Berita FilmMovieOpini

Apakah Kita Memang Benar-benar Membutuhkan Spider-Man 4 Sam Raimi?

Belum lama ini, kami sempat memberitakan perihal Sam Raimi. Yang dulunya merupakan sutradara trilogi Spider-Man Sony dan saat ini tengah mengerjakan sekuel Doctor Strange. Dalam wawancara yang kami sebut, dia mengutarakan keinginannya untuk melanjutkan proyek Spider-Man 4 yang dulunya Sony batalkan.

Dia juga menyebut masih punya kedekatan dengan dua pemeran utama trilogi tersebut (Tobey Maguire dan Kirsten Dunst). Terkait hal tersebut. Gue punya reaksi yang cukup beragam.

Ada beberapa hal yang sebenarnya bikin gue setuju. Tapi ada juga sejumlah alasan yang membuat gue agak skeptis kalaupun nantinya proyek ini beneran jalan lagi. Mau tau apa aja? Simak tulisan gue lebih lanjut.

Alasan Butuh: Jadi Ajang Penebusan Dosa Sony Dan Sam Raimi

Kenapa lanjutan Spider-Man 4 dari Sam Raimi benar-benar kita butuhkan? Well. Untuk penggemar karakter Spider-Man, khususnya versi Tobey Maguire. Kita semua setuju kalo film terakhirnya itu dapet reaksi yang sangat beragam (namun dominan kritik).

Baca juga:
Beberapa Seri Marvel Disney Direncanakan Memiliki 2 Season

Kritik ini datang dari jeleknya Sam Raimi mengeksekusi cerita dengan jumlah karakter yang dia miliki. Venom adalah contoh nyata bagaimana Sam Raimi kena hujatan pada masa perilisan film tersebut.

Jadi kenapa sekarang kita bener-bener butuh Spider-Man 4. Yakni supaya Sam Raimi bisa memperbaiki kesalahannya bersama Sony di tempo dulu. Yakni menutup kisah Peter #2 ini dengan sempurna.

Tidak ada lagi cacian dan hujatan seperti yang terjadi pada saat Spider-Man 3 silam. Apalagi, gak sedikit para penggemar yang menyuarakan ketertarikan mereka terhadap proyek Spidey Sony keempat ini.

Alasan Enggak Butuh: Complicated

Sony Pictures Spider Man 3 Behind The Scene
Kenapa kita enggak butuh-butuh amat Spider-Man 4 beneran dibikin | Sony Pictures

Kenapa gue sebut complicated? Pasalnya, ada beberapa hal selain opini subjektif gue yang membuat kita (dan fans Spidey) tentunya enggak butuh-butuh banget sama Spider-Man 4 ini. Berikut ini bakal gue jelasin satu persatu.

Pertama, yang bikin rencana ini sulit terwujud yakni bentuk kerjasama Sony dengan Marvel sekarang. Gue sendiri agak bingung kenapa Sony enggak ngelepasin aja IP Spider-Man ke Marvel. Kalo mereka cukup pede untuk bikin Sony’s Spider-Man Universe. Kita tau sendiri kalo dua film terakhirnya (Venom 2 dan Morbius) panen kritikan. Sementara tiga film Spidey bersama Marvel semuanya sukses baik angka penjualan tiket hingga ulasan penonton.

Baca juga:
Marvel Studios Umumkan Tanggal Rilis Black Panther 2

Alasan kedua yakni dari segi ceritanya. Sejelek-jeleknya eksekusi Venom dalam Spider-Man 3, paling enggak ending karakter Peter versi Tobey ini udah bener-bener jelas. Dia dapet happy ending sama cewek yang dia suka sejak masih SMA. Jadi dari segi perkembangan cerita dan karakter, udah enggak ada lagi sih alasan kuat yang bisa bikin kita memaksa Peter versinya kembali lagi menjadi Friendly Neighborhood.

Alasan ketiganya adalah resiko dari keberhasilan Spider-Man: No Way Home. Jujur, gue masih merinding ketika ngeliat Peter versi Tobey beneran balik di film itu bersama versi Garfield. Gak sedikit juga yang bilang kalo kembalinya dua Spidey lama ini menjadi faktor besar kesuksesan No Way Home.

Tapi coba nih, kita berasumsi jika proyek Spider-Man 4 jadi. Betapa besarnya pressure yang Sam Raimi miliki supaya film keempatnya, minimal bisa menyaingi No Way Home. Buat gue sendiri, udahlah kayaknya kita jangan begitu berharap banget sama proyek Spider-Man 4 ini.

Baca juga:
Spider-Man: Far From Home Diprediksi Jadi Film Spider-Man Tersukses Sepanjang Masa

Jadi itulah tadi beberapa hal yang bisa gue tulis mengenai keresahan gue terhadap isu Spider-Man 4 Sam Raimi. Well. Kalo kalian sendiri, mestinya Spider-Man Sam Raimi perlu lanjutannya atau stop di trilogi aja?

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications