasuk populer dan menantang. Lalu apa saja game-game yang mengandung unsur budaya Indonesia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Game-Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia


1. Arena of Valor

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Yang Pertama adalah Arena of Valor. Main AOV dapet 7M! Rasanya kalian pasti sudah cukup familiar dengan ucapan tersebut, terutama jika kalian sering menonton televisi. 

Arena of Valor adalah gim MOBA yang menantang kalian untuk memandu sesosok jagoan maju berperang ke wilayah musuh sekaligus menyingkirkan basis sang musuh.

Tapi tahukah kalian, salah satu hal unik yang terdapat dalam game ini adalah menawarkan karakter yang sangat kental dengan unsur Indonesia. Ya dia adalah karakter yang diberi nama Wiro Sableng.

Diketahui jika karakter hero tanker Wiro Sableng ini dirilis pada Agustus 2018. Hero Tanker satu ini sangat kuat dengan skill pasif mampu menerima pemulihan health sebanyak 60% di posisi sekarat atau jika terkena immobilize selama 4,5 detik.


2. Mobile Legends

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Yang Kedua adalah Mobile Legends. Mobile Legends menjadi game moba pertama yang membawa karakter hero dengan unsur Indonesia.

Salah satu karakter yang mengandung unsur Indonesia adalah tokoh pewayangan Jawa, Gatotkaca si “Urat kawat, tulang besi”. Keunggulan dari hero Gatotkaca ini berdasarkan komik Garudayana yaitu kemampuan terbang.


3. Far Cry 3

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Yang Ketiga adalah Far Cry 3. Far Cry 3 merupakan sebuah permainan First Person Shooter yang dikembangkan oleh perusahaan terkenal Ubisoft dan sangat disukai oleh komunitas gamers. 

Dalam permainan ini, unsur Indonesia dapat kamu temukan tidak hanya dari tampak latar lingkungan alamnya, tetapi juga dari tampak bangunan-bangunan yang mirip Candi Hindu-Buddha.

Selain itu percakapan masyarakat sekitar dan dari berbagai fauna yang ada di Rook Island, pulau fiktif tempat latar permainan ini. Di game ini kalian bisa bertemu komodo, macan sumatra, burung kasuari, dan banyak hewan lain.


4. Uncharted Drake’s Fortune

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Selanjutnya adalah Uncharted Drake’s Fortune. Game petualangan yang sangat menarik diikuti dan sudah memiliki beberapa seri ini ternyata juga memasukan unsur Indonesia di dalamnya.

Salah satu adegan adalah saat Drake yang merupakan tokoh dalam game tiba-tiba berbahasa Indonesia saat akan mengelabui penjaga pintu yang merupakan orang Indonesia. Salah satu tokoh bajak lautnya yang bernama Eddy Raja juga dikisahkan berasal dari Indonesia.

Terdengar dengan jelas, bahwa Drake sempat berbicara dengan bahasa Indonesia. Meski banyak orang juga bilang bahwa mungkin mereka menggunakan bahasa Melayu, tetapi jika didengarkan lebih seksama, mereka benar menggunakan ejaan bahasa Indonesia.


5. Game Yang Mengadung Unsur Indonesia: DreadOut

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Selanjutnya adalah Dread Out. Dread Out adalah karya anak bangsa Indonesia yang sudah mendunia.

PT. Digital Semantika Indonesia, perusahaan development yang mengembangkan permainan ini ternyata berkantor tidak begitu jauh dari kampus Institut Teknologi Bandung, tempat kuliah yang menelurkan mayoritas anggota tim pencipta game ini.

Hantu-hantu di dalam game ini kebanyakan merupakan hantu asli Indonesia, seperti kuntilanak dan pocong, atau hantu adaptasi dari hantu nusantara, seperti hantu siluman buaya yang menampilkan unsur kebangsaan.

Karena latar belakang para pembuat game ini erat dengan budaya Bandung, maka unsur-unsur kedaerahan terlihat di permainan ini. Selain nama tokoh-tokoh yang lekat dengan budaya Sunda, sebagian latar tempat game ini juga diadaptasi dari lokasi asli di Bandung.

Contohnya seperti sekolah yang dihantui dalam permainan ini diadaptasi dari SMAN 6 Bandung yang ternyata terkenal dengan legenda “Hantu Nancy”.


6. Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tomorrow

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Selanjutnya adalah Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tomorrow. Dalam game ini, tokoh utamanya adalah seorang agen rahasia Amerika Serikat bernama Tom Fisher yang dikirim ke Indonesia untuk membekuk sebuah kelompok teroris dari Indonesia.

Game yang satu ini mengusung tema menarik di mana melakukan pengejaran dan pelacakan terhadap kelompok radikal yang dipimpin oleh Suhadi Sadono. Dilihat dari namanya tersebut sudah jelas mengandung unsur negara ini.

Diceritakan juga bahwa pemimpin organisasi tersebut kabur ke wilayah Indonesia sambil memiliki misi khusus. Hal demikian membuat setting lokasi akan banyak di pulau Nusantara.

Dalam game ini, kita diajak kebeberapa tempat menarik di Indonesia sambil melacak keberadaan Suhadi Sadono di Indonesia. Dirinya ternyata juga ikut dalam suatu projek yang bisa untuk menghancurkan populasi sebuah negara dengan cepat.


7. Metal Gear Solid 4

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Selanjutnya adalah Metal Gear Solid 4. Dalam game ini terdapat karakter yang bernama Raging Raven. Raging Raven merupakan salah satu tokoh antagonis di game Metal Gear Solid 4.

Tak disangka, anggota dari Beauty and The Beast unit ini merupakan gadis keturunan Indonesia lebih tepatnya ia merupakan gadis keturunan Aceh. Akibat memiliki trauma yang dalam membuat Raging Raven memiliki amarah yang tidak bisa padam. 

Hasilnya dia pun bergabung dengan Beaty and The Beast Unit sebagai salah satu penyerang udara terbaiknya.


8. Tekken Tag Tournament 2

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Selanjutnya adalah Tekken Tag Tournament 2. Permainan yang mengusung pertarungan satu lawan satu ini ternyata juga memiliki nuansa Indonesia. Hal itu dapat terlihat di salah satu stage bertanding yang mana tempat pertarungan tersebut memiliki background wayang kulit di dalamnya.

Selain itu lantunan lagunya pun disertai gamelan yang merupakan alat musik khas Nusantara. Tekken Tag Tournament 2 adalah seri ke delapan dari game Tekken dan dirilis pada 14 September 2014.


9. Just Cause 2

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Selanjutnya adalah Just Cause 2. Game open world aksi petualang yang mirip seperti game GTA ini dirilis pada 2010 oleh penerbit Eidos Interactive dan dikembangkan oleh Avalanche Studios.

Game satu ini banyak di sukai oleh gamers karena memiliki peta yang luas membuat pemainnya bebas menjelajahi sambil berperang.

Jika kalian lihat pada video di atas, game ini memiliki latar yang menunjukkan pulau dan beberapa tempat di Indonesia seperti Bukit Gila Pangkat dan Kamp Bukit Tinggi. Bahkan dalam game ini juga ada karakter yang bernama Bolo Santosi dan Bahtiar Saleh.


10. Civilization VI

Game Keren Yang Mengandung Unsur Indonesia Selanjutnya adalah Civilization VI. Di dalam game Civilization VI unsur Indonesia ini terdapat pada DLC mereka yang bernama Civilization VI – Khmer and Indonesia Civilization & Scenario Pack yang dirilis pada 20 Oktober 2017. 

Civilization adalah game strategi yang populer yang sudah terjual sebanyak 8 juta kopi di seluruh dunia dan menghasilkan USD 576,1 Juta atau sekitar Rp 8,7 Triliun.

Pada DLC yang mengandung unsur Indonesia tersebut mengadaptasi peradaban di masa lampau Indonesia yaitu saat kerajaan Majapahit. Pemain akan menjadi Dyah Gitarja seorang ratu kerajaan yang sedang menuju kejayaannya.


Nah, itu dia beberapa video game yang tanpa sadar ternyata sedang mengenalkan budaya Indonesia di mata dunia. Semoga Indonesia di mata dunia semakin berkembang ya!

Tetap terus kunjungi Dafunda Game untuk mendapatkan rekomendasi dan berita menarik lainnya seputar dunia game.

Ayo mulai berdiksusi