AnimasiMovieMovie List

6 Fakta Paman Iroh, Karakter Avatar: The Legend of Aang Paling Bijaksana

Jenderal Iroh, atau yang lebih akrab kita sebut paman Iroh adalah karakter yang begitu bijaksana. Dalam seri Avatar: The Legend of Aang, Iroh merupakan salah satu warga negara api yang terlihat sama sekali tidak memusuhi Avatar. Walau ia selalu berada di pihak Zuko.

Sebetulnya jika kita perhatikan, karakter Iroh hanyalah pembimbing untuk Zuko, yang kita ketahui tengah mencari jati dirinya sepanjang cerita. Peran ia juga kadang bisa menjadi komikal karena menghadirkan momen-momen lucu yang mengundang gelak tawa.

Nah kali ini Dafunda bakal membahas tentang beberapa fakta Iroh di Avarat The Legend of Aang. Mau tahu apa saja? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Fakta Paman Iroh di Avatar The Legend of Aang

1. Putra Pertama Azulon, Seharusnya Menjadi Penerus Raja Api Baru

fakta iroh avatar
Anaka pertama Azulon | Nickelodeon

Fakta pertama jendral Iroh di Avatar The Legend of Aang adalah dia anak pertama dari Raja Api Azulon. Ia adalah kakak dari Ozai dan paman dari Zuko dan Azula. Ia juga punya sebuah keluarga kecil. Dengan Lu Ten yang kita ketahui sebagai anak tunggalnya dengan wanita yang tidak diketahui namanya.

Selected for you
5 Antagonis Avatar: The Legend of Aang Terbaik Hingga Terburuk, Siapa Aja Nih?

Iroh merupakan pria yang begitu menyayangi keluarganya. Bahkan memberikan masa kecil yang sangat bahagia bersama sang putra. Azulon yang semakin menua pun juga menyiapkannya sebagai Raja Api di masa depan. Namun, mengapa ia tidak menjadi Raja Api? Simak pembahasan selanjutnya, ya.

2. Merupakan Jenderal Yang Tangguh

Zrbxmkwqcsudzhyd2qptrg
Tapi kadang suka ngelucu juga | Nickelodeon

Iroh adalah seorang Jenderal. Dia juga memimpin pasukan perang menuju Ba Sing Se. Yang dimana kota tersebut menjadi Ibukota dari kerajaan Bumi. Ba Sing Se juga terkenal dengan dindingnya yang sulit untuk ditembus.

Sayangnya, ekspedisi menuju ke Ba Sing Se menjadi catatan buruk dari sejarahnya sebagai seorang Jenderal. Ekspedisi tersebut gagal. Dan ia juga kehilangan seseorang yang sangat berarti dalam hidupnya. Siapakah dia?

3. Kematian Lu Ten Sebabkan Depresi Berat Pada Iroh

fakta iroh avatar
Kematian Lu Ten | Nickelodeon

Anaknya, Lu Ten menjadi salah satu prajurit dalam ekspedisi menuju Ba Sing Se itu. Pada suatu momen, ia mati dan Iroh tidak bisa melindunginya. Kejadian tersebut membuat Iroh begitu terpukul sehingga ia tidak ingin kembali lagi ke medan perang.

Selected for you
Inilah Sinopsis Novel Avatar Yangchen Yang Rilis Juli 2022

Mengetahui hal tersebut, Ozai kemudian memanfaatkannya dengan meminta sang ayah untuk mengangkatnya menjadi Raja Api baru. Namun, sang ayah menolak dan memberi Ozai hukuman.

Meski telah bertahun-tahun meninggal, Iroh masih menyimpan kesedihannya. Ketika kembali lagi ke Ba Sing Se, Iroh sempat kembali ke tempat Lu Ten meninggal. Bahkan, Iroh menciptakan sebuah lagu untuk mengenang putranya itu.

4. Mendapat Julukan Naga Dari Barat

Iroh Dragon Of The West Featured
Naga dari Barat | Nickelodeon

Di masa mudanya, Iroh menjadi salah satu orang negara api yang mengikuti kegiatan memburu para naga. Iroh bertemu dengan salah satu naga, yang banyak orang yakini menjadi naga terakhir yang punah.

Sebenarnya, Iroh tidak memusnahkan naga terakhir itu. Berdasarkan keterangan pemimpin Prajurit Matahari Kuno, Iroh ternyata menyembunyikan eksistensi para naga yang masih tersisa ini supaya tidak ada orang yang akan memburunya lagi.

5. Menjalani Kehidupan Yang Keras di Penjara

fakta iroh avatar
Menjalani kehidupan keras di penjara | Nickelodeon

Pada awal cerita Book: Fire, Iroh ditahan dalam sebuah sel karena telah menjadi penghianat negara. Dalam penjara tersebut, ia banyak melakukan latihan secara diam-diam. Pada gerhana matahari, ia berhasil bebas dan tubuhnya menjadi begitu kekar.

Selected for you
Kisah Avatar Yangchen Akan Segera Diterbitkan Dalam Versi Novel

Setelah bebas, Iroh menghilang dan Zuko tidak berhasil menemukannya. Ternyata, keberadaannya berhasil dilacak Zuko bersama tim Avatar. Dia berada di Ba Sing Se.

6. Pemimpin Organisasi White Lotus Dan Bebaskan Ba Sing Se dari Jajahan Negara Api

Featured Iroh With The White Lotus
Pemimpin organisasi rahasia | Nickelodeon

Iroh ternyata adalah pemimpin sebuah organisasi rahasia bernama Order of The White Lotus. Dia menjadi orang yang membebaskan Ba Sing Se dari jajahan Negara Api. Hal itu ia lakukan saat Komet Sozin.

Iroh tidak melakukannya sendiri. Ia bersama dengan King Bumi, Master Piandao, Master Pakku, dan Jeong Jeong menyerbu kota yang sedang terjajah oleh negaranya sendiri itu. Setelah semua pertempuran selesai, Ba Sing Se kembali menjadi kota milik Kerajaan Bumi dan perang akhirnya berakhir.


Itulah tadi beberapa fakta Iroh di Avatar The Legend of Aang. Bagaimana pendapat kalian mengenai tokoh Paman Iroh? Apakah ia menjadi salah satu karakter favorit kalian? komen di bawah ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications