MovieOpini

Fans Dadakan: Apakah Memang Suatu Hal Yang Mengesalkan?

Apa iya fans dadakan adalah suatu hal yang mengesalkan?

Kamu-kamu yang pastinya dalam beberapa tahun terakhir ini sering mendengar istilah fans dadakan. Ya, istilah ini benar-benar ngetop bahkan hingga sekarang. Dan istilah ini gak memungkiri sangat kontroversial.

Spesifiknya walau banyak yang gak suka dengan istilah ini atau orang yang dianggap sebagai fans dadakannya, namun pada saat yang sama banyak juga yang biasa-biasa saja. Lalu apakah memang tren orang-orang yang fans dadakan ini memanglah suatu hal yang mengesalkan?

Apa Itu Fans Dadakan?

fans dadakan
Tiba-tiba jadi nge-fans dengan Penguin setelah nonton The Batman | Warner Bros. Pictures

Namun sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita refresh apa maksudnya istilah fans dadakan ini. Istilah ini mengacu pada seseorang yang tadinya gak suka sama sekali atau bahkan gak paham dengan apa-apa sama sekali.

Tapi setelah mendengar atau menyaksikan film atau musik atau apapun yang bersifat hiburan (fanboy), ia langsung mendadak suka atau ingin mendalaminya lebih jauh. Nah biasanya yang sering seperti ini adalah mereka yang nonton film superhero atau film bersifat nerdy lainnya.

Baca juga:
Apakah Daredevil: Born Again Adalah Kelanjutan Daredevil Netflix?

Tipe orang seperti ini biasanya setelah pulang dari bioskop, langsung bergegas buka situs-situs Internet. Mau itu sebatas Wikipedia atau bahkan situs Fandom, intinya ia yang ketika dalam bioskop menjadi suka, langsung mulai baca-baca terkait detail-detail geeky-nya.

Hal ini sekali lagi ia lakukan, agar bisa memperdalam lebih jauh aspek nerdy yang baru ia sukai ini.

Apa Memang Salah?

fans dadakan
Langsung buru-buru mendalami Eternals | Marvel Studios

Nah setelah membaca penjelasan tersebut, kitapun langsung bertanya, “loh apa memang salah hal tersebut ya? Bukannya bagus kalau ia akhirnya mau mengetahui lebih jauh dari apa yang ia  baru sukai ini?”

Ya memang gak salah sama sekali kok. Malah bagus yang ada. Karena ia mencoba untuk mempelajari yang ia baru sukai tersebut dengan lebih dalam. Nah lalu kalau memang gak masalah, kenapa sekarang kita sering melihat banyak yang kesal dengan orang-orang yang fans dadakan ini?

Kalau menurut gue pribadi sih bukan masalah ke keinginan atau tekadnya. Melainkan ke TINGKAH si fans dadakan. Spesifiknya kalau yang gue sering perhatikan dalam grup-grup atau fanpage nerdy/geeky, kebanyakan fans dadakan ini terlihat jauh lebih ahli.

Baca juga:
Karena Virus Corona, Produksi Film MCU Shang-Chi Ditunda Sementara

Padahal ia pada dasarnya masih kalah jauh dengan mereka yang sudah paham dengan hal ini sejak lama atau sedari kisahnya masih dalam format komik saja. Nah orang yang seperti inilah yang akhirnya “naik pangkat” menjadi “Expert dadakan.”

Beda Tipis Tapi Tetap Saja Signifikan

Matinya Kepakaran Dan Munculnya Para Ahli Dadakan Iak
Tiba-tiba jadi expert | pinterest

Kalau gue katakan memang lumayan beda tipis antara mereka yang masih sebatas fans dadakan dengan “expert” dadakan. Walau demikian ya pada akhirnya keduanya tetap beda dan, expert dadakan biasanya jauh lebih membuat kesal banyak orang.

Karena sekali lagi coba kita tempatkan diri saja sebagai yang fanboy dari komiknya. Bagaimana sih rasanya melihat tingkah yang baru nge-fans ini yang berlagak seakan sudah mengetahui semuanya? Pastinya mengesalkan bukan?

Apalagi kalau ia sudah merasa seperti expert tapi seluruh argumen atau pernyataan yang ia keluarkan jelas-jelas salah atau sok tahu. Makin mengesalkan bukan? Nah tipe fans dadakan seperti inilah yang sekali lagi dianggap sangat menyebalkan.

Baca juga:
Mulai Venom Hingga X-Force, Ini 14 Film Superhero yang Bakal Hadir Sampai Tahun 2020!

Lalu Apakah Kita Masih Oke Saja Untuk Menjadi Fans Dadakan?

The Benefit Of Being Humble
Tetap sopan dan bijak saja ya guys! | UCKG HelpCentre

Lalu berdasarkan seluruh pembahasan tersebut. Apakah kini kita masih sah-sah saja apabila turut menjadi fans dadakan? Ya sah-sah saja kok. Malah seperti yang gue katakan di awal, hal ini justru positif banget.

Karena hal ini menandakan kalau kita memang ingin serius banget untuk mendalami hal yang baru/asing bagi kita. Tapi INGAT. TAHU DIRI!  Maksudnya kalau sudah tahu masih bersatus ini, ada baiknya kita banyak bertanya saja.

Kalaupun memiliki argumen atau beda pendapat, lakukanlah dengan sopan dan dengan tampilan/nada ingin lebih tahu banyak. Janganlah berargumen dengan kasar dan bahkan seperti SOK TAHU.

Rendah diri dan ingin banyak tahu saja. Acuhkan saja komentar mem-bully dari anggota forum lainnya. Karena walau mereka lebih tahu, tapi pada dasarnya ya merekalah yang lebih patut kita kasihani. Percuma saja cerdas secara pengetahuan, tapi akhlaknya NOL BESAR.

Oke deh guys semoga pembahasannya ini bermanfaat ya!

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications