10 Superhero Marvel Yang Berubah Menjadi Villain

in , ,
Captain America Hail Hydra

Marvel Comics memiliki sejarah panjang dalam menciptakan beberapa superhero terkuat. Tidak mengherankan jika ada beberapa superhero yang awalnya baik berubah menjadi Villain karena kehilangan moral dan dikontrol oleh kekuatan mereka sendiri.

Entah itu superhero yang menjadi pemimpin Mutant, atau seorang pemimpin yang sangat kuat yang malah berpihak pada organisasi yang haus kekuasaan. Tidak sedikit dari para superhero Marvel ini yang mengambil beberapa langkah yang salah.

Marvel telah mengilustrasikan bahwa tidak ada seorang pun yang abadi dan tetap sama. Terkadang pahlawan yang paling mengagumkan bisa berubah menjadi penjahat paling mengerikan untuk dihadapi.

Kali ini Dafunda Komik akan membahas tentang 10 Superhero Marvel yang akhirnya berubah menjadi Villain. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

Superhero Yang Berubah Menjadi Villain

10. Captain Marvel

Superhero Marvel Menjadi Villain

Selama berlangsungnya Civil War terbaru di Marvel Comics, penggemar memiliki keluhan tersendiri mengenai sisi yang dipilih superhero favorit mereka.

Salah satu keluhan terbesar di antara para penggemar adalah tentang Captain Marvel. Dia tampaknya telah meninggalkan semua pelajaran yang telah diajarkan masa lalunya dan terjun ke dalam keyakinan terhadap apa pun yang dialami Inhuman Ulysses Kain dalam visinya.

Penggemar dibuat bertanya-tanya seperti halnya Tony Stark sendiri. Mengapa Captain Marvel begitu memercayai Ulysses tanpa mempertanyakan dari mana kekuatannya berasal, atau apa kemampuan mereka sebenarnya?

9. Hulk

Superhero Marvel Jadi Jahat

Hulk mungkin memulai karirnya bukan sebagai superhero. Bruce Banner hanyalah seorang dokter yang ingin merekayasa super soldier serum dengan sinar gamma.

Meskipun Bruce Banner memiliki alasan yang kuat untuk beberapa pembantaian dan kehancuran yang disebabkan oleh perubahan-nya selama bertahun-tahun. Namun perlahan-lahan dirinya bisa mengontrol perubahan Hulk dan kekuatannya.

Pada beberapa kesempatan, aksinya itu benar-benar melewati batas. Mulai dari memakan orang hingga mengalahkan beberapa superhero.

Bruce Banner dan Hulk telah melewati hampir setiap batas yang tidak akan pernah dilewati oleh pahlawan. Dia juga melewati batas yang bahkan sebagian besar penjahat tidak akan melewatinya. Pria itu bahkan berhasil memukuli Santa Claus.

8. Cyclops

Superhero Berubah Jadi Jahat

Seperti banyak superhero Marvel yang menjadi villain, Cyclops memiliki sejarah yang rumit. Selama bertahun-tahun Cyclops telah berubah dari seorang pengajar baik di sekolah yang dibangun Charles Xavier, menjadi seseorang yang ingin membunuh Charles dan menjajarkan-nya dengan orang seperti Magneto.

Scott mungkin adalah orang yang memperlakukan wanita secara sewenang-wenang dalam hidupnya. Namun keyakinan radikalisme itulah yang membuat Cyclops menjadi berubah akhir-akhir ini.

Dalam komik, Cyclops telah dikurung dan dilenyapkan oleh Black Bolt. Hal ini menginspirasi kekerasan dan perilaku radikal untuk mutan bahkan setelah kematiannya.

Akan tetapi, untuk seseorang yang cukup sering dibangkitkan dari kematiannya, Cyclops pasti akan kembali ke jalan yang benar di kehidupan berikutnya.

7. Spider-Man

Spider Man Jahat

Bahkan golden boy Marvel pun jatuh ke jalan kejahatan. Spider-Man adalah superhero yang selalu berusaha menyelamatkan banyak orang bahkan semesta sekalipun jika dibutuhkan. Dia percaya bahwa “With great power comes great responsibility” yang diajarkan oleh paman Ben sebelum kematiannya.

Spider-Man bisa dibilang adalah superhero terbaik yang sangat tidak mungkin menjadi jahat. Dia adalah yang terbaik dari semuanya. Tapi setiap orang memiliki sisi jahatnya, tak terkecuali Spider-Man. Dalam komik, dia bahkan sudah membunuh lebih dari yang dilakukan Punisher.

Ada banyak momen dimana Peter Parker tidak seheroik biasanya. Seperti saat ia menyerang (walaupun tidak sengaja) Mary Jane. Atau saat ia menjadi Horseman dari Apocalypse.

6. Jean Grey

Dark Phoenix

Jean Grey mungkin awalnya adalah superhero marvel dan seorang anggota Mutant X-Men yang baik. Dia adalah anggota wanita pertama X-Men, yang menyelamatkan umat manusia pada banyak kesempatan dengan kemampuan telekinesis-nya.

Namun semua itu berubah saat Entitas Phoenix menyerang. Phoenix Force merupakan entitas kosmik yang sangat kuat yang memiliki tujuannya sendiri untuk menghancurkan Planet.

Setelah misi di luar angkasa, dia terkena radiasi yang fatal dan hampir mati. Phoenix Force merasakan tangisan psikisnya dan mengambil wujudnya, menempatkan tubuh aslinya dalam kepompong di bawah laut.

Sebagai Phoenix, Jean berusaha melawan kekuatannya yang besar dan juga manipulasi oleh Mastermind mutan. Dia tidak bisa menahannya dan berakhir dengan menghancurkan bintang dan membunuh seluruh peradaban.

5. Daredavil

Daredevil Jahat

Daredevil selalu berjalan di atas tali antara yang baik dan yang jahat, karena dia adalah seorang Hakim. Namun dalam peristiwa crossover Shadowland pada tahun 2010, Matt Murdock jatuh kejalan kejahatan dan sepertinya tidak bisa kembali.

Setelah mendapatkan kendali atas klan Hand Ninja, Murdock mencoba untuk mereformasi organisasi sebagai kekuatan untuk kebaikan. Akan tetapi dengan kekuatan yang besar dan entitas iblis yang dikenal sebagai Beast of the Hand mengambil alih tubuhnya, metode yang diterapkan Daredevil semakin ekstrem.

Di akhir cerita, Daredevil meninggalkan identitasnya yang berkostum dan meninggalkan New York untuk menebus kejahatannya di masa lalu.

4. Punisher

Punisher Bunuh Captain America

Dalam komik Punisher Kills The Marvel Universe, mudah bagi kita untuk mengetahui bahwa Frank Castle telah mengambil beberapa langkah yang salah. Meskipun Castle adalah orang yang memiliki moralnya sendiri, pembantaian besar-besaran dari beberapa pahlawan terbesar Marvel tentu bukanlah moral yang patut diikuti.

Seperti awal kemunculan di komik dari serial TV Marvel The Punisher, Frank Castle biasanya menghukum para anggota mafia, tentara bayaran, penjahat dan siapapun yang terlibat dalam pembantaian keluarganya. Namun, dalam beberapa kesempatan dia melangkah kearah yang melampaui batas.

Ada saat dimana ia mengeksekusi Spider-Man dalam selokan gelap. Dia bahkan membunuh Captain America, yang menurutnya sangat sulit dilakukan mengingat seberapa besar Castle mengidolakan Cap.

3. Scarlet Witch

Scarlet Witch Jahat

Masa lalu Scarlet Witch mungkin menambah beberapa poin untuknya di sisi baik. Namun ada banyak waktu di mana Wanda tidak memenuhi standar pahlawan, apalagi dirinya yang menjadi seorang Avengers. Memiliki ayah seorang Magneto merupakan alasan yang membuat moralnya berada di tengah-tengah.

Meskipun begitu, tidak ada yang bisa dibenarkan untuk melakukan genosida pada rasnya sendiri. Wanda sedang mengalami beberapa masalah mental yang benar-benar serius.

Bagaimanapun kita melihatnya, mengurangi ras mutan menjadi hanya 198 anggota yang hidup bukanlah sesuatu yang pantas dilakukan oleh seorang Avengers. Bahkan Deadpool tahu itu.

2. Captain America

Captain America Hail Hydra

Captain America ternyata adalah agen Hydra yang menyamar sempat mengejutkan bagi banyak penggemar Marvel. Semua itu pertama kali bermula saat Cap mengucapkan kata-kata “Hail Hydra”. Namun bagian yang paling mengejutkan dari seluruh situasi itu adalah saat mengetahui betapa ‘hebat’ nya Captain America saat menjadi jahat.

Namun semuanya terungkap bahwa Stevil adalah versi Cap dengan sejarah yang berubah. Steve Rogers yang sebenarnya akhirnya muncul untuk mengalahkan Stevil.

Namun, setelah menyebabkan Civil War 2 dan kemudian merebut pemerintah Amerika Serikat, masih ada banyak permusuhan terhadap Cap dan superhero lainnya.

1.Iron Man

Superhero Marvel Menjadi Jahat

Iron Man mungkin menjadi pahlawan yang dibutuhkan di MCU, namun dia tidak selalu baik dalam komik. Tony Stark telah beralih dari seorang pecandu alkohol menjadi pahlawan. Kemudian ia menjadi brengsek dan kembali menjadi pahlawan lagi.

Sama seperti di film-film MCU, atau lebih tepatnya di Iron Man 2. Tony telah mencapai hal-hal yang telah kami sebutkan diatas. Dia bahkan menjadi penyebab Mysterio menjadi musuh Spider-Man dalam Far From Home.

Sama seperti Captain Marvel, kedua peristiwa Civil War memiliki dampak besar pada Tony. Dia mulai mengkloning Thor hingga menculik orang-orang Inhumans. Tony telah berubah-ubah dengan moralitasnya seperti halnya Deadpool dengan seksualitasnya.


Nah itulah tadi 10 Superhero Marvel yang berubah menjadi villain. Kunjungi terus Dafunda untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai film, game, komik dan masih banyak lagi.

4 Comments

Leave a Reply

    Ayo mulai berdiksusi