Siapa sih yang ga tau dengan Meme, gambar-gambar lucu dengan sedikit tulisan ngeleneh ini benar-benar sudah memenuhi internet. Kayaknya semua yang ada di dunia ini sudah dibuatkan Meme-nya, sehingga membuat atau membaca meme ini sudah menjadi bagian dari aktifitas kita sehari-hari. Tapi sadar gak, kalau Meme ini font atau tulisan yang digunakan untuk meme itu sama semua?

Kami akan mengungkapkan rahasia dan asal-usul font yang digunakan untuk meme ini. Simak penjelasanannya di bawah ini.

Impact, Font jadul yang mendominasi Dunia Internet.

impact-daf

Langsung saja, nama dari font yang digunakan untuk Meme yaitu Impact, font ini sudah ada sebelum kita mengenal internet loh. Impact diciptakan oleh Geofrrey Lee pada tahun 1963. Ia menciptakannya dalam tiga jenis yang berbeda, termasuk Bold, Condensed, dan Sans Serif. Gaya tulisan ini sangat sesuai dengan pop yang ngehits di tahun 60-an, font ini sering digunakan untuk headline, dalam poster dan iklan.

JANGAN LEWATKAN
15 Foto Menarik Perhatian Kamu Dan Harus Kamu Lihat Berkali-kali (Bagian 1)

impact-font-daf

Geoffrey sebenarnya terinspirasi dari font-font yang dibuat oleh gerakan bernama The International Typographic Style, atau lebih dikenal dengan nama SWISS Style. Impact mengikuti font-font seperti Helvetica dan Univers yang mudah dibaca dan bersih. Impact kemudian dijual kepada perusahaan Stephenson Blake, melalui plat-plat besi untuk percetakan.

Microsoft ini biangnya

monotype-microsoft-daf

Ketika terkenal melalui Stephenson, Impact kemudian dijual lagi kepada salah satu perusahaan typeface terkemuka lainnya yaitu Monotype. Coba deh buka Microsoft office, pasti kamu sangat akrab dengan font Times New Roman, ya itu salah satu font milik Monotype. Monotype menjalin kerjasama dengan Microsoft, jadi beberapa font milik Monotype akhirnya muncul di produk-produk Microsoft, dan Impact masuk dalam daftar font tersebut.

JANGAN LEWATKAN
10 Video Menjengkelkan Tetapi Selalu Teringat di Kepala kita, Aneh Enggak?

standard-font-daf

Pada tahun 1996, Microsoft membuat satu standar terhadap font yang digunakan pada website-website yang beredar, kelompok font ini dinamakan 11 core Fonts atau Free Standard Font Pack. Yap, pastinya Impact masuk dalam paket ini. Dari sinilah Impact mulai populer di kalangan pengguna internet, terutama font Impact yang digemari oleh pengguna forum di dunia maya.

Meme Khas dengan Impact

meme-i-can-haz-cheezburger-daf

Meme pertama kali booming pada tahun 2003, ketika internet dihebohkan dengan foto kucing imut yang bertuliskan” I CAN HAZ CHEEZBURGER.” Ayo tebak font apa yang digunakan? Impact dong. Mulai dari saat itu, situs-situs meme generator mulai bemunculan untuk mempermudah orang-orang membuat meme-nya sendiri.

JANGAN LEWATKAN
Foto dan Gambar Meme insiden rossi, Marquez dan Lorenzo Yang lucu abis

meme-gene-daf

So, kamu sudah tahu kan sejarah munculnya meme dan rahasia apa yang berada di balik font legend dari trilyunan meme yang sudah ada di internet saat ini. Yuk beri pendapatmu di kolom komentar

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.