10 Film Natal Yang Pas Disaksikan Di Perayaan Tahun 2020

in ,
10 Film Natal 2020
Happiest Season | IndieWire

Berikut adalah 10 film Natal yang pas disaksikan di hari perayaan Natal tahun 2020 ini.

Memang sih di tahun-tahun sebelumnya, kita-kita yang merayakan Natal juga menonton film baru atau film lama yang bertemakan hari raya besar umat Kristiani tersebut.

Akan tetapi tradisi tersebut, kini terasa jauh lebih penting. Pasalnya seperti kta tahu hampir sebagian besar tahun 2020, kita gak bisa ngapa-ngapain karena pandemi COVID-19.

Belum lagi baik di Jakarta (Indonesia) maupun negara-negara lain, kini sedang melakukan restriksi ketat bahkan, melarang warganya untuk berwisata. Dengan fakta tersebut, maka gak heran jika aktivitas yang super efektif untuk melewati hari Natal nya, adalah dengan nonton film-film bertemakan hari besar tersebut.

Ada banyak memang film-film bertemakan Natal. Tapi dari semua, berikut adalah 10 film Natal yang pas disakikan di perayaan tahun 2020 ini. Dan ingat, 10 film ini adalah pilihan yang subyektif.

10. Batman Returns (1992)

Film natal 2020
Batman Returns | Fortress of Solitude

Film Natal yang pas disaksikan di perayaan tahun 2020 yang pertama, adalah sekuel Batman (1989) ini.

Mungkin kamu langsung merasa heran. “Loh ini kan fim superhero?” Memang kok. Tapi kalau kamu pernah menyaksikan filmnya, latar (setting) film ini adalah kental dengan elemen Natal-nya.

Dengan demikian, Batman Returns memang pas banget bagi kita-kita yang fans genre film superhero perayaan Natal ini.

9. The Nutcracker and the Four Realms (2018)

Film natal 2020
The Nutcracker And The Four Realms | The Playlist

Film yang digawangi oleh Mackenzie Foy (Interstellar) dan Keira Knightley (Pirates of the Caribbean) ini memang mendpaatkan kritikan yang gak enak dari berbagai kritikus.

Tapi dari kacamata audiens, The Nutcracker and the Four Realms, adalah sajian film fantasi Natal keluarga yang sangat fun.

Film ini mengisahkan Clara Stahlbaum (Foy) yang harus berpetualangan di dunia ajaib nan magis untuk mencari kunci yang bisa membuka kotak kunci berbentuk telur pemberian ibunya sebelum, sang bunda meninggal dunia.

JANGAN LEWATKAN •
Fakta Kekerasan Dalam Film Keluarga Home Alone

Pokoknya filmnya terlihat magis, colorful, dan fun banget untuk disaksikan.

8. Jack Frost (1998)

Film natal 2020
Jack Frost | Warner Bros

Film ini juga dibintangi si Batman di Batman Returns, Michael Keaton. Filmnya mengisahkan seorang pria dan juga ayah, Jack Frost (Keaton) yang meninggal karena kecelakaan mobil.

Uniknya, walau sudah meinggal, nantinya roh (spirit) nya kembali melalui boneka salju (snowman) yang dibuat semirip mungkin dengannya oleh anaknya, Charlie (Joseph Cross).

Film ini memang ketika dirilis, mendapatkan kritikan pedas. Tapi gak dipungkiri, Jack Frost hingga kini tetap dianggap sebagai salah satu film wajib tonton di hari Natal.

7. Happiest Season (2020)

Film natal 2020
Happiest Season | The San Diego Union – Tribune

Salah satu rilisan film Natal yang dirilis di tahun 2020 ini. Diproduksi dan ditayangkan di layanan streaming Hulu, Happiest Season adalah film natal yang paling BERANI.

Mengapa? Karena film arahan Clea DuVall (Argo) ini adalah film Natal pertama yang berpusat pada pasangan wanita penyuka sesama jenis alias, lesbian.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 16 Wajah Para Bintang Home Alone Setelah 25 Tahun Mendatang

Filmnya mengisahkan dua pasangan lesbian, Harper (Mackenzie Davis) dan Abby (Kristen Stewart). Keduanya adalah pasangan super bahagia dan serasi. Namun masalahnya, Harper belum mengungkapkan ke keluarganya kalau ia adalah lesbian.

Memperumit keadaan, Harper baru mengungkapkan hal ini ke Abby ketika keduanya sedang di dalam perjalanan menuju rumah keluarga Harper. Dan kini keduanya pun harus menyusun rencana baru agar keduanya gak ketahuan sebagai pasangan kekasih.

Memang. Plot ini sekali lagi adalah plot paling berani untuk film tradisional Natal. Tapi dikarenakan pengarahan DuVall yang heartfelt, alhasil membuat resolusi dari permasalahan ini pun sangat keren dan inspirasional. Dan yang penting masih terasa banget feel Natal nya.

6. Little Women (2019)

Littlewomen
Little Women | Bright Wall / Dark Room

Versi teranyar dari kisah adaptasi klasik novel Louisa May Alcott ini gak salah jika disertakan dalam daftar ini.

JANGAN LEWATKAN •
Apa Kabar Pigeon Lady di Home Alone 2: Lost In New York?

Bukan hanya karena latar-nya yang menampilkan perayaan Natal. Namun film ini juga menampilkan kisah konflik dan resolusi yang sangat keren, dan heartfelt ala Natal antara 4 bersaudari yang tinggal dalam satu rumahnya.

Pokoknya ya seperti layakanya film-film keluarga natal kebanyakan git. Dijamin bakalan suka deh.

5. The Nightmare Before Christmas (1993)

Nighmare Before Hed
The Nightmare Before Christmas | Mental Floss

Dari semua rilisan film-film animasi, 3-D, atau stop-motion, gak dipungkiri adalah film arahan Tim Burton (Batman Returns) ini yang paling identik setiap perayaan Natal tiba.

Karena dari judul dan plot-nya ya memang sudah mensugestikan demikian. Lebih jauh lagi, duo karakter-nya, Jack Skellington (Chris Sarandon) dan Sally (Catherine O’ Hara), sukses menjadi duo karakter animasi sekaligus Halloween dan Natal ter-ikonik hingga detik ini.

4. Jingle All the Way (1996)

Arnold Schwarzenegger In A Scene From Jingle All The Way
Jingle All The Way | The Mirror

Bagi kamu yang mungkin belum pernah menyaksikan sosok Arnold Schwarzenegger (The Terminator) tampil komedik, maka tontonlah film ini tanggal 25 Desember ini.

JANGAN LEWATKAN •
3 Jebakan Film Home Alone Yang di Dunia Nyata Sangat Berbahaya

Film ini berfokus pada Howard Langston (Schwarzenegger) yang harus berebutan dengan Myron Larabee (Sinbad) dan seluruh orang tua lainnya, membeli action figure bernama Turbo Man untuk anak mereka masing-masing.

Lucu, terharu, dan sangat hangat. Dijamin akan membuat hubunganmu dengan orang tua (terutama ayah) makin erat saja.

3. Christms with the Kranks (2004)

Christmas Kranks
Christmas with The Kranks | Popsugar

Kalau kamu menganggap Jingle All The Way atau Home Alone adalah film Natal yang lucu banget, well, kamu berarti belum nonton film ini.

Memang lagi dan lagi, Christmas with the Kranks mendapatkan resepsi negatif ketika dirilis. Tapi bagi kita yang audiens dijamin bakalan ngakak abis sampai gak bisa nafas. Benar-benar konyol dan gila banget deh.

2. Home Alone (1990-1997)

Home Alaone 2 Lost In Nnew York 3
Home Alaone 2: Lost In Nnew York | Tribunnewswiki

Well, rasanya gak perlu dijelaskan panjang lebar bukan? Franchise ini hingga kini, menjadi salah satu tradiis di setiap perayaan Natal seluruh dunia.

JANGAN LEWATKAN •
Fakta Kekerasan Dalam Film Keluarga Home Alone

Bahkan Home Alone 3 (1997) yang dianggap kurang greget pun, juga masih sering ditonton oleh banyak rumah tangga setiap perayaan tiba. Apalagi di tahun 2020 ini. Dijamin nonton ini, membuat masa karantina Natal kita semakin hidup.

1. It’s A Wonderful Life (1946)

Merlin 102715789 58445b42 5a5d 4016 A2b0 4f3c98e3951d Superjumbo
It’s a Wonderful Life | The New York Times

Kalau Citizen Kane (1941) dianggap sebagai film terbaik yang dpernah dibuat di dunia ini. Maka It’s a Wonderful Life adalah Citizen Kane-nya film Natal.

Pokoknya film fabtasi arahan Frank Capra (It Happened One Night) ini memang sangat haru dan inspiratif terlepas genre-nya yang super fantasi.

Ending film nya puna sangat menggugah dan dijamin, akan membuat perayaan Natal kita kian hangat saja. Nah dari 10 film Natal yang pas disaksikan di perayaan tahun 2020 ini, kira-kira film yang mana nih yang akan kamu tonton nanti?