MovieMovie List

Asal Usul Nama Voldemort, Musuh Bebuyutan Harry Potter

Berikut adalah asal usul nama Voldemort beserta juga maknanya.

Mau kamu sudah nge-fans sejak novel orisinilnya atau baru tahu ketika adaptasi filmnya dibuat. Yang jelas kini kamu sudah tidak asing lagi dengan nama dan juga sosok Voldemort.

Ya nama dan sosok ini merupakan musuh besar dari karakter penyihir remaja top, Harry Potter. Dalam adaptasi film live-action-nya, sosoknya diperankan oleh aktor asal Inggris legendaris, Ralph Fiennes.

Namun walau kita sudah familiar dengan nama dan sosoknya, apakah kamu juga familiar dengan asal usul nama Voldemort ini? Nah, apabila kamu mungkin belum familiar, langsung simak nih pembahasan singkatnya.

Asal Usul Nama Voldemort dan Maknanya

asal usul nama voldemort
Voldemort | ScreenRant

Jadi melansir ScreenRant, pada dasarnya penulis kisahnya, J.K. Rowling terinspirasi dari kata-kata atau nama-nama dalam bahasa Perancis. Dan faktanya banyak juga nama-nama karakter Harry Potter lain yang berasal dari sumber tersebut.

Nah untuk kasus Voldemort, J.K. Rowling terinspirasi dari 3 kata dalam Bahasa Perancisnya. Ketiga kata tersebut adalah: “Vol”, “De”, dan “Mort”.

Nah ketiga kata ini kalau kita artikan dalam Bahasa Inggris secara masing-masing adalah sebagai berikut: “Vol” adalah flight, “De” adalah of atau bisa juga from, dan “Mort” adalah Death. Jadi kalau kita gabungkan ketiganya, Voldemort memiliki makna: “Flight of Death” atau “Flight from Death.”

Nah kalau kita terjemahkan dalam Bahasa Indonesia, maka Voldemort memiliki makna si terbang maut atau terbang kematian.

Makna Yang Masuk Akal

Oke mungkin ketika melihat hasil terjemahan tersebut, kamu merasa bingung atau bahkan aneh sendiri. Tapi faktanya, makna flight of death tersebut masuk akal banget.

Bagaimana masuk akalnya? Well makna nama ini sebenarnya sudah ditampilkan melalui adegan 2 film Harry Potter. Spesifiknya, Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009) dan Harry Potter and the Deathly Hallows-Part 1 (2010).

Jadi dalam Half-Blood Prince, makna  nama ini dipersembahkan dengan adegan yang sangat metafora dan puitis. Spesifiknya, ketika adegan dimana Harry Potter (Daniel Radcliffe) melihat isi memori masa lalu Profesor Horace Slughorn (Jim Brodbent) dalam wadah Penseive.

Dalam adegannya, kita melihat Voldemort yang masih menjadi murid Hogwarts, Tom Riddle yang  (Frank DIllane) meminta tolong ke Profesor Horace Slughorn (Jim Broadbent). Spesifiknya ia minta tolong untuk diajarkan teknik membelah jiwanya menjadi 7 bagian.

Nantinya 7 jiwa ini disimpan dalam 7 media hidup dan mati yang berbeda-beda. Nah pemisahan ketujuh nyawa inilah yang nantinya kita kenal dengan Horcruxes.

Anyway, ketika ia meminta Slughorn untuk mengajarkannya, Slughorn menolaknya. Namun ya pada akhirnya seperti kita ketahui, Riddle bisa mempelajari dan melakukannya. Nah dengan ia yang sudah bisa melakukan teknik tersebut, maka dengan kata lain, ia bisa lolos berkali-kali dari kematiannya.

Nah lolos dalam hal ini bahasa Inggrisnya adalah Flee. Flee bermakna lari dengan secepat mungkin atau sekejap mata. Layaknya seperti sesuatu yang terbang cepat di udara (flight). Jadi dengan kata lainnya lagi, Voldemort bisa berlari cepat dari (from) kematian (death) yang “mengejarnya.” Paham bukan?

Terbang Tanpa Perlu Sapu Terbang

Sedangkan dalam Deathly Hallows-Part 1, kita melihat kemasuk-akalan makna tersebut melalui adegan pembukanya yang memperlihatkan Harry dengan 6 “Harry Potter” lainnya yang sedang melakukan aksi meloloskan diri melalui udaranya.

6 karakter lain yang wajahnya dan tubuhnya telah berubah menjadi Harry pasca menenggak Polyjuice Potion, berangkat ke udaranya dengan menggunakan sapu terbang. Sedangkan Harry orisinil mengendarai sejenis motor modifikasi bersama pengawas setianya, Rubeus Hagrid (Robbie Coltrane).

Nah dalam perjalanannya, mereka semua dikejar dan diserang oleh Death Eaters. Menjelang akhir adegannya, tiba-tiba secara mengejutkan Voldemort muncul terbang begitu saja di atas udaranya. Ia pun sempat beradu tongkat sihir dengan Harry.

Satu lagi tambahan adegan yang membuktikan kemasuk-akalan makna nama Voldemort-nya adalah adegan menjelang pertarungan final antara Harry dengan Voldemort dalam Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2 (2011).

Spesifiknya, adegan ketika keduanya berbicara dan mulai saling bergulat dan menjatuhkan keduanya dari atas salah satu bangunan Hogwarts yang hancur.

Ketika keduanya bergulat, tentunya alasan Harry tetap berada atas udara karena ia sedang begulat dengan memegang kedua lengan Voldemort. Tentunya kalau Harry melepaskan kedua tangannya dari lengan si musuh bebuyutan, ia langsung jatuh terjerembab ke tanah dan tewas seketika.

Voldemort Penyihir Berkemampuan “Dewa”

Nah ketika melihat deskripsi ulang dari kedua adegan Deathly Hallows pertama dan kedua tersebut. Sekali lagi terlihat kalau dalam kedua adegannya, Voldemort bisa terbang atau melayang-layang di udara tanpa perlu menggunakan sapu terbangnya.

Padahal seperti kita ketahui terlepas wajahnya yang sudah terlihat seperti bukan orang lagi, Voldemort pada esensinya tetaplah manusia biasa. Lalu kalau begitu, bagaimana Voldemort bisa melakukan hal tersebut?

Nih langsung saja simak unggahan tweet resmi Rowling yang ia unggah pada bulan Maret 2016 berikut ini.

Ya seperti yang kamu baca. Pada dasarnya penyihir yang memiliki kemampuan sihir yang amat sangat, bisa melakukan aktivitas sihirnya tanpa perlu repot-repot menggunakan tongkat sihir dan sapu terbang. Dan seperti kita ketahui, Voldemort adalah salah satu penyihir yang mempunyai kemampuan “dewa.”

Sehingga dengan demikian, gak heran jika iapun bisa melayang atau terbang tanpa perlu sapu terbang dan juga bahkan bisa mengeluarkan mantra hanya dengan menggerakkan tangan atau menjentikkan jari saja.

Jadi pada akhirnya dengan kemampuannya yang bisa terbang melayang-layang bebas ini. Iapun alhasil juga bisa dengan gampang untuk membunuh nyawa-nyawa korban incarannya termasuk tentunya, Harry Potter walau Harry sedang berada di udara sekalipun.

Dengan seluruh contoh beserta penjelasannya ini. Maka sekali lagi sangatlah masuk akal jika makna nama Voldemort ini adalah Flight of Death artau Flight from Death

Oke guys. Itulah tadi penjelasan lengkap asal usul nama Voldemort berserta juga penjelasan terkait maknanya. Semoga pembahasannya ini bermanfaat.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment