AnimasiMovieMovie List

6 Fakta Katara, Pengendali Air Terakhir di Sukunya Dan Istri Avatar Aang

Katara tidak hanya seorang pengendali air biasa. Ia memiliki peran besar sepanjang serial Avatar: The Legend of Aang. Katara juga menjadi salah satu karakter yang mengakhiri perang yang terjadi sepanjang serial itu.

Setelah sebelumnya kita membahas berbagai teori mengenai adik dari Sokka itu, kini kami akan membuat artikel khusus mengenai fakta menarik dari seorang Katara. Tanpa berlama-lama lagi, inilah pembahasannya.

Fakta Katara di Serial Avatar the Legend of Aang

1. Pengendali Air Terakhir Dari Sukunya

Katara Book Water
Katara Book: Water | Nickelodeon

Perang yang meletus sejak era Raja Api Sozin memaksa para suku air berpencar karena negara api mengicar keberadaan mereka juga. Sehingga suku air terpecah menjadi dua suku, yaitu Suku Air Utara & Suku Air Selatan.

Katara merupakan anak perempuan dari Suku Air Selatan. Dia menjadi pengendali air dari sukunya karena di masa lalu, negara api telah menangkap para pengendali air dari suku air Selatan sebelum Katara lahir.

2. Satu-satunya Murid Perempuan Master Pakku

fakta menarik katara
Master Pakku Katara | Nickelodeon

Karena suku air terpecah belah, menyebabkan kedua suku mengalami perbedaan kebudayaan. Suku Air Selatan tempat tinggal Katara hanyalah sebuah desa kecil yang lebih mirip seperti tempat berkemah. Sementara Suku Air Utara berkembang menjadi sebuah kota besar dan punya peradaban yang maju.

Katara menjadi satu-satunya murid Master Pakku, guru pengendali air dari suku Utara. Sayangnya, Pakku sempat bersitegang dengan Katara karena Katara tidak menghormati kebudayaan Suku Air Utara. Namun bersedia mengajarinya karena Katara merupakan cucu dari Kanna, wanita yang harusnya menikah dengan Pakku di masa lalu.

3. Menghidupkan Kembali Aang Yang Sempat Mati

fakta menarik katara
Menghidupkan Aang yang sempat mati | Nickelodeon

Pada arc terakhir Book: Earth, Kerajaan bumi Ba Sing Se sedang terancam. Akan ada kudeta besar-besar yang dimotori oleh Azula dan Long Feng. Awalnya mereka tidak menyadari keberadaan Azula sampai Aang tiba menyelamatkannya.

Dalam upaya melarikan diri, Aang dan Katara harus menghadapi Azula dan Zuko yang datang menyusul. Saat Aang sedang memasuki Avatar State, dia tersambar petir milik Azula dan membuatnya mati.

Karena Katara membawa air kehidupan dari Suku Air Utara, dia berhasil menyembuhkan sekaligus menghidupkan kembali Aang. Walaupun ketujuh chakranya kembali terkunci dan Aang tidak mampu memasuki Avatar State untuk sementara waktu.

4. Menjadi Pengendali Darah Kedua, Tapi Tidak Mau Melakukannya Lagi

Alasan katara tidak menggunakan pengendalian darah
Pengendali darah Katara | Nickelodeon

Saat kelompok Avatar sedang menyamar di lingkungan negara api, mereka bertemu seorang nenek bernama Hama yang ternyata merupakan warga Suku Air Selatan. Hama juga kawan akrab Kanna, nenek dari Katara pada saat masih muda.

Mengetahui Katara sama-sama dari suku Air Selatan, Hama mengajari segala kemampuan yang dia miliki kepada Katara. Termasuk pengendalian darah. Namun, Katara tidak mau melakukan pengendalian darah lagi karena menurutnya kekuatan itu terlarang.

5. Satu-satunya Yang Berhasil Mengalahkan Azula

Fakta menarik katara
Azula Vs Katara | Nickelodeon

Meskipun bukan duel resmi, Katara menjadi satu-satunya karakter yang berhasil mengalahkan Azula. Saat Azula berhasil menjatuhkan Zuko dalam duel Agni Kai, dia dan Katara saling kejar-kejaran.

Azula bukanlah lawan yang mudah dikalahkan, sehingga Katara harus memikirkan cara lain. Beruntung Katara jatuh di dasar selokan berisi air dan berhasil mengikat Azula dengan rantai setelah membekukannya.

Katara menjadi orang yang berhasil menjatuhkan tahta Azula, dan berhasil membuat Zuko menjadi Raja Api selanjutnya di ending Avatar: The Legend of Aang.

6. Berpacaran Dengan Aang Dan Menjadi Istrinya Kelak

Bertemu Katara yang menjadi istrinya kelak
Aang & Katara Ending The Legend of Aang | lightskin, Devianart

Sepanjang serial Avatar: The Legend of Aang, Katara sempat menjalin hubungan bersama Jet. Namun ketika mereka berpisah, Katara mengetahui jika selama ini Aang adalah orang yang benar-benar menyukainya sejak awal.

Mereka beberapa kali diperlihatkan bersama dan ikatan kedua menjadi bertambah kuat. Ada akhirnya, Katara & Aang berciuman pada ending The Legend of Aang dan mereka berdua menikah di masa depan


Itulah tadi keenam fakta menarik mengenai Katara. Apakah karakter ini menjadi salah satu karakter favorit kalian? komen di bawah ya.

Pastikan untuk selalu kunjungi Dafunda atau instal aplikasinya di playstore agar kalian tidak ketinggalan update terbaru dari kami seputar dunia Game, Movie, Anime dan Pop Culture.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment