Batman Pernah Hidupkan Kembali Joker!

in , ,
Joker
Joker | Dc Comics

Joker telah menyebabkan banyak kekacauan dalam kehidupan Batman. Dia telah menyebabkan kekerasan, kehancuran, dan kematian pada seluruh orang terdekat Batman.

Kita tentu akan berpikir jika Joker terbunuh, maka Batman akan baik-baik saja dengan itu. Namun ternyata tidak, Joker pernah meninggal dan Batman menghidupkannya kembali dengan alasan yang baik.

Lazarus Pit
Batman: Legends of the Dark Knight | Dc Comics

Lazarus Pit telah lama menjadi tempat penting untuk menghidupkan kembali karakter-karakter yang mati di DC Comics. Tempat itu memainkan peran besar dalam memulihkan ingatan dan kesehatan Jason Todd.

Lazarus Pit ini biasanya digunakan oleh Ra’s al Ghul untuk menghidupkan orang mati, menyembuhkan mereka. Namun bagi orang yang terpapar air itu sering menyebabkan kegilaan sementara, seperti Jason Todd. Namun dalam kasus Joker, hal itu benar-benar mengembalikannya menjadi orang yang waras.

Batman: Legends of the Dark Knight

Batman Hidupkan Joker 1
Batman: Legends of the Dark Knight | DC Comics

Dalam Batman: Legends of the Dark Knight # 145 yang ditulis oleh Chuck Dixon, Jim Aparo, John Cebollero dan Noelle Giddings. Batman membuat keputusan yang berisiko untuk menghentikan Ra’s al Ghul.

Batman menyadari bahwa dia tidak akan bisa menghentikan Ra’s tanpa bantuan Joker. Saat pertempuran Joker terluka parah setelah ditembak oleh para pengikut Ra’s dan Talia al Ghul.

Meskipun Alfred senang dengan kematian Joker, Batman malah membangkitkannya kembali. Batman membuat keputusan untuk memasukkan musuh terbesarnya itu ke Lazarus Pit.

Joker Kembali Waras

Joker Lazarus Pit
Batman: Legends of the Dark Knight | DC Comics

Rencananya untuk menghidupkan Joker tidak seperti yang dibayangkan Batman. Alih-alih menjadi gila, Joker yang bangkit dari dari Lazarus Pit benar-benar waras (untuk sementara waktu).

Batman meminta Joker untuk menceritakan kepadanya tentang rencana Ra’s dan berhasil menghentikan kapal selam dengan agen biologis agar tidak dilepaskan ke publik.

Meskipun rencana itu berhasil, pola pikir waras Joker tidak akan bertahan lama. Batman menemukan Joker yang kembali ke jati dirinya setelah menyelesaikan misi. Batman tidak mencoba untuk melawan Joker dan hanya membawanya ke Arkham Asylum.

Joker Mati
Batman: Legends of the Dark Knight | DC Comics

Mungkin ada yang bertanya berapa banyak nyawa yang akan diselamatkan Batman jika dia membiarkan Joker mati. Apakah akan lebih banyak yang selamat jika rencana Ra’s berhasil? Sangat sulit untuk memutuskan.

Tapi, Batman membuat keputusan sulit untuk menyelamatkan mereka dalam bahaya dengan membangkitkan musuh terbesarnya. Momen ini menunjukkan pahlawan seperti apa Batman itu. Dia bersedia membuat keputusan sulit untuk menyelamatkan nyawa, bahkan jika itu berarti menghidupkan kembali Joker.