Sony Menghilangkan Loading Screen Untuk Selamanya?

in , ,
Sony Menghilangkan Loading Screen Untuk Selamanya?

Sony baru saja mematenkan teknologi baru yang memungkinkan loading screen tidak akan muncul lagi di game. Hak paten tersebut dinamai ‘Sistem dan metode memuat software game secara dinamis untuk gameplay yang lancar’. Hal ini akan membuat data game dimuat secara background terlebih dahulu sebelum ditampilkan agar mencegah munculnya loading screen.

Sony Menghilangkan Loading Screen Untuk Selamanya?

Dilansir dari IGN, Teknologi ini dapat mengamati karakter pemain, dan menggunakan informasi yang di dapat untuk menentukan data environment dan aset pada game yang akan dimuat sebelum pemain mencapai area tertentu. “Batas pemuatan terhadap environment game ditentukan. Kemudian, posisi karakter dalam environment tersebut dipantau. Perintah yang berkaitan dengan environment lain dimuat ke dalam memori ketika karakter melintasi batas pemuatan, sehingga gameplay tidak terputus,” jelas paten tersebut. Mudahnya, game akan memuat data area yang akan pemain tuju ketika karakter sudah mencapai posisi tertentu dalam game, sehingga tidak akan muncul loading screen untuk area selanjutnya.

Teknologi ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat PS5 dikabarkan akan menggunakan SSD. Sony memang memfokuskan spesifikasi tinggi seperti SSD untuk konsol next-gen mereka, yang akan menyaingi Xbox Scarlett yang nantinya juga akan menggunakan SSD. Hal ini sangat memungkinkan game-game next-gen mempunyai waktu loading yang sangat singkat, bahkan tanpa loading screen.

Hal yang perlu diingat adalah paten Sony ini tidak memastikan bahwa loading screen langsung punah untuk selamanya. Namun, hal ini akan membuat waktu loading game jauh lebih cepat dan tidak mengganggu gameplay. Tentunya, teknologi sekarang belum cukup memungkinkan untuk langsung menghilangkan waktu loading game sama sekali. Bagaimanapun, apapun yang membuat waktu loading menjadi lebih cepat akan sangat berguna.

Ayo mulai berdiksusi