Mengenal Maxwell Lord, Villain yang Akan Muncul di Wonder Woman 1984

in , ,
Maxwell Lord dc comics

Film Wonder Woman 1984 tidak hanya akan menampilkan kelanjutan petualangan Diana Prince. Sekuel ini juga akan menjadi debut layar lebar pertama untuk beberapa villain terkenal di DC Comics, salah satunya adalah Maxwell Lord.

Melalui Twitter, sutradara Patty Jenkins secara resmi mengumumkan penjahat DC Comics, Maxwell Lord akan bergabung dengan para pemeran film. Pedro Pascal akan memerankan karakter Maxwell Lord ini. Dirinya juga akan bergabung dengan Kristen Cheig a.k.a Cheetah sebagai antagonis di film mendatang.

Nah sambil menunggu film Wonder Woman 1984 rilis, ada baiknya kita mengenal Maxwell Lord dan bagaimana asal usulnya sehingga bisa bertemu dengan Diana Prince.

Sesuai dengan judul dan pembahasan kita, Kali ini Dafunda Komik akan membahas tentang Asal usul Maxwell Lord, seorang pemimpin Justice League yang ternyata adalah seorang penjahat.

Mengenal Maxwell Lord

Pedro Pascal WW 84

Maxwell Lord adalah pengusaha kaya yang juga bertanggung jawab untuk mengorganisir Justice League International. Karena tertarik dengan manajemen mereka, dia mendapatkan sponsor PBB untuk bertindak sebagai pemimpin JLI selama beberapa tahun.

Selama Invasi! dirinya menyadari bahwa ia adalah seorang metahuman dengan kemampuan mengendalikan pikiran yang kuat. Dia akhirnya mengkhianati Justice League International, membunuh Ted Kord dan berusaha menghilangkan semua metahumans.

Maxwell Lord diciptakan oleh Keith Giffen, J.M. DeMatteis dan Kevin Maguire. Karakter ini pertama kali muncul selama alur cerita A New Beginning di Justice League # 1. (1987)

Meskipun Lord adalah penjahat dari Justice League, karakter tersebut sangat terkait dengan Wonder Woman. Bagaimana bisa? Semua itu bermula dalam komik Infinite Crisis and Death. Putri Amazon itu mematahkan leher Maxwell Lord untuk menghentikan kontrol pikiran yang ia lakukan terhadap Superman.

Komik Infinite Crisis and Death

Wonder Woman Bunuh Maxwell Lord

Dalam komik ini, Lord berhasil mengambil kendali atas proyek Brother Eye milik Batman. Brother Eye adalah proyek yang dibuat Batman untuk memonitor semua manusia super yang ada. Batman menjadi paranoid ketika mengetahui bahwa JLA ingin mengeluarkannya.

Bersama dengan Alexander Luthor, Jr (putra Lex Luthor dari bumi alternatif), Lord mengambil dan menciptakan pasukan cyborg yang disebut OMAC. Pasukan itu diprogram untuk memburu dan membunuh semua manusia super.

Maxwell Lord juga menggunakan kekuatannya untuk mempengaruhi pikiran Superman. Hal ini menyebabkan Superman menyerang Batman dan Wonder Woman secara brutal.

Lord membuat Superman percaya bahwa mereka berdua adalah musuh lamanya (Seperti Brainiac, Darkseid, Ruin, dan Doomsday). Ternyata sebelum memberikan halusinasi terhadap Superman, Maxwell Lord telah mengontrol mental Superman perlahan-lahan selama bertahun-tahun secara rahasia.

Setelah nyaris melarikan diri dari Superman, Wonder Woman berhadapan dengan Lord dan mengikatnya dengan Lasso of Truth. Wonder Woman memaksa Lord untuk memberitahunya bagaimana cara membebaskan Superman. Lord mengatakan Putri Amazon ini harus membunuhnya, dan Wonder Woman pun mematahkan lehernya.

Seperti yang diprediksi dan rencana yang diatur Lord, Brother Eye memutar rekaman Wonder Woman yang mematahkan leher Lord ke seluruh dunia. Hal ini membuat reputasi dan persahabatannya hancur dengan Batman dan Superman. Meskipun kita tahu fakta bahwa Wonder Woman telah menyelamatkan mereka berdua dari kontrol pikiran Lord.

Kekuatan Maxwell Lord

Maxwell Lord Wonder Woman 1984

1. Manipulasi Pikiran

Maxwell Lord ternyata memiliki kekuatan ekstrim dalam hal mengendalikan pikiran. Dia dapat mengendalikan orang dari jarak dekat maupun dalam jarak yang sangat jauh.

Meskipun awalnya tidak menjadi metahuman, Lord memperoleh kemampuan ini saat menjadi pemimpin Justice League International dan ikut terlibat dalam Invasi.

2. Halusinasi

Lord dapat membuat individu melihat, merasakan, dan mengalami apa pun yang diinginkan olehnya. Dia bisa merubah persepsi mereka tentang realitas dan menjadikan apapun yang diinginkannya.

3. Manipulasi Ingatan

Kekuatan lainnya yang dimiliki oleh Maxwell Lord adalah mampu memblokir ingatan orang-orang seperti dia dapat mengendalikan persepsi mereka tentang waktu dan relativitas. Hal ini memungkinkan ia membuat orang untuk melupakan aspek-aspek tertentu yang dikehendaki.

Kelemahan Maxwell Lord

Mengenal Maxwell Lord

Walaupun kemampuan mengendalikan pikiran ini berguna, ia memiliki satu kelemahan. Semakin banyak pikiran yang dia kendalikan, maka akan semakin banyak pula ia kehilangan darah.

Mengontrol satu pikiran membuat darah keluar dari hidungnya. Jika mengontrol banyak pikiran sekaligus dapat membuat darah keluar mata, telinga, dan hidungnya.

Max hanya menggunakan kemampuan dalam mengendalikan pikiran ini saat dibutuhkan saja. Dia mencoba untuk tidak menggunakannya pada banyak orang sekaligus, karena itu dapat menyebabkan kematiannya sendiri.

Profil Maxwell Lord

Nama AsliMaxwell Lord IV
AliasMaxwell Lord
PekerjaanAgent Pemerintah dan Businessman
Tempat KalahiranNew York
PenciptaKeith Giffen, J.M. DeMatteis dan Kevin Maguire
Kemunculan PertamaJustice League #1 (Mei 1987)

Setelah mengenal Maxwell Lord dan sejarah singkatnya dengan Wonder Woman, apakah ia akan berakhir tragis seperti di dalam komiknya? Menarik untuk dinantikan.

Wonder Woman 1984 dijadwalkan rilis pada 5 Juni 2020 mendatang.

Ayo mulai berdiksusi