4 Fakta Dewa Super DC, Shazam Yang Harus Kamu Ketahui

in , ,
Fakta Shazam
Shazam | DC Comics

Berikut adalah 4 fakta dewa Super DC Shazam yang maha dewa banget dan mungkin belum kamu ketahui.

Ketika adaptasi film DCEU Shazam! (2019) rilis, setidaknya film yang menampilkan Asher Angel sebagai Billy Batson dan Zachary Levi sebagai Shazam-nya ini, telah menjelaskan beberapa poin utama dari sosok superhero dewa DC ini.

Akan tetapi, banyak juga aspek atau fakta lainnya yang gak dijelasin dalam filmnya. Dan berikut adalah 4 fakta Shazam yang mungkin belum kita ketahui tersebut.

1. Superhero Orisinil Yang Menggunakan Nama Captain Marvel

777897
Captain Marvel | MyComicShop

Fakta dewa Shazam yang pertama ini pastinya yang masih sering diperdebatkan oleh kalangan awam dan juga fanboy. Ya faktanya nama Captain Marvel pertama kali digunakan oleh Shazam.

JANGAN LEWATKAN •
Aquaman Kehilangan Kekuatannya Dalam Komik Justice League/Aquaman: Drowned Earth

Diciptakan oleh Bill Parker dan C.C Beck, ketika akhirnya melakukan debut perdana melalui Whiz Comics #2 di bulan Desember 1939, Shazam debut dengan menggunakan nama Captain Marvel.

Barulah pada tahun 1974, namanya menjadi Shazam karena gak mau panjang urusannya dengan rival, Marvel, yang menamakan dan men-trademark namanya pada tahun 1967 untuk superhero terbaru mereka kala itu (belum Carol Danvers). Langkah mengalah untuk menang yang bagus dari DC.

2. Sebenarnya Bukan Ciptaan DC

738x375 Whiz Comics Captain Marvel
Shazam | DC Comics

Memang Shazam kini dikenal sebagai salah satu superhro DC. Namun faktanya, sosoknya pertama kali muncul melalui Whiz Comics. Whiz Comics adalah komik buatan Fawcett Comics yang dimilik oleh mantan kapten Perang Dunia 1, Wilford “Captain Billy” Fawcett.

Barulah setelah Fawcett Comics tenggelam dan juga setelah bertarung habis-habisan dengan Marvel Comics, pada tahun 1972, Shazam diambil penuh hak-nya oleh DC.

JANGAN LEWATKAN •
Dwayne The Rock Johnson Ungkap Kapan Black Adam Mulai Syuting Film

3. Mengalahkan Superman (Dalam Penjualan Komiknya)

fakta shazam
Shazam dan Superman | DC Comics

Walau mungkin sering kalah melawan Superman dalam skenario komiknya, namun dalam “dunia nyata”, Billy sukses “gebok abis” Clark. Well spesifiknya, melalui jumlah penjualan komiknya.

Tercatat bahwa tiap-tiap isu-nya, komiknya berhasil terjual sebanyak 2 juta eksemplar. Jumlah ini tidak hanya mencakup penjualan komik solonya saja. Melainkan juga terhadap penjualan komik spin-off yang menampilkan “keluarganya”, Marvel Family.

4. Memiliki Galeri Villain Yang Aneh-Aneh

Monster Society Of Evil 001
DC Database

Dan inilah fakta Shazam yang masih banyak awam belum ketahui sepenuhnya. Ya galeri villain (Rogue Gallery) superhero ini adalah salah satu galeri daftar villain yang aneh-aneh aka unik-unik.

Bagaimana tidak? Ada monster cacing bernama Mr. Mind, Ventriloquist bernama The Dummy, iblis bernama Sabbac, manusia biasa yang menjadi villain utama dalam film DCEU-nya, Doctor Sivana, dan masih banyak lagi sosok-sosok aneh binti gokil lainnya.

JANGAN LEWATKAN •
Kate Kane Akan Tampil Lagi di Batwoman Dengan Aktris Baru

Melihat ini, tak ayal kitapun sudah merasa super greget untuk menyaksikan villain-villain aneh ini dalam sekuel-sekuel DCEU-nya mendatang. Semoga saja bisa terealisasikan. Nah dari 5 fakta Shazam tersebut, yang manakah yang merupakan favorit kalian?