Asal usul Cheetah, Musuh Bebuyutan Wonder Woman

in , ,
Asal Usul Cheetah

Wonder Woman 1984 akan menampilkan debut musuh bebuyutannya dari DC Comics, yaitu Cheetah. Peran ini sudah diisi oleh Kristen Wiig dan sutradara Patty Jenkins sudah membagikan foto perdananya beberapa waktu yang lalu.

Sebelum kita melihat debut Cheetah melawan Wonder Woman di sekuel mendatang, ada baiknya kalian mengenal lebih dalam asal usul Cheetah dan sejarahnya bertemu dengan Wonder Woman.

Kali ini Dafunda Komik akan membahas tentang asal usul Cheetah, kekuatan, dan fakta lainnya yang harus kalian ketahui. Tanpa berlama-lama lagi berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Asal Usul Minerva Sebelum Menjadi Cheetah

Barbara Minerva Cheetah

Minerva terlahir sebagai pewaris kekayaan besar di situs keluarga kuno di Nottinghamshire. Kehidupannya akan berubah secara dramatis setelah ekspedisi yang dipimpinnya ke hutan lebat Afrika.

Dia mencari kota legendaris suku Urzkartagan yang hilang. Jauh di dalam hutan, timnya dikhianati oleh pemandu mereka dan disergap oleh penjahat Urzkartagans. Hanya dia dan Dr. Tom Leavens yang lolos dengan menyelam di sungai.

Keduanya menemukan kota yang hilang ketika sedang di tengah-tengah ritual. Salah satu anggota tim mereka dikorbankan oleh pemuka agama setempat, Chuma. Ritual itu dimaksudkan untuk memulihkan kesehatan wanita yang sakit yang dianggap sebagai avatar bagi dewa cheetah mereka.

Sebelum ritual itu selesai, penjahat itu menyerang desa, membantai semua orang kecuali Chuma yang diselamatkan oleh Minerva. Keduanya terkubur oleh ledakan granat di dalam gua yang merupakan kuil untuk dewa Urzkartaga.

Ritual Pemanggilan Dewa Cheetah

Asal Usul Cheetah Dc

Chuma menjelaskan bahwa ritual itu akan mengubah seseorang menjadi dewa Cheetah. Ritual ini hanya bisa dilakukan pada bulan purnama dan membutuhkan pengorbanan darah.

Minerva menuntut ritual itu dilakukan padanya agar dia dapat memiliki kesempatan untuk berkuasa dan keabadian. Ketika Chuma menjelaskan harus ada pengorbanan, Minerva membunuh Dr. Leavens,

Setelah membunuh dan meminum darahnya, ritualpun dimulai. Penjajah yang telah menghancurkan kuil itu kembali. Namun dengan ritual yang sudah lengkap, Minerva berubah menjadi Cheetah dan membantai semua penjajah ini. Setelah pembantaian, dia kembali ke bentuk manusia dan menggendong Chuma ke Inggris.

Namun sayang, ada efek samping yang tidak terduga dari transformasi ini. Ritual itu meminta seorang perawan dan Minerva tidak memenuhi syarat tersebut. Bukannya memberikan keabadian, setelah transformasi menjadi Cheetah dia menjadi lemah dan tidak berdaya. Hanya pada malam bulan purnama saja dia bisa menjadi Cheetah dan kuat kembali.

2. Pertemuan Pertama Dengan Wonder Woman

Asal Usul Cheetah

Setelah Wonder Woman melakukan debut di Boston, Minerva mengetahui tentang Golden Lasso yang dipegang Diana. Dia ingin mendapatkan Lasso itu dan mencoba untuk menipu Diana, namun gagal.

Karena dia gagal mendapatkannya sebagai Barbara Minerva, dia mencoba merebutnya dengan paksa sebagai Cheetah. Dia menggunakan bantuan dua Khund (Ras dari planet Khundia) dan berhasil mencuri Lasso dari Diana.

Begitu Lasso ada di tangannya, Minerva menjadi terobsesi untuk mengetahui sejarah dari Lasso tersebut. Menyadari bahwa Wonder Woman akan segera mengetahui identitasnya sebagai Cheetah dan Minerva, ia menyuruh Chuma untuk meracuni Wonder Woman saat dia pergi ke Afrika.

Pertarungan Memperebutkan Lasso of Truth

Barbara Minerva

Cheetah menemukan kota Bana-Mighdall, rumah bagi para Amazon yang jahat. Wonder Woman mengejarnya sampai kesini. Ketika Minerva kembali ke bentuk manusianya, kondisinya lebih buruk dari sebelumnya.

Tumbuhan yang dijadikan bahan ritual sudah mulai layu dan mati. Chuma datang dan menemukan Minerva yang hampir mati. Dia menduga bahwa dewa Cheetah itu cemburu dengan kesetiaan yang terpecah dalam diri Minerva, Dewa itu menyatakan bahwa satu-satunya cara Minerva akan disembuhkan adalah dengan membunuh Diana dan ratu Bana-Mighdall.

Berubah menjadi Cheetah sekali lagi, dia berhasil membunuh sang ratu dan bertempur dengan Wonder Woman dalam pertarungan yang sengit. Wonder Woman berhasil mengalahkannya, dan Chuma dibunuh oleh para Amazon. Minerva selamat dari kehancuran kota tersebut dan dikurung di penjara.

Minerva Berubah Menjadi Cheetah Sepenuhnya

Cheetah Dc

Saat di penjara dan masih merasa kesakitan akibat ritual itu, Minerva didekati oleh utusan Circe. Dia memberinya ramuan yang mengubah dirinya secara permanen menjadi Cheetah.

Padahal sebelumnya dia mengenakan setelan jas dan tidak sepenuhnya dalam kontrol saat dalam bentuk Cheetah. Namun kali ini berbeda, sekarang dia benar-benar berubah dan tetap dalam kendali penuh.

Sayangnya untuk Minerva, ramuan itu membuatnya menjadi budak Circe dan rencananya. Bernist untuk mengkhianati Circe, Cheetah pergi ke Gotham City Grand Hotel mencoba mencuri “Artefak” yang akan digunakan Circe melawan Amazon dari Themyscira.

Cheetah berhasil mencurinya dan memberi tahu Inspektur Indelicato seluruh kebenaran itu dan informasi dimana Diana dapat menemukan ibunya yang hilang. Dirinya berharap Wonder Woman akan mengalahkan Circe dan Cheetah-pun bisa bebas.

3. Kekuatan Cheetah

Barbara Minerva Ww 84

Perubahan Bentuk

Barbara Minerva mampu berubah menjadi Cheetah yang merupakan dewa kuno. Sebelumnya ia membutuhkan ramuan dewa tanaman dari Urzkartaga untuk mempertahankan bentuk Cheetahnya. Namun dengan bantuan dari penyihir Circe, ia sekarang dapat mengambil penampilan manusia sambil mempertahankan bentuk Cheetah.

Kekuatan Manusia Super

Sebagai avatar dari seorang dewa, Cheetah tentu memiliki kekuatan besar. Daya tahan fisik Cheetah cukup untuk menahan pukulan dari Wonder Woman dan Superman. Namun tidak melindunginya dari peluru, laser, atau serangan menusuk lainnya.

Cakar dan taring Cheetah dapat memotong dan melukai hampir semua hal. Kecepatan dan Indera Cheetah juga diatas manusia normal pada umumnya. Kekuatan terakhirnya yang diberikan oleh Circle adalah dapat berkomunikasi dengan dan memerintahkan cheetah yang sebenarnya dalam sebuah pertarungan.

4. Profil Cheetah

Nama AsliBarbara Ann Minerva
AliasCheetah
Tempat KelahiranNottingham
Pencipta Len Wein dan George Perez
Kemunculan Pertama Wonder Woman Vol 2 #7 (Agustus 1987)

Bagikan jika kamu suka