10 Film yang Dilarang Tayang di Beberapa Negara

in ,
Christopher Robin

Film merupakan salah satu seni yang sangat dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, ada juga beberapa film yang dilarang tayang di beberapa negara.

Ada beberapa hal yang membuat sebuah film dilarang tayang. Ada kalanya negara tersebut memang memiliki peraturan yang ketat. Sebut saja China, walau pun merupakan pasar film terbesar kedua di dunia, negara tirai bambu ini sering kali menolak film.

Beberapa pekan yang lalu, kita juga mendapat kabar bahwa film Joker dilarang tayang karena situasi di sana memang sedang tidak stabil.

Hal lain yang biasanya membuat negara melarang penayangan film adalah karena konten dalam film yang menyinggung secara halus atau ada adegan yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di negara tersebut.

Nah, kali ini Dafunda Movie akan membagikan judul film yang dilarang tayang di beberapa negara di dunia. Yuk cek selengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi Film Terbaik Lainnya yang Wajib Kamu Ketahui


10 Film yang Dilarang Tayang di Beberapa Negara

1. All Quiet on the Western Front (1930) – Jerman, Australia, New Zealand

Film Yang Dilarang Tayang 1 All Quiet

Film satu ini bercerita tentang hal yang mengerikan dari perang. Film yang dirilis pada tahun 1930 ini merupakan buah tangan Lewis Milestone. Film ini mendapatkan kritikan positif dan menjadi salah satu gebrakan di dunia film.

Meski mendapatkan kritik positif, ada juga beberapa negara yang menolak dengan keras penayangan film ini All Quiet on the Western Front.

Jerman memilih untuk memboikot film tersebut karena filmnya menyampaikan pesan anti Jerman. Sementara itu, Australia dan New Zealand mengatakan bahwa mereka lebih berapa di pihak cinta damai atau anti perang.

JANGAN LEWATKAN •
Wonder Woman 1984 Mundurkan Tanggal Rilis

2. A Clockwork Orange (1971) – Singapura dan Irlandia

Film Yang Dilarang Tayang 1 Clockwork Orange

Film yang memiliki tema kekerasan memang sudah banyak di saat ini. Salah satu sutradara terkenal Stanley Kubrik ternyata juga pernah membuat film yang memiliki adegan kekerasan yang di luar batas.

A Clockwork Orange sebenarnya memiliki cerita yang bagus. Hanya saja ada beberapa adegan kekerasan yang sudah tidak bisa lagi diterima oleh moral. Negara seperti Singapura dan Irlandia menolak untuk menayangkan film ini di bioskop mereka.


3. The Texas Chainsaw Massacre (1974) – Jerman, Brazil, Singapura

Film Yang Dilarang Tayang 1 Texas Chainsaw Massacre

Film horor memang memiliki sub genre-nya masing-masing, ada supernatural, psychological dan thriller. Untuk Thriller sendiri biasanya film seram dicampur dengan adegan sadis dan darah di mana-mana. Hal itulah yang dihadirkan dalam salah satu film horor terbaik, The Texas Chainsaw Massacre.

Banyak negara yang melarang film ini tayang seperti Jerman Barat dan Skandinavia. Mereka menganggap kekerasan yang dipertontonkan ini sudah sangat brutal dan bisa mempengaruhi penonton. Apalagi kita tahu bahwa film ini merupakan sesuatu yang diangkat dari kisah nyata.

JANGAN LEWATKAN •
Mengenal Wonder Woman, Superhero Wanita Terkuat di DC Comics

4. Apocalypse Now (1979) – Korea Selatan

Film Yang Dilarang Tayang 1 Apocalypse Now

Lagi-lagi film yang dilarang tayang merupakan buatan sineas film terkenal. Apocalypse Now merupakan film perang yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola. Film yang sebenarnya memiliki pesan yang sangat bagus ini malah mendapat pencekalan di beberapa negara.

Salah satunya adalah Korea Selatan, mereka tidak mengizinkan film ini tayang karena merasa film ini ambigu antara anti perang atau pro perang. Walau pun sudah diberikan penjelasan dari maksud film ini, pemerintah setempat tetap tidak ingin ambil pusing yang melarang film tersebut beredar di bioskop.


5. The Blue Kite (1993) – China

Film Yang Dilarang Tayang Blue Kite

Seperti telah kami ungkapkan di atas, China merupakan salah satu negara yang memiliki peraturan paling ketat terkait film. The Blue Kite merupakan film kelima dalam daftar yang dilarang tayang.

Bukan dari Hollywood, film China yang satu bahkan dilarang tayang di negaranya sendiri. Representasi komunisme pada zaman Mao Zedong menjadi alasan mengapa film ini dicekal. Meski demikian, The Blue Kite berhasil meraih penghargaan internasional.

JANGAN LEWATKAN •
Patty Jenkins Menyesal Telah Menunda Perilisan Wonder Woman 1984

6. The Human Centipede 2 (2011) – Australia

Film Dicekal Tayang Human Centipede 2

Kamu pasti sudah tahu dong film yang satu ini. Merupakan sekuel dari film pertamanya, The Human Centipede 2 mengandung unsur yang sangat tabu. Film ini mendapat protes keras di Australia dan sudah jelas tidak diberikan izin tayang di bioskop.


7. The Wolf of Wall Street (2013) – Malaysia dan Nepal

Film Dicekal Tayang Wolf Of Wall Street

Jika ditanya film terbaik Leonardo DiCaprio, pasti The Wolf of Wall Street masuk dalam daftar tersebut. Film ini memang mendapatkan kritik positif, tapi masih ada juga negara yang memblokir film arahan Martin Scorsese.

Malaysia, Nepal, Zimbabwe, hingga Kenya melarang film ini ditayangkan bisa memberikan contoh yang buruk bagi penonton karena terlalu mengekspos tentang peminum, sex bebas, dan narkoba.


8. Fifty Shades of Grey (2015) – Kamboja

Film Dicekal Tayang Fifty Shades Of Grey

Film yang dilarang tayang berikutnya adalah Fifty Shades of Grey. Masih sama dengan sebelumnya, film ini juga menampilkan sex vulgar bahkan kekerasan dalam sex sehingga Kamboja dan kebanyakan negara islam melarang penayangan film ini.

JANGAN LEWATKAN •
Klarifikasi Berita Soundarya Sharma Bergabung di Wonder Woman Ternyata Hoax!

9. Wonder Woman (2017) – Lebanon

Wonder Woman Karakter Dlc Selanjutnya Mortal Kombat 11

Wonder Woman merupakan salah satu film superhero DC yang mendapatkan rating bagus pada kala itu. Film ini juga menjadi film pahlawan wanita modern pertama yang dibuat. Pantas saja banyak orang yang tertarik dan terbukti mendapatkan review positif dari media ternama.

Namun, film yang sudah sukses ini ternyata masih juga dilarang tayang lho. Bukan masalah konten yang ada di dalam film tersebut, Lebanon dan beberapa negara arab lainnya mencekal Wonder Woman karena pemerannya Gal Gadot merupakan orang Israel. Mungkin konflik antar negara menjadi alasan kuat film ini tidak tayang.


10. Christopher Robin (2018) – China dan Taiwan

Teaser Trailer Christopher Robin

Apa sih yang salah dengan adaptasi Winnie the Pooh ini? Jika ditinjau, film ini sangat ramah keluarga dan tidak memiliki unsur seperti film lainnya. Ternyata jawabannya adalah MEME! PewDiePie dulu sempat menyebarkan meme yang membandingka karakter Pooh dengan Xi Jinping, pemimpin China.

JANGAN LEWATKAN •
Patty Jenkins Tutup Kesepakatan untuk Mengarahkan Sekuel Wonder Woman

Alhasil, semua yang berkaitan dengan karakter ini diblok dari negara shaolin tersebut. Christopher Robin yang seharusnya bisa meraup lebih banyak keuntungan malah batal tayang di China.


Nah, itulah 10 film yang dilarang tayang di berbagai negara di belahan dunia. Masih banyak film lainnya yang juga bernasib sama dengan judul di atas. Jika kamu tahu, jangan lupa komen di bawah ya!

Sumber: IMDB