Setelah Server Ditutup, PS4 Dipastikan Tidak Dapat Mainkan Game Lagi

in , , ,
Ps4
PS4 | Sony

PlayStation 4 merupakan sebuah perangkat current-gen dari Sony yang sudah berumur cukup tua. Ya benar, konsol tersebut pertama kali rilis pada tahun 2014 lalu. Artinya sudah 7 tahun konsol tersebut menemani para penggunanya.

Saat ini ada sebuah kabar yang cukup membuat para penggemar sekaligus pengguna PS4 khawatir. Pasalnya jika server PS4 ditutup maka konsol tersebut pun tidak dapat digunakan untuk bermain game lagi.

Server Ditutup, PS4 Tak Bisa Dibuat Main Game Lagi

Tidak seperti konsol curret-gen lainnya seperti PS1, PS2, ataupun GameBoy yang masih sering digunakan hingga saat ini. PS4 terancam tidak bisa digunakan dalam beberapa tahun mendatang. Hal itu dapat terjadi karena server dari konsol tersebut sudah ditutup.

JANGAN LEWATKAN •
Sony Tunda Perilisan PS5 di Beberapa Negara Diam-diam!

Awalnya kabar ini mencuat dari cuitan seorang penggemar di Twitter yang bernama @DoesItPlay1. Dalam cuitannya, pengguna tersebut menyampaikan bahwa apabila CMOS Battery di dalam PS4 sudah habis masa dayanya, maka PS4 sudah tak dapat lagi beroperasi untuk digunakan main game baik secara online dan offline.

Kemudian, hal itupun dicoba oleh seorang pengguna Twitter bernama @ForestReview. Ia melakukan seperti apa yang ada di dalam cuitan @DoesItPlay, mencabut CMOS Battery dari PS4. Dan hasilnya membuktikan bahwa konsol tersebut eror ketika menjalankan game digital dan fisik. Sebuah tulisan “CE-30391-6”.

Tentang CMOS Battery

Cmos Battery
CMOS Battery | Pinterest

CMOS Battery adalah komponen yang begitu penting di dalam PS4. Lance McDonald, pengembang mod Bloodborne 60 FPS mengatakan bahwa CMOS Battery berguna untuk mengatur jam internal untuk PS4.

Fungsi utama dari jam internal tersebut adalah untuk mengatur sistem trophy game. Jadinya pemain pun tidak bisa memanipulasi waktu biar Trophy dapat dilihat sedari awal. Jam Internal tersebut pun tidak bisa diatur seenaknya oleh pemain dan semua game PS4 yang dimainkan pun akan terhubung ke jam internal tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Sony Konfirmasi Jika Game PS4 Dapat Dimainkan di PS5

Sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan mengganti battery baru jika battery lama sudah habis dayanya. Namun, yang jadi masalah adalah ketika server ditutup, konsol tidak lagi bisa mengakses server untuk sinkronisasi jam. Hal itu berdampak terhadap konsol yang sudah tidak bisa menjalankan berbagai game.

Menurut data yang ada, jika hal ini dibiarkan maka 115 juta unit PS4 di seluruh dunia terancam tidak bisa digunakan lagi. Para penggemar hanya bisa berharap bahwa Sony menemukan solusi untuk masalah ini.

Nah, gimana pendapatmu mengenai hal ini? Jangan lupa komen di bawah ya. Kunjungi terus Dafunda atau instal aplikasinya di Play Store agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar dunia Game, Anime, Film, dan Pop Culture.