Mengenal Batman, The Dark Knight Sang Penjaga Gotham Ahli Taktik Justice League

Batman BenAffleck

Dafunda Komik // DC – Siapa yang tidak mengenal Batman? Mungkin semua penggemar Dc dan penggemar film superhero pasti setidaknya pernah mendengar sosok batman ini. Tapi apakah kalian mengetahui Asal usul Batman? mungkin tidak semuanya tahu, kali ini Dafunda komik akan membahas asal usul Batman, kekuatan Batman dan hal lain yang mungkin belum kalian ketahui.

Bruce Wayne a.k.a Batman yang dulu diperankan oleh Christian Bale kali ini diperankan oleh Ben Affleck. Tanpa berlama-lama lagi  berikut Dafunda komik akan membahas profil dan kekuatan Batman The Dark Knight.


Asal usul Batman

asal usul batman

Batman (pada walnya The Bat-Man) adalah tokoh fiksi pahlawan super yang diciptakan oleh seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Tokoh ini pertama muncul di Detective Comics #27 (Mei 1939) Identitas asli Batman adalah Bruce Wayne.

Asal usul Batman bermula pada saat Bruce Wayne kehilangan kedua orangtuanya, Dr. Thomas Wayne dan Martha Wayne dibunuh oleh perampok di depan matanya. Tragedi ini membuatnya takut dan trauma, sehingga ini yang membuatnya untuk membasmi kejahatan di kota Gotham sebagai Batman.  Batman beroperasi di Gotham City, dibantu oleh Pelayan setia (Alfred Pennyworth) dan rekannya Robin

Karakter Bruce Wayne sendiri adalah pria kaya raya yang playboy yang dekat dengan banyak wanita, dermawan, suka berfoya-foya, tapi dibalik itu semua ia menyimpan rasa trauma dan kesepian semenjak kedua orang tuanya dibunuh. Dalam beberapa edisi komiknya ketika Bruce Wayne beraksi sebagai Batman, dia berkepribadian dingin dan terkesan main hakim sendiri terhadap musuh-musuhnya walaupun tidak sampai membunuhnya. Dalam edisi berikutnya, Batman membantu kepolisian Gotham untuk menangkap para pelaku kriminal yang dihadapinya.

Baca juga: Mengenal Aquaman, Sang Raja atlantis dan Penguasa Lautan


Kekuatan Batman

kekuatan batman

Tak seperti kebanyakan superhero lainnya, Batman sebenarnya tidaklah memiliki kemampuan super seperti halnya Superman. Namun ia memiliki kecerdasan, sains, teknologi, kekayaan, kekuatan fisik, serta kehendak untuk melawan kejahatan. Dalam  komik, Batman dianggap sebagai salah satu detektif terhebat di dunia.

Meski tak punya kekuatan super, Batman berada di puncak kekuatan fisik manusia yang ia capai lewat pelatihan intensif, Secara garis besar, Bruce Wayne alias Batman punya delapan kekuatan yang ia andalkan yakni sebagai berikut.

1. Kecerdasan 

Kekuatan Batman yang pertama ialah IQ yang dimilikinya diperkirakan adalah 200, ada pula yang menyebutnya 192. Batman adalah pribadi yang brilian, nyaris tak tertandingi, dan menguasai puluhan bidang sains sejak usia muda. Ia adalah detektif, ilmuwan, ahli taktik dan strategi, serta komandan. Karena tak punya kemampuan super, Batman sering menggunakan trik dan perencanaan untuk mengalahkan musuhnya, alih-alih berduel secara fisik.

2. Ahli beladiri

Batman adalah salah satu petarung terbaik di dunia. Ia belajar berbagai seni bela diri selama bertahun-tahun dan menguasai setidaknya 127 aliran bela diri. Adapun teknik bertarung utamanya adalah campuran istimewa dari tinju, karate, Muay Thai, judo, Taekwondo, kickboxing, Jujitsu, serta Ninjutsu.

3. Ahli akrobat

Batman mahir di bidang senam dan akrobat, kemampuannya jauh di atas manusia biasa.

4. Ahli senjata

Melalui latihan bela diri, Batman menguasai hampir semua jenis persenjataan. Ia adalah ahli pedang, seperti yang ia perlihatkan saat berlatih bertarung dengan Ra’s Al Ghul. Dari senjata tradisional, Batman juga mempelajari senjata-senjata modern yang diciptakan Lucius Fox.

5. Kekuatan fisik

Seperti diungkapkan di atas, Batman punya kekuatan fisik yang jauh melebihi manusia normal, bahkan para atlet Olimpiade, mencakup kekuatan, kecepatan, stamina, kelincahan, refleks, daya tahan, dan kordinasi yang menduduki puncak potensi fisik manusia. Latihan keras dan pola hidup sehat selama bertahun-tahun adalah kuncinya.

6. Penyelidik militan

Batman mahir dalam mengeksploitasi teknik interogasi, menggunakan segala metode penegakan hukum hingga penyiksaan langsung, seperti yang ia lakukan pada musuh-musuhnya.

7. Intimidasi

Batman dikenal luas punya kemampuan menanamkan rasa takut pada banyak orang, bahkan orang yang mengenalnya baik pun bisa terintimidasi olehnya. Lebih jauh, orang yang tak takut pada Superman akan merasa takut pada Batman.

8. Kehendak kuat

Batman memang tak punya kekuatan super, tapi ia punya kekuatan kehendak yang ekstrim dan nyaris bersifat ‘superhuman’.

Baca Juga: Siapa The Flash – Barry Allen, Pelari Cepat dari Justice League


Profil  Batman

Nama asliBruce Wayne
PekerjaanCEO Wayne Enterprises, Ketua Wayne Foundation, Multimilyuner Industrialist, Playboy
KeahlianKecerdasan tingkat tinggi, ahli pedang, ahli ninja, ahli menyamar, fisik dan stamina diatas rata-rata, ahli beladiri, ahli sains dan teknologi, detektif.
Tempat Asal
Gotham City
PenciptaBob Kane, Bill Finger
Dunia fiksi
DC Universe
KerjasamaJustice League, LAINNYA

 

Jangan Lupa untuk Membaca Informasi Tentang karakter DC Lainnya

Legend

Heru Fernanda

Menyukai segala hal tentang Marvel dan DC. Jika Ditanya Saya Suka DC atau Marvel? Jawaban saya: "Why not Both?"

Years Of Membership
Content Author
Emoji Addict

Ayo mulai berdiksusi